Pizza Kari Tuna



resep pizza kari tuna

Saya itu suka sekali dengan yang namanya pizza, jadi sejak bisa membuat sendiri pizza di rumah, entah sudah berapa pizza yang saya buat. Nah kali ini agak beda sedikit di toppingnya, belum pernah coba pizza kari tuna begini. 

Kebetulan ketika saya ke swalayan, mata ini tertuju ke salah satu kaleng tuna yaitu curry tuna, hmmm penasaran kalau dibuat jadi topping pizza. Nah ternyata curry tuna ini memang tuna kaleng berbumbu kari, jadi berikut dengan kentang dan kuahnya. Kalau saya katakan malah jadinya tunanya sedikit. Jadi kalau mau tuna yang banyak, kari tuna ini bukanlah pilihan yang tepat. Tapi mengenai rasa, sudah enak walaupun versi kalengan.

Nah tadinya saya ini mau membuat topping kari tuna ini sebagai salah satu yang bisa diorder, tapi berhubung satu kaleng ini mahal harganya dan tidak bisa dibagi untuk 2 buah loyang, jadi bingung mau dijual berapa harganya, lucu juga kalau seandainya banyakan bumbu di toppingnya, tunanya sedikit, malah tidak bagus kan. Akhirnya batal deh, kalau mau ya buat dimakan sendiri saja.

Hmmm saya tambahkan juga jagung manis di sini, karena saya itu sudah terpatri di pikiran, kalau tuna itu cocok kalau disandingkan dengan jagung manis, halah... jadi ingat dengan topping tuna yang ada di Pizza Hut, enaknya tuna dan jagung itu, jiahhh.. itu selera saya loh ya.

Nah kemarin saya ada orderan pizza lagi, dari customer yang sama, sudah 3x pesan, nah kemarin pesannya 2 loyang, lumayan. Lumayan capek juga, karena setelah memasak saya harus mengerjakan pizza tersebut, toppingnya beda juga. Walaupun menurut saya mengerjakan pizza itu cukup mudah, tapi ternyata capek kalau sekalian mengerjakan pekerjaan rumah, hi hi hi...

Ihhhhh baru 2 saja sudah capek ya, bagaimana kalau banyak? ah jadi ragu-ragu lagi.. bisa tidak ya.. makanya sekarang saya kalem saja deh, belum berniat mau promosi lebih jauh, ke orang terdekat saja dulu. Padahal sudah minta gabung forum kuliner di Batam, tapi belum berniat promosi he he he..  Ternyata memang ya kalau bakulan itu tidak bisa santai, colek dulu mba Ima- Dapur Ima yang terima pesanan cake ultah dan cake hias.

Beda kalau hanya ngeblog, kalau mood masak dan buat kue, kuenya dan masakannya suka-suka, kalau hasilnya jelek tidak usah tayang, kalau mau tayang tunggu yang bagus dulu. Nah kalaupun nekad ya bisa juga tayang yang jelek sekedar berbagi pengalaman buruk ha ha ha... Tidak ada target, santai. Tidak ada beban, mau posting kapan juga, mau tidak posting, hanya memang terkadang kalau lama tidak posting tentu berpengaruh ke blog, apalagi kalau sampai lama blognya dianggurin, bahaya juga kalau memang masih berniat ngeblog dan mau pengunjung tetap stabil. Apalagi kalau pasang iklan di blog, jumlah visitor itu penting, ha ha ha... ini nih ujung-ujungnya duit hi hi hi...

Eh tapi saya itu tadinya memang belum berniat loh pasang iklan di blog, lalu ada salah seorang kenalan saya, yang saya kenal karena saya beli template toko online, hmmm dari sana suka tanya-tanya lalu akhirnya mas ini tahu jumlah traffic blog saya, lalu katanya, ih sayang loh kalau tidak tayangkan iklan google adsense, paling tidak sebulan adalah pemasukan.

Ih ih lantas dari situlah saya mulai mencoba.. dan akhirnya ada deh iklan di blog ini, jadi harap maklum ya kalau blog saya ada iklannya he he he. Tapi itu juga saya batasi sih, hanya 3, takut terlalu mengganggu kalau terlalu banyak. Karena terkadang saya juga suka risih kalau mengunjungi blog terlalu banyak iklan.

Tapi ini nih akibatnya kalau ada iklan, loading blog jadi lebih lambat, resiko. Sebulan yang lalu saya pasang juga iklan selain google adsense, tapi kok makin jeblok loading blognya, akhirnya saya copot saja deh, biarlah.. dan tentu saja penghasilan sebulan itu saya relakan saja he he he..ya tidak banyak jadi tidak sampai menangis termehek-mehek.

Nah entahlah, pengaruhnya di mana juga, setelah saya copot pun iklan tersebut, tetap saja lambat loadingnya, ah... saya harus mengoreksi beberapa hal, termasuk pengoptimalan gambar, eliminate render blocking Javascript dan CSS, berhubung masih belum mood mengotak-atik, lebih tepatnya belum mood belajar bagaimana caranya lagi, sudah lupa, padahal dulu pernah saya optimalkan dan saya eliminate beberapa kode, entahlah kok muncul lagi ya.. maklum, bukan pakar.. he he he.. 

