Eggless Banana Brudel Cake



resep brudel cake pisang eggless

Punya 5 buah pisang berangan ukuran kecil, hmmm buat apa ya... ahai akhirnya kepikiran buat brudel cake pisang versi tanpa telur. Secara belum pernah neh buat yang namanya brudel cake ini. Nah kue begini ini nih gabungan antara cake dan roti, kalau versi mba Ima-dapur Ima ini namanya roti bolu pisang. Hmmm jadi neh saya contek saja resepnya mba Ima, tentu dengan sedikit modifikasi. Terima kasih resepnya mba Ima.

Dari segi ukuran bahan, dan ada tambahan ini itu he he he... secara neh, karena pisangnya hanya seuprit jadi disesuaikan bahan lainnya, dan akhirnya saya buat hanya 1/4 resep saja, eits tapi lumayan loh, dapat 1 loyang ukuran 22x10cm. Jadi cucok kan buat cemilan keluarga kecil.

Ah saya suka sekali bau brudel cake ini, aroma pisang dan keju, legit pisang dicampur coklat, duh-duh pokoke enak deh. Saya bahkan dapat jempol dari Sophie, hmmm anak ini sudah tahu selera juga, jadi kalau enak dan sesuai seleranya ya kata enak keluar dari mulutnya, atau kali ini hanya acungan jempol saja.

Ketika tanggal merah beberapa hari yang lalu ceritanya saya ada pesanan neh, tidak banyak hanya 20 buah, pesannya sih malamnya ya, buat pagi harinya jam 9. Pesannya dari pelanggan tetap yang sudah beberapa kali order juga. Nah yang ini pesannya roti goreng isi ayam dan isi sosis dan roti pisang. Jadi pagi harinya saya sudah sibuk di dapur, capek memang tapi enjoy, secara hobi sih dan suka mengerjakannya. Nah yang paling malas itu ketika membereskan kekacauan di dapur... peralatan membuat roti ini yang menumpuk harus dibereskan, menghayal.. coba ada yang bantu membereskan ya, pasti enak ha ha ha...

Jam 9 kurang 5 menit semua sudah selesai, lega, walaupun customernya ternyata mengambilnya jam setengah 10. Eits ada kejadian lucu ketika ini, jadi kan Sophie ketika saya sibuk di dapur dia sibuk main sendiri. Tapi dia tahu ada pesanan roti goreng dan roti pisang, aroma di dapur tidak bisa bohong. Nah ketika rotinya sudah diambil, tidak berapa lama kemudian, dengan yakinnya dia ngomong, Ibu, Pipi mau cuci tangan dulu ya, Pipi mau makan roti pisang soalnya. Lalu saya tanya roti pisang apa ya? itu yang ibu buat tadi.

Loh nak.. rotinya sudah dijual semua loh, ibu tidak ada buat lebihnya untuk Pipi. Ahai.. air mukanya langsung berubah kecewa. Jadi tidak ada buat Pipi ya? begitu tanyanya.. tidak ada nak... kapan-kapan kalau ibu tidak capek, dibuatkan ya. Hmmmm oke.. dengan wajah lesu... hi hi hi lucu juga anak ini.

roti goreng roti pisang

Nah bagaimana tanggapan pelanggan tentang roti pesanannya... aih lega.. ternyata sesuai dengan selera.. enak bingit katanya... aih aih senangnya hati saya... padahal saya was-was takut tidak sesuai dengan selera.

Okeh deh kembali ke resep eggless banana brudel cake ini ya.. saya itu kepikiran buatnya karena penasaran juga dengan tekstur roti bolu ini. Lihat penampakan roti bolunya mba Ima jadi mupeng, tapi saya suka memang yang versi panggang, warna kecoklatan bagian permukaan roti bolunya menurut saya eksotik.. halah...

Tapi neh kemarin kan saya buat brudel cake ini, nah baru pagi ini saya sempat foto secara setelah memanggang cake ini kemarin kami keluar rumah, menjelang malam baru pulang. Jadi tidak sempat lagi foto-foto. Tapi sempat dicicipi saja donk cake ini begitu sudah keluar dari oven, aih mantapnya rasanya...

Oh iya karena mendung dan agak dingin jadi waktu fermentasi saya tambahkan menjadi 1 1/4 jam, walaupun ingin saya tambah lagi sih waktunya, tapi sudah tidak sabar he he he..

