Baked Potato with Broccoli & Cheese



resep baked potato

Saya nongol lagi... ada yang cari saya? hi hi hi... adalah ya paling, cuma tidak berani ngomong, halah... ha ha ha.. upss.. Memang sudah berapa hari saya tidak posting resep neh, sibuk sekali, rasanya kok ada saja yang saya kerjakan jadi waktu untuk ngeblog rasanya sudah terbatas sekali. 

Maklumlah ya baru penyesuaian juga dengan irama sekolah Sophie neh, sibuk mengurus Sophie, nah sore sampai malam hari sibuk juga menemani Sophie belajar, secara ya, tiap hari ada PR lalu belum lagi memang saya sedang rajin mengajari dia untuk mata pelajaran besok harinya. Hmmm kalau cepat dia mengerti maka cepat juga waktu belajarnya. Saya sih tidak berpatokan waktu, hanya patokan per halaman saja, semakin cepat semakin bagus, selain dia bisa bermain, saya juga bisa menonton... halah...

Tapi memang nih berapa hari ini saya juga ikut sibuk membantu pekerjaan bapaknya Sophie, baru pertama kali ikut terlibat dengan pekerjaannya, secara kali ini agak sepele pekerjaannya untuk ukuran dia, tapi cukup membuat saya pusing juga, jadi kalau masalah kecepatan kerja, halah.. masih jauh dari target. Hmmmm tapi sudah diberi kelonggaran kok, kalau ada waktu luang saja baru membantu, okeh deh..saya jadi tidak begitu terbebani.

Nah hari ini saya posting resep baked potato with broccoli & cheese ya, duh duh bahasa saya ya.. intinya hanya kentang panggang diberi topping brokoli dan keju. Inspirasinya dari makanannya di Wendy's neh, secara beberapa hari yang lalu makan menu ini di sana, pesanan Sophie sih tapi emak bapaknya ikutan mencicipi.

Okehlah tidak mungkin juga kan kalau sering beli, bisa tekor bandar donk ya, ya sudah coba buat sendiri.. walaupun hanya menggunakan kentang Medan, kentang yang kalau di pasar sudah termasuk kentang yang lumayan, tidak berair.

Untuk sausnya, saya menggunakan keju cheddar, sempat diprotes oleh Sophie, kenapa kok warnanya putih tidak kuning seperti beli? halah bisa saja neh anak, lalu saya katakan kalau saya tidak punya keju warna kuning, pakai yang ada saja, mengangguk tanda mengerti deh si Sophie, dan akhirnya dapat 2 jempol dari dia.

Kentang panggang begini bahan-bahannya sederhana, prosesnya juga mudah, hanya memang agak lama ketika memanggang kentang. Saya sendiri membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 15 menit untuk memanggang kentang dengan ukuran kurang lebih 200gr. Selebihnya mudah, mengukus brokoli sebentar, membuat saus juga sebentar dan tada... bisa menikmati kentang panggang enak begini... puas, bisa perbanyak brokoli dan sausnya..mantap.

Okey deh, berikut langsung ke resep ya.. silakan..

Baked Potato with Broccoli & Cheese

Bahan :
  • 5 buah kentang kualitas bagus berat kurang lebih @200gr
  • 300 gr kuntum brokoli, potong-potong, cuci bersih

Bahan saus :
  • 150 gr keju cheddar parut
  • 1 1/2 sendok makan tepung terigu protein sedang
  • 350 ml susu cair
  • 1/4 sendok teh merica bubuk 

Cara membuat :
Gosok kulit kentang sampai hanya permukaannya bersih, cuci bersih, tiriskan, lap dengan tisu ataupun serbet bersih. Tusuk-tusuk kentang dengan garpu, bungkus dengan alumunium foil satu demi satu (bukan bungkus sekaligus ya). Panggang selama kurang lebih 1 jam 15 menit dengan suhu 180 derajat celcius hingga matang dan empuk, tes kematangan dengan cara menusuknya.
Ketika setengah jam atau 15 menit sebelum waktu memanggang berakhir kita bisa menyiapkan saus dan brokoli. Cuci bersih brokoli, kukus selama lebih kurang 5 menit api sedang di mana air kukusan sudah mendidih terlebih dahulu. Angkat segera brokoli dari kukusan, sisihkan.
Untuk membuat saus, larutkan tepung dengan susu cair, masak dengan api kecil hingga panas, masukkan keju parut, tambahkan merica bubuk, masak hingga keju meleleh dan saus menjadi mulus. Angkat dan siap digunakan.

Penyelesaian :
Ambil satu buah kentang, belah 2 tidak putus, sisipkan brokoli lalu tuangkan saus kejunya, siap dinikmati.

Catatan : saus akan mengental ketika dingin, untuk melelehkannya kembali, panaskan dengan api kecil dan beri secukupnya susu cair kembali sampai didapatkan kekentalan yang diinginkan.


Nah semoga resep kentang panggang dengan brokoli dan keju ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba..

Temukan resep kentang panggang juga di resep potato wedges... silakan..




NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Jadi, dimakan sama kulitnya ya, mba?
    Mupeng deh liat fotonya. Heheheh

    Saya jawab di sini ya mba pertanyaan di post sebelumnya.
    Alhamdulillah semakin baik dan semoga saja untuk seterusnya. Aamiin. Makasih banyak atas doa mba Monic. Sehat selalu juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Ima, dimakan dengan kulitnya..

      amin.. semoga mba Ima sehat selalu ya..

      Delete
  2. Diriku selalu merindukan postinganmu mamah sophie 😍😍😍 bete bener kalo gak ada bacaan tiap hari karena para blogger mulai banyak yang mengurangi aktivitas ngeblog. Pada beralih ke IG sekarang huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi hi mba Rina bisa aja, he eh mba, kebanyakan sekarang pada nge-gram ya.. lebih mudah dan cepat kali ya.. aih tapi daku masih tipe konvensional, masih setia ngeblog, IG malah suka lupa mau diisi postingan he he he..

      Delete
  3. Aq mba....yg nyariin mba Monic hehe...
    Ini blog blm ada isinya mba. Msh gaptek hihii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he dicariin mba Rini.. ayo mba diisi blognya..
      mba Rini kalau mau bisa baca2 label blogging di blog ini, siapa tahu bisa membantu he he he
      penasaran dengan hasil karya mba Rini... semangat mba..

      Delete
  4. mbak Monic, bisa ga ya kentangnya dikukus dulu setengah matang baru dipindahkan ke oven hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Sukma, bisa mba, hanya tentu saja kentangnya jadi berair nantinya, kalau mau ya dilap dulu kentangnya sebelum dioven, hmmm tapi kemungkinan lebih berair dibanding dengan dioven langsung, tapi gapapa kok mba kalau tidak masalah menikmati kentang yang agak basah, enak-enak aja kok..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.