Puding Pepaya



resep puding pepaya

Pernah buat puding pepaya begini? sering malah ya? kalau saya baru pertama kali buat ya kali ini, padahal sudah lama ingin buat, secara puding ini adalah puding kesukaan saya ketika saya masih kecil. Tapi walaupun begitu entah kenapa kok saya baru kepikiran buat puding ini sekarang ya. Dulu saya itu sangat menantikan yang namanya arisan keluarga Toraja, biasa ya anak-anak kalau ikut arisan yang dicari tentu saja makan-makannya itu loh. Nah ingat sekali di salah satu rumah, makanan khas yang tidak pernah ketinggalan adalah puding pepaya ini, duh duh.. saya suka sekali makan puding pepaya ini tapi sayangnya saya hanya makan ya di tempat tante satu ini. Jadi saya akan sangat bersemangat mau ikut kalau tahu ada arisan di rumah tante pembuat puding pepaya ini, halah...

Sayangnya ibu saya tidak pernah membuat puding begini, entahlah.. kalau buat puding paling-paling puding santan gula merah atau puding nanas he he he...

Dan ketika membeli pepaya, ih teringat deh mau coba buat puding pepaya begini, enak sepertinya makan puding begini di tengah cuaca yang amat sangat panas di Batam ini. Sippp semua bahan ada dan tada... jadilah puding pepaya ala-ala saya.

Bapaknya Sophie doyan juga puding begini, padahal yang namanya puding dia itu paling tidak suka. Hmm mungkin karena perbandingan puding dan pepayanya lebih banyak pepayanya kali ya, tapi Sophie tidak doyan bagian pepayanya sama sekali, hanya mau makan pudingnya saja. Ya.. terpaksa emaknya yang makan pepayanya, untung pepayanya manis.

Oh iya, untuk pepayanya sendiri saya gunakan pepaya cukup besar, tapi larutan puding susunya berlebih jadi ada juga yang saya tempatkan di gelas yang dicampur dengan bulatan pepaya. 

Nah tulisan ngalor ngidulnya sedikit saja ya, ini saya sedang sibuk sekali jadi asisten bapaknya Sophie neh, lumayan banyak pekerjaannya, cukup menyita waktu, ini saya curi-curi waktu dulu untuk ngeblog. Mau lanjut lagi, secara sudah ditagih neh oleh clientnya.

Sippp, berikut langsung ke resep ya.. silakan...

Puding Pepaya

Bahan :
  • 1 buah pepaya ukuran besar, kupas, belah 2 memanjang, buang biji, cuci bersih, tiriskan airnya
  • 1 bungkus agar-agar plain
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 5 sendok makan susu kental manis
  • 750 ml air

Cara membuat :
Ambil beberapa daging pepaya dengan menggunakan pembulat, buat secukupnya saja dan perhatikan untuk tidak terlalu dalam mengeruk daging pepayanya, sisihkan di mangkuk.
Larutkan agar-agar dan gula pasir dengan campuran susu kental manis dan air, masak hingga matang dengan api kecil sambil sesekali di aduk, cicipi rasanya. Matikan api dan hilangkan uap panasnya. Tuangkan ke dalam pepaya sampai kurang lebih 3/4 penuh, masukkan bulatan-bulatan daging pepaya secukupnya sampai permukaan puding penuh. Dinginkan hingga mengeras, masukkan ke dalam kulkas, jika sudah dingin, potong-potong.

Nah semoga resep puding pepaya yang sangat sederhana dan mudah dibuat ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Belum pernah makan puding pepaya nih diriku. Mintak sepotong itu puding...

    Semangat ya mb monic yang jadi asisten suami. Semoga diberi kekuatan dan kesehatan selalu. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak mba, segar loh apalagi kalau kalau sudah ngendap di kulkas, nyam..
      makasih mba Rina...amin.. hug hug..

      Delete
  2. Duh, jadi ingat masa kecil deh. Dulu di rumah tante saya, kalau ada arisan atau acara lain, juga selalu buat puding ini.

    Tapi saya seperti Sophie, tidak suka pepaya. Jadi saya lebih memilih puding yang ada campuran bulatan pepayanya, biar lebih mudah menyingkirkan si bulatan pepaya, hihihih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. umum sudah kali ya mba Ima, budaya orang Indonesia Timur dengan menyajikan puding pepaya di acara apapun

      toss dulu dengan Sophie, mirip ya seleranya...

      Delete
  3. Cucok ini ....seger! Apalagi Medan akhir2 ini cuacanya panas bgt mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba cucok kalau cuaca panas, sama mba di Batam panas banget juga loh...

      Delete
  4. Oiya mba...aq mw tanya klo bikin roti mba Monic pake pisau khusus pemotong roti ya utk motong adonannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba pakai scraper roti gitu, tapi yang plastik, plastiknya sih kokoh jadi mantap buat motong adonan roti

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.