Blackcurrant Buttermilk Muffin



resep blackcurrant buttermilk muffin

Postingan cepat saja ya di tengah kesibukan saya beberapa hari ini, yup resep mudah juga hanya resep muffin. Kali ini saya tampilkan resep blackcurrant buttermilk muffin dengan topping coklat batu berwarna.

Buat muffin ini beberapa hari yang lalu untuk bekalnya Sophie, nah karena belakangan kok waktu mepet sekali jadi saya itu menyiapkan bekal yang cepat dibuat saja, salah satu yang kepikiran di kepala saya yaitu muffin.

Kebetulan punya stok blackcurrant kering, beberapa waktu yang lalu beli di toko bahan kue yang agak jauh dari rumah, kalau yang tinggal di Batam, sudah tahu belum dengan toko bahan kue Tunas Maju? Di daerah Jodoh, dekat dengan Top 100 Jodoh. Di Toko ini banyak bahan yang kalau saya katakan membuat saya lapar mata terutama dengan buah keringnya serta biji-bijian dan kacang-kacangan. Lengkap ada almond, mete, bahkan pecan. Buah keringnya ada cranberry juga selain blackcurrant ini, ada juga sultana. 

Hmmm beda sultana dan kismis apa donk? kalau kismis itu warnanya lebih gelap secara berasal dari anggur hitam sedangkan sultana lebih terang karena berasal dari anggur hijau dan kalau dari segi rasa, sultana lebih manis, kismis kan manis tapi ada sedikit rasa asam.

Nah kalau blackcurrant sendiri sih buahnya malah mirip blueberry, bulat begitu. Kalau sudah dikeringkan mirip kismis tetapi lebih imut, rasa juga mirip kismis, ada manis dan sedikit asam.

Okelah, lanjut ke resep ya... singkat saja.. silakan..

Blackcurrant Buttermilk Muffin

Bahan :
  • 250 gr tepung terigu protein rendah
  • 3/4 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 butir telur
  • 80 gr gula pasir
  • 50 ml minyak goreng
  • 50 gr butter/margarin cair
  • 150 ml buttermilk (campur 150ml susu cair dengan 1 sendok makan air jeruk nipis, aduk, diamkan hingga menggumpal)
  • 80 gr blackcurrant kering
  • coklat batu untuk taburan

Cara membuat :
Panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius. Di mangkuk campur tepung terigu, baking powder, baking soda dan garam, aduk dengan garpu atau sendok atau whisker, sisihkan. Di mangkuk lain, kocok telur dan gula hingga gula mulai larut (kocok dengan garpu atau whisker), masukkan minyak goreng dan butter/margarin cair, aduk rata, masukkan buttermilk, aduk rata kembali. Masukkan campuran tepung ke dalam adonan telur, aduk cept asal rata, tuangkan ke dalam cup muffin hanya 3/4 penuh, taburi dengan coklat batu, panggang selama kurang lebih 25-30 menit tergantung oven masing-masing. Keluarkan dari oven dan dinginkan. 

Nah semoga resep blackcurrant buttermilk muffin ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...


 

NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Duh...., menggoda nian muffinnya, mba. Minta satu dong...

    Wah, dapat ilmu baru lagi nih hari ini tentang coklat batu warna-warni dan beda kismis dengan sultana. Makasih banyak mba Monic atas infonya. Monic's Simply Kitchen memang blog TOP BGT. 👍👌😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba Ima... terima kasih ya karena ga jemu2 mampir dan meninggalkan komentar di sini hug hug...

      Delete
  2. Kayaknya enak nih ya, mbak monic asli Batam kah?
    Tadi sempat muter-muter juga, lebih prefer buat kue nih ya dari pada resep masakan yang lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga asli batam kok, