Bakwan Bayam & Tauge




Gorengan... gorengan... ahai saya buat gorengan mudah nih, bakwan bayam dan tauge. Bakwan ini renyah di luar tapi lembut di dalam. Dan rasanya pas, tidak berlebihan rasa umaminya, tipis saja karena ada penambahan dada ayam cincang.

Saya tadi pagi itu ceritanya malas sekali mau buat yang ribet-ribet untuk bekalnya Sophie, nah berhubung hari ini pulang jam 12 siang tentu saja bekalnya minus makan siang, jiahhh semakin malas saja saya ribet-ribet dan lama-lama di dapur. Akhirnya buat yang praktis saja, bakwan bayam. Nah untuk Sophie saya tidak masukkan dulu tuh taugenya, jadi bakwanya minus tauge.

Hari ini Sophie pulang cepat karena hari ini ada lomba 17 Agustus-an di sekolahnya. Hmmm tadi begitu keluar sekolah langsung deh pasang muka sedih, Pipi ga dapat hadiah loh... langsung deh saya tanya kenapa? kalah ya? ga papa kalah..namanya juga lomba. Lalu ada anak laki-laki yang kebetulan lewat yang mungkin merasa iba dengan wajah Sophie menimpali, hadiahnya nanti kok dibaginya tanggal 17 Agustus. Oh begitu ya.. terima kasih, jawab saya, tuh hadiahnya nanti loh dibagikan. Anak laki-laki ini tersenyum. Anak ini mungkin saya perkirakan kelas 5 SD, hmmm anak yang cukup peka dengan lingkungan.

Sambil berjalan keluar sekolah, Sophie kembali sedih, iya tapi Pipi ga bakal dapat hadiah, tadi waktu lomba balon, balon Pipi jatuh, lalu lomba makan kerupuk Pipi kalah. Lalu saya katakan, kalau lomba dan kalah itu tidak masalah. Karena ada yang menang pasti ada yang kalah, yang kalah tidak boleh sedih, hanya lomba senang-senang kan. Mengangguk tapi tetap sedih... duh duh...

Sampai di rumah masih sedih, tapi kemudian sudah ceria kembali. Sudah lupa dengan lombanya, he he he... anak-anak...

Okeh deh, lanjut ke resep mudah dulu ya, ini sih siapa juga bisa kan ya buat bakwan, hanya campur-campur jadi deh. Memang di sini saya gunakan telur, nah enaknya gorengan pakai telur itu memang garing tapi hanya garing ketika hangat, tidak bertahan lama, kalau sudah dingin maka akan menjadi empuk. Tapi bakwan pakai telur adalah kesukaan saya nih... jadi selagi bisa ya santap selagi hangat.

Bakwan Bayam & Tauge

Bahan :

  • 1 ikat kecil bayam, cuci bersih, iris kasar
  • 1 genggam penuh tauge
  • 150 gr dada ayam cincang
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 2 butir bawang merah, iris
  • 4 siung bawang putih, memarkan, cincang
  • 2 butir telur
  • kurang lebih 75 gr tepung terigu serbaguna
  • kurang lebih 75 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk


Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata, (jika dirasa terlalu padat silakan tambahkan air sedikit lagi, dan jika dirasa terlalu cair boleh tambahkan tepung sedikit lagi, sesuaikan dengan selera), tes rasa dengan menggoreng sedikit adonan. Goreng dengan minyak panas yang cukup banyak dengan api sedang hingga garing dan kecoklatan, angkat dan tiriskan. Sajikan dengan cocolan.


bakwan ayam bayam tauge

Nah semoga resep bakwan bayam dan tauge ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba....





NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Duhhh...Pipi jgn sedih yaaa! Ntar taun depan pasti menang hehe...

    Wah...blm pernah coba nih bakwan bayam mba. Tp klo aq bikin bakwan gk pernah pake telur sih mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tante Rini, moga aja tahun depan bisa menang, makasih tante...

      bakwan bayam seru rasanya, seru juga warnanya he he he.. iya mba kalau pakai telur kurang tahan lama garingnya ya..
      tapi enak sih walaupun ga tahan lama

      Delete
  2. Ngiler benneerrrr liatnya.
    Mmmmmm...., yummy.

    Duh, kasihan si Pipi kalah lomba balon dan makan kerupuk.
    Tidak apa-apa, sayang. Menang dan kalah itu biasa, yang penting Sophie tetap happy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmmm yummy mba Ima..

      hi hi hi iya kasihan lihat Pipi, sedih begitu, eits tapi sebentar saja kok sedihnya..

      makasih tante Ima..

      nah pas upacara bendera di sekolah, setelah selesai upacara kan ada pembagian hadiah, walaupun tidak menang, tidak dapat hadiah tetap dapat pembagian snack dari gurunya, jadi tetap happy...

      Delete
  3. Kayak diriku yang semua bahan bisa jadi bakwan. Kangkung, makaroni mie, bihun, terong bisa jadi bakwan. Dan enak hihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi hi iya mba Rina, apa aja bisa jadi bakwan ya.. enak..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.