Rosemary Baked Chicken



resep rosemary baked chicken

Setelah edisi berkukis ria, hmmm diselingi dulu dengan resep rosemary baked chicken ini ya. Nah ini buatnya 2 hari yang lalu, aih aih akhirnya kesampaian juga saya membuat ayam panggang rosemary ini. Pakai resep kira-kira saja, bumbu sederhana tapi itu dia khasnya di rosemary, aromanya itu loh.. wangi-wangi bagaimana begitu ya.

Biasanya saya memakai rosemary kering yang botolan neh, memang sedia rosemary botolan di dapur. Hmm suatu ketika belanja di swalayan, loh saya lihat ada seorang bapak yang belanja daun-daun yang sudah dikemas dalam plastik kecil mika itu, penasaran, ih kayaknya rosemary sih, ada ya rosemary segar? mana lihat bapak ini banyak lagi belinya, penasaran mau dibuat apa ya? mau bertanya tapi saya urungkan niat saya, kesannya terlalu kepo ah...

Tapi karena sudah di kasir ya sudahlah malas lagi deh kembali ke area sayuran, nanti antri lagi di kasir, lain kali kalau masih ada saya beli, kalau tidak ada ya sudah anda belum beruntung. Eits ketika belanja lagi di swalayan ada lagi tuh..nah si rosemary ini hanya ada temannya marjoram, pernah dengar tentang marjoram ini tapi tidak recall di kepala saya, dan... ternyata setelah googling marjoram itu ya sama saja dengan oregano, halah tahu begitu kan saya beli juga, dasar...

Nah sudah ada rosemary, tinggal beli ayam utuh, ini dia nih sensasi memanggang ayam utuh dan ayam yang sudah dipotong itu beda he he he.. jadilah saya beli ayam utuh di pasar. Cukup cerewet di pasar, bilang ke penjualnya jangan dibelah ya, keluarkan isinya dari bawah, ah kalau saya tidak pesan begitu bisa-bisa sudah dibelah tuh ayam. Belum lagi saya minta potong sedikit sayapnya, bagian berutunya dan bagian kakinya. Untung sedang tidak ramai.

Sampai di rumah mulai deh menguliti sih ayam dan membuang lemak-lemaknya, pekerjaan yang cukup menyita waktu tapi lebih baik begini kan secara memang kami di rumah tidak menyantap kulitnya.

Dan ini dia ya resepnya bagi yang berminat mencoba juga... silakan

Rosemary Baked Chicken

Bahan :
  • 1 ekor ayam utuh, berat kurang lebih 1 kg tanpa isi perut, kepala dan ceker
  • 1 buah jeruk nipis ukuran besar
  • 2 buah wortel ukuran sedang, kupas, potong-potong
  • 5 buah kentang ukuran kecil, kupas, potong-potong
  • 2 buah bawang bombay, kupas, potong-potong

Bumbu :
  • 2 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 8 siung bawang putih, parut
  • 1 sendok teh merica hitam butiran, haluskan
  • 2 sendok teh garam
  • 5 tangkai rosemary segar, cincang atau diluruhkan daunnya

Bahan olesan :
  • 2 sendok makan madu

Cara membuat :
Bersihkan ayam dari kulit dan lemaknya, cuci bersih, lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15 menit. Campur semua bumbu, lumuri ayam dengan sebagian bumbu termasuk di bagian dalam ayam. Lumuri juga potongan kentang, wortel dan bawang bombay dengan sisa bumbu. Alasi loyang dengan alumunium foil, letakkan ayam, taburkan wortel kentang dan bawang bombay, masukkan juga potongan kentang wortel dan bawang bombay ke bagian dalam ayam. Panggang degan oven yang sudah dipanaskan. Panggang dengan suhu kurang lebih 180 derajat celcius selama kurang lebih 1 jam, keluarkan dari loyang dan olesi ayam dengan madu. Panggang kembali selama kurang lebih 30 menit. Keluarkan dari oven dan dinginkan sejenak, siap dihidangkan. Nikmati dengan sambal kesukaan atau saus kesukaan, walaupun tanpa saus pun sudah sedap.


Nah semoga resep rosemary baked chicken ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...

catatan : untuk melihat cara meletakkannya di loyang kurang lebih sama dengan ayam panggang lemon lada hitam ya, silakan meluncur ke link ini ya, jadi siapkan loyang datar, saya pakai loyang oven tangkring hock, ovennya sudah dihibahkan tapi loyangnya ditahan, he he he... jadi siapkan alumunium foil, lebihkan sedikit dari loyang, tata ayam dan bahan lain di loyang, baru deh panggang


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. Mba, kalau pake oven tangkring bisa ya? Adanya cuma itu di rumah. Hehe.. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Devy, bisa kok mba, sesuaikan waktu memanggangnya saja mba, trus kalau perlu putar posisi loyang kalau panasnya kurang merata

      Delete
  2. Siang2 bulan puasa liat beginian bs makin keroncongan nih mba....

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he... godaan ya mba... tahan-tahan

      Delete
  3. Wah makasih mbak monica untuk resepnya. Resepnya mantap-mantap kayaknya saya harus sering datang kesini nih, buat cari referensi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, terima kasih sudah mampir ke sini ya..

      Delete
  4. Mmmmmm... Yummy...
    Saya ikutan makan wortel sama kentangnya aja deh. Heheheh

    Ini mirip ayam kodok ya, mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mmmmmm... iya yummy mba, boleh makanin wortel kentangnya aja he he he...

      ga mirip dengan ayam kodok mba, ayam kodok kan daging ayamnya dikeluarkan berikut tulangnya, lalu kulitnya dipakai bungkus untuk daging ayam yang dihaluskan dicampur bumbu2

      Delete
  5. Hahay...., sotoy deh saya. Ternyata ayam kodok masaknya begitu toh, mba. Kupikir ayam yang dipanggang utuh itu yang namanya ayam kodok, hihihih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he... gapapa... sekarang kan jadi tahu toh?

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.