Resep Baked Cauliflower Tots



resep baked cauliflower tots

Posting makanan anak versi diet dulu ya he he he, ini cemilan Sophie yang bisa dikatakan rendah kalori, tanpa minyak dan gluten free walaupun masih pakai telur dan tidak dairy free, masih pakai keju. Dan yang ini pakai kembang kol, tapi rasanya tenang saja, enak kok... dan Sophie sangat suka dengan makanan satu ini, yup tadi saya buatkan dia baked cauliflower tots

Membuatnya sangat mudah sekali, walaupun di proses membentuknya agak lama untuk ukuran saya yang tidak betah membentuk begini satu-satu. Untuk satu resep di bawah ini menghasilkan 15 buah tots ukuran kecil seperti di foto dan 15 tots ukuran 2 kalinya. Ternyata banyak juga hasilnya, nah yang ini tidak cuma anaknya yang suka, bapak dan emaknya pun doyan sekali. 

Karena masih diet, duh anak kecil sudah diet ya, he he he.. demi ini namanya supaya baju seragamnya muat hari pertama sekolah nanti. Secara keenakan libur, kegiatan kurang jadilah berat badan bertambah. Tapi bagus juga sih biar emaknya membuat cemilan sehat dulu. Untuk cocolannya sendiri cuma saya yang makan dengan cocolan saus sambal, saus tomat dan juga mayones. 

Untuk resepnya sendiri asal cemplung saja, kurang lebih lah ya, jadi tadi sedikit coba-coba, tapi ternyata hasilnya pas cocok seperti yang saya mau. Di sini saya gunakan oatmeal instan, nah jika tidak ada oatmeal bisa gunakan tepung roti.

Supaya bebas minyak sama sekali jadi saya gunakan loyang pizza dan pie teflon saja secara punyanya hanya itu he he he... kalau tidak ada silakan oles loyang dengan sedikit minyak ya. Nah di sini kembang kolnya dikukus dulu, setelah dikukus saya haluskan dengan chopper sebentar saja tidak sampai halus sekali. Jika tidak ada chopper atau food processor, bisa dicincang saja.

Okeh deh, tanpa lama-lama lagi berikut resep baked cauliflower tots ini ya, silakan...

Baked Cauliflower Tots

Bahan :
  • 450 gr kembang kol yang sudah dibersihkan tanpa daun, potong-potong cuci bersih dan kukus kurang lebih 5 menit (air kukusan sudah mendidih terlebih dahulu baru kembang kol dimasukkan)
  • 2 butir telur ukuran sedang
  • 50 gr oatmeal instan
  • 80 gr keju cheddar parut
  • 1 buah tomat ukuran kecil, buang biji dan potong kecil
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong kecil
  • 3 buah cabai merah, buang biji dan iris halus
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Cara membuat :
Haluskan kembang kol dengan menggunakan chopper atau food processor atau cincang saja. Masukkan semua  bahan di mangkuk, aduk hingga rata. Bentuk lonjong atau sesuai selera. Letakkan di loyang teflon atau loyang biasa oles sedikit minyak. Panaskan oven set di suhu 180 derajat celcius. Panggang selama kurang lebih 10 menit sampai bagian bawah kecoklatan dan bagian atas terlihat kering. Balik dan panggang kembali selama kurang lebih 10 menit (sesuaikan dengan oven masing-masing dan ukuran tots)


membuat baked cauliflower tots

Nah semoga resep mudah baked cauliflower tots ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....

resep mudah kembang kol tots


Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Klo dimakan lembut ya mba kyk bakwan?
    Oiya mba...gmn kbr mba Ima?

    RINI

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba lembut, kayak bakwan jagung gitu deh kurang lebih teksturnya

      mba Ima dirawat di rumah sakit mba, belum bisa cerita banyak, jadi tunggu kabarnya aja

      mau tanya2 banyak takut malah merepotkan mba Ima, doakan saja ya mba...

      Delete
  2. Selamat pagi mbak Monic. Resep di atas layak dicoba nih. Saya sedang giat2nya mencari resep yg sedikit/tanpa minyak goreng he..he... Kolesterol agak tinggi. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Sisca, selamat malam, maaf baru balas he he he..
      iya resep ini cocok buat yang lagi diet tanpa atau sedikit minyak, sama-sama mba Sisca...

      Delete
  3. Iya mba...moga mba Ima cepat sembuh...amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin... mba Rini, mba Ima sudah komentar tuh... tak WA lagi, belum dibalas..
      semoga benar-benar sudah sembuh

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.