Jadi sementara ini, maaf ya kalau gambar di postingan saya ini hanya satu, duh semoga dalam waktu yang tidak lama saya bisa perbaiki.  Kepikiran mau ganti template, aih repot lagi setting-setting, karena kalau ganti template pasti ada saja yang berubah.

Okeh deh, sudah cukup ngalor ngidulnya, semoga pembaca tidak pusing ya membaca tulisan saya kali ini.  Kembali ke resep pizza kari tuna ini, nah resep rotinya sama saja ya dengan resep pizza sebelumnya, yang tanpa ulen dan tanpa telur. Resep roti irit juga secara hanya pakai air bukan pakai susu cair, tapi rasanya sudah okeh menurut saya.

Untuk toppingnya menggunakan kari tuna ayam brand. Nah untuk jagung manisnya saya juga gunakan jagung kalengan. Duh walaupun sebenarnya saya itu tidaklah begitu suka dengan yang kalengan begini, ih tapi kalau tidak suka kenapa juga dipakai ya.. hi hi hi.. tapi semoga tidaklah sering ya.. karena memang tahu sendiri kan yang kalengan itu identik dengan yang namanya pengawet, dan tinggi garam.

Pizza Kari Tuna
untuk 1 loyang ukuran diameter 22-23 cm

Bahan roti :
  • 1/2 cup (120ml) air hangat
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 1/4 cup (140gr) tepung terigu protein tinggi, misal cakra kembar atau golden eagle
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak goreng

Bahan topping :
  • 1 kaleng kari tuna ayam brand, suwir-suwir potongan tuna
  • secukupnya jagung manis (saya gunakan jagung manis kalengan, tiriskan airnya, bilas dengan dengan air matang)
  • 1/2 buah bawang bombay, iris ketebalan kurang lebih 1/2 cm, lepaskan hingga membentuk ring

Bahan saus : campur jadi satu
  • 3 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh oregano kering

Bahan topping :
  • keju mozarella, parut kasar

Cara membuat :
  1. Untuk rotinya : di mangkuk, campur susu cair hangat, gula pasir, aduk hingga gula larut, tambahkan ragi instan, aduk rata dan biarkan selama kurang lebih 5-10 menit hingga larutan berbusa 
  2. Di mangkuk ukuran cukup besar, campur tepung terigu dan garam, aduk rata dengan sendok saja, tuangkan larutan ragi yang sudah berbusa, aduk rata dengan sendok kayu, kemudian tambahkan minyak goreng, aduk rata kembali
  3. Dengan tangan aduk hingga benar-benar rata, dengan cara seperti menguleni selama kurang lebih 2-3 menit, bulatkan adonan, tutup mangkuk dengan plastik wrap, diamkan selama kurang lebih 20 menit sampai adonan mengembang menjadi 2x ukuran semula.
  4. Kempiskan adonan, letakkan di atas loyang, pipihkan adonan dengan tangan sampai adonan menyebar merata di loyang
  5. Beri olesan saus, taburi dengan keju mozarella parut, beri topping, lalu di atasnya beri parutan keju mozarella sesuai selera banyaknya
  6. Panaskan oven, set di suhu 200 derajat celcius, panggang pizza selama kurang lebih 10-12 menit atau sampai keju meleleh dan permukaan bawah roti kecoklatan
  7. Keluarkan dari oven dan nikmati kala hangat


Nah semoga resep pizza kari tuna ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...






NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Untung mba Monic gk gaptek kyk aq...bs utak atik di komputer. Bs dpt penghasilan dr iklan. Mancaaapp....
    Bakulan mmg capek mba....kita harusnya gk usah sibuk ngurusin rumah. Abis deh tenaga.
    Moga2 lancar nnt bakulannya ya mba...

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he... belajar mba yang buat pusing kepala juga, pertama kali ngutak-ngatik blog dari sore sampai dini hari karena pusingnya kok ga kelar-kelar
      he eh mba lumayanlah ada iklannya, walaupun kecil tapi ada pemasukan
      iya ya mba, capek ya bakulan itu, duh kebayang yang bakulan yang sampai dini hari sudah bangun..salut-salut
      amin mba.. makasih ya

      Delete
  2. Iya, mba. Bakulan emang gak bisa santai. Saya aja yang masih sendiri, tinggal makan karena Mama yang masak kadang kewalahan bila orderan lebih dari dua. Saya salut sama ibu rumah tangga yang tiap hari jualan sampai begadang dan tetap bisa ngurus rumah dan keluarga.

    Sukses selalu buat mba Monic. Bila orderan tambah banyak, langsung cari asisten, mba. Kan jualan mba Monic bervariasi, jadi tiap hari pasti ada yang order.

    Kalau saya malah tidak kepikiran, mba mau pasang iklan. Apalagi sekarang jarang update blog. Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh ya mba benar deh, capek ya kalau bakulan, salut memang buat yang bakulan tapi tetap bisa urus keluarga dan rumah.. jempol..

      iya mba.. ini masih untung, belum ada orderan lagi.. masih menyiapkan mental ha ha ha.. slow aja deh

      he eh neh.. kenapa jarang update blog sekarang mba? sedang tidak enak badankah? atau malas aja atau sibuk dengan orderan

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.