Muffin Pisang Kurma Kukus



resep muffin pisang kurma kukus

Hai hai... apa kabar dunia? tetap asyik... bagaimana neh kabarnya? masih liburan? masih mudik? atau sudah balik lagi dengan segala rutinitas asal? apapun itu tetap semangat ya... seperti saya ini tetap semangat he he he... 

Nah bagi pembaca sekalian yang merayakan, walaupun terlambat saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri ya... mohon maaf lahir dan batin. Jadi bagaimana nih ceritanya ketika bermudik ria? yang pasti senang ya bisa berkumpul bersama sanak saudara. Walaupun cerita mudik di perjalanan pasti aneka macam ya.. baik itu lewat jalur udara ataupun jalur darat. Yang penting hepi akhirnya bisa berkumpul menikmati hari raya bersama keluarga kan ya.

Hmmm ceritanya sudah beberapa hari neh saya absen posting, biasa ya selain karena malas..itu pasti ha ha ha... didukung juga oleh koneksi internet yang super lemot, jadi klop.. pasangan serasi yang membuat saya malas online. Jadi maaf ya kalau ada beberapa komentar cukup lama baru saya publish dan saya balas, karena memang komentar baru akan saya publish dan balas kalau saya sudah online di laptop. 

Nah di postingan kali ini saya mau bagikan resep simpel sekali, hanya muffin pisang kurma tapi versi kukus, rasanya bagaimana? beuh... enak.. itu kata saya he he he.. bagi penyuka kurma. Apakah di rumah pembaca ada sisa kurma? ada pisang juga? jom... mari kita buat muffin yang mudah ini.

Kalau dilihat penampakan muffin ini, ceritanya saya itu kehabisan cup kertas yang biasa saya gunakan untuk muffin kukus, cup kertas yang butuh ditopang oleh cetakan bolu kukus, hmmm adanya yang cup seperti di gambar, itu awalnya imut-imut loh, cantik, ealah ketika proses mengukus selesai, melebar pula mereka, alhasil muffinnya jadi gendut-gendut... tapi tak mengapa, yang penting rasanya...uhuy..

Oh iya resep ini sih sebenarnya modifikasi dari resep cake pisang coklat kukus, tapi di sini tentu saja takaran tepung berbeda kan ya, kan tidak pakai coklat bubuk, lalu ini nih... jumlah gula pasirnya saya kurangi karena kurma kan sudah manis sekali, dan... pisang yang saya gunakan kali ini sudah sangat matang sekali, takut terlalu manis kan.

Nah ketika menyiapkan bahan neh, di proses membuang biji si kurma, ada kekonyolan saya di mana bijinya saya letakkan di mangkuk bersama daging kurma, lah belum sadar, ketika saya melihat isi mangkuk yang sudah ada daging kurma tanpa biji, loh kok ada biji di mangkuk? oalah... ternyata terbalik, bijinya saya letakkan di mangkuk, daging kurmanya saya buang. Sampai Sophie tertawa ketika tahu kekonyolan saya. Ibu jangan terbalik lagi ya..begitu katanya.

Sippp ah... berikut resepnya, yang mau intip-intip ini dia resepnya..

Muffin Pisang Kurma

Bahan :
  • 80 gr gula pasir
  • 2 butir telur
  • 1/4 sendok teh bubuk vanili
  • 225 gr pisang tanpa kulit (saya gunakan pisang berangan matang sekali)
  • 120 ml minyak goreng
  • 175 gr tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 1/2 sendok teh garam
  • 10 butir kurma, buang biji, potong-potong

Cara membuat :
Siapkan kukusan, alasi tutup dengan serbet bersih. Biarkan sampai air mendidih. Sambil menunggu air mendidih, di mangkuk campur tepung terigu, baking powder, baking soda dan garam, sisihkan. Di mangkuk cukup besar lainnya, kocok telur dan gula dengan garpu atau sendok atau balloon whisk hingga gula larut, tambahkan bubuk vanili, aduk rata, masukkan minyak goreng, aduk rata kembali, tuangkan campuran tepung, aduk cepat asal rata, masukkan potongan kurma, aduk kembali asal rata. Tuangkan ke dalam cetakan muffin atau cup di mana sisakan jarak adonan kurang lebih 1 cm dari bibir cup. Kukus dengan api besar selama kurang lebih 15-20 menit. 



olahan kurma muffin

Nah semoga resep muffin pisang kurma kukus ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Enak ini....apalagi klo gulanya pake gula palem ya mba...

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba, makin mantap deh kalau pake gula palem

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.