Brownies Oatmeal Pisang Wortel (Gluten Free)



resep brownies oatmeal pisang wortel


Wah wah... makin ke sini makin bolong-bolong neh postingan blog, duh duh... efek liburan juga kali ya ha ha ha... tapi baiklah walaupun begitu tetap eksis dulu deh, posting resep brownies oatmeal pisang wortel dengan tepung oatmeal.

Walaupun ceritanya gluten free, pakai wortel juga tapi ini bukanlah brownies yang benar-benar sehat sih kalau kata saya, soalnya masih pakai gula dan pakai margarin dan dcc juga. Hmmm terlepas dari kandungan bahan-bahannya, upsss jauh ya dari brownies sehat, tapi rasanya enak.. duh duh bagaimana mau hidup sehat ini ya, masih suka makan brownies begini.

Wokelah, walaupun jauh tapi brownies ini bebas baking powder dan baking soda, jadi no food additive ya, makanya teksturnya padat, tapi brownies ini lembut dan super moist walaupun dipanggang, tapi dengan catatan jangan over baked ya manggangnya.

Resep ini sih kurang lebih sama dengan resep brownies chewy shinny crust dan resep brownies pisang wortel, tentunya dimodif ya.. dan jadilah brownies ini. Nah walaupun pakai gula yang sudah diblender karena ada campuran pisang, wortel dan takaran gula sedikit dikurangi makanya shinny crustnya tidak muncul, tapi apalah arti shinny crust kalau rasa brownies ini sedap... halah... ha ha ha...

Okey berikut cuss ya langsung ke resep, sedang bingung mau menulis apa lagi.. ini dia resepnya bagi yang mau intip-intip dan siapa tahu mau coba buat juga... silakan...

Brownies Oatmeal Pisang Wortel
untuk loyang ukuran 20x20cm

Bahan :
  • 150 gr dark cooking chocolate (dcc)
  • 50 gr margarin (atau bisa gunakan butter)
  • 40 gr minyak goreng
  • 115 gr gula pasir yang diblender
  • 2 butir telur ukuran sedang berat dengan cangkang kurang lebih 60gr
  • 115 gr tepung oatmeal (oatmeal instan yang diblender)
  • 20 gr coklat bubuk
  • 275 gr pisang tanpa kulit, lumatkan dengan garpu (saya gunakan pisang berangan matang sekali)
  • 100 gr wortel, kupas, parut dengan parutan keju
  • topping suka-suka (di sini saya gunakan keju cheddar parut)

Cara membuat :
Siapkan loyang persegi ukuran 20x20cm, oles margarin dasar dan tepi, alas kertas roti, sisihkan. Panaskan oven set di suhu 150 derajat celcius. Tim dark cooking chocolate dengan api kecil hingga meleleh, masukkan margarin dan minyak, biarkan meleleh, angkat dan biarkan hingga hangat. Di mangkuk campur tepung oatmeal dan coklat bubuk, bisa diayak ya tapi kali ini saya tidak ayak. Di mangkuk yang lain kocok telur dan gula hingga gula larut, masukkan larutan dcc, aduk rata dengan sendok atau garpu atau balloon whisk. Masukkan campuran tepung, aduk rata kembali, masukkan pisang dan wortel, aduk rata kembali. Tuangkan ke dalam loyang, hentakkan loyang perlahan, taburi dengan keju parut, panggang selama kurang lebih 25 menit atau sampai permukaan tidak basah. Jangan berlebihan memanggang ya sehingga brownies tetap moist. Keluarkan dari oven dan dinginkan. Keluarkan dari loyang dan siap dipotong-potong.


Nah semoga resep brownies oatmeal pisang wortel (gluten free) ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Tanps shiny crust jg pasti tetep nikmeh ya mba...

    RINI

    ReplyDelete
  2. Kalo dengar kata brownies mupeng mendadak. Ngebayangain coklatnya yang legit wuihh....gak perlu dikunyah, cukup diemut sampai lumer, surga rasanya hahahah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha mba Rina bisa aja neh... he eh mba, bener ga perlu dikunyah, enak pokoke..

      Delete
  3. Oiya mba...kbrnya mba Ima gmn? Msh sakit ya mba? Kok mba Ima jarang ngeblog lg ya?

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Rini belum tahu juga kabarnya mba Ima, terakhir sih katanya sudah baikan, tapi belum buat2 lagi jadi belum bisa isi blog, tapi sesudah lebaran di WA ga kekirim, kayaknya nomernya ganti, belum coba kontak via instagram..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Silakan kalau mau mempromosikan blog/website, gunakan komentar dengan nama atau nama blog/website dan url, tetapi komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.