Ok deh berikut resepnya ya.. silakan.. resep ini hanya kurang lebih 1/4 resep asli, sudah saya modifikasi sesuai bahan yang ada.. yang mau lihat resep aslinya cuss ke blognya mba Ima ya.. silakan klik link di atas.

Eggless Banana Brudel Cake
untuk loyang ukuran 22cmx10cm

Bahan :
  • 125 ml air hangat
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 3/4 sendok teh ragi instan
  • 175 gr pisang tanpa kulit (saya gunakan pisang berangan, haluskan)
  • 2 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 sendok teh minyak goreng
  • 150 gr tepung terigu protein sedang
  •  50 gr chocochips
  • 30 gr keju parut
  • sedikit meses

Cara membuat :
Larutkan gula pasir dengan air hangat, masukkan ragi instan, aduk rata dan diamkan sampai berbusa. Di mangkuk yang cukup besar campur pisang dan gula pasir serta garam, aduk rata dengan sendok, masukkan larutan ragi, aduk rata kembali. Tambahkan minyak, aduk lagi kemudian tambahkan tepung terigu, aduk dan masukkan chocochips, aduk rata kembali. Tuangkan ke dalam loyang yang sudah dioles margarin. Ratakan, tutup loyang dan diamkan selama kurang lebih 1 jam. Adonan akan mengembang, taburi dengan keju parut dan meses. Panggang di oven yang sudah dipanaskan sebelumnya, panggang selama kurang lebih 20-25 menit dengan suhu 180 derajat celcius (sesuaikan dengan oven masing-masing). Keluarkan dari oven dan dinginkan, keluarkan dari loyang dan potong-potong. 


Nah semoga resep eggless banana brudel cake atau roti bolu pisang tabur keju ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera...


Selamat mencoba..




NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. Aq blm pernah bikin brudel cake walau resepnya dah bnyk di save hehe..
    Rasanya kyk apa apa mba? kyk pukis mba?

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm kayak apa ya.. kayak cake juga sih rasanya tapi ringan, kayak roti juga.. halah.. bingung.. kalo yang ini ga kayak pukis sih kayaknya he he he

      Delete
  2. Terimakasih kembali mba telah mencoba resep ini. Selalu dan selalu, hasil recook mba Monic menjadi lebih WOW dan bikin mupeng. Setuju, mba. Warnanya mamang eksotik kalo dipanggang.

    Ikutan senang mba Monic dapat orderan lagi dari langganan. Semoga makin laris manis biar bisa cari asisten untuk bersih-bersih.

    Oh iya, baca cerita Sophie yang kecewa karena gagal makan roti, jadi ingat Oi' dan Zahra. Tiap kali mereka melihat saya buat kue, pasti ditanyain "ada kue untuk di rumah?". Kalo saya jawab tidak, mereka akan bilang "harusnya bikin kue untuk di rumah juga, bukan hanya untuk dijual". Hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba Ima, makasih resepnya ya.. he eh mba kalau yang dipanggang tuh warnanya lebih menarik he he he

      hi hi hi iya.. tapi tetap slow aja.. ada orderan diterima, ga ada nyantai ha ha ha.. amin doanya mba Ima..

      he eh ya kasihan juga kalau buat makanan tapi ga ada buat orang di rumah.. gigit jari deh ya.. ha ha ha..

      Delete
  3. Waaahh...dpt orderan lg nih mba Monic.Mancaaap ....mudah2an makin bnyk customer ya mba.

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya neh mba Rini... amin... makasih mba Rini

      Delete
  4. Selamat pagi, mbak Monic. Saya kemarin uji coba resep ini. Teksturnya spt kata mbak Monic, perpaduan antara roti dan cake. Saya ganti choco chips dg kismis. Hasil uji coba saya, kue padat, berat dan ngaret. Apa setengah bantat ya? Ha..ha..
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Sisca, wuih komentar mba Sisca baru saya publish sekarang, maaf ya, baru online blog sekarang..
      iya memang padat mba, setengah bantat he he he.. karena eggless itu kali mba..
      kalau mau agak mengembang sedikit mungkin takaran ragi ditambah sedikit mba..

      Delete
  5. Tdk apa2, mbak. Kan sdh dpt komen di wa. Lain kali saya mau coba yg buttermilk banana marble cake. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sippp mba Sisca.. semoga berhasil dan suka dengan rasanya.. makasih ya..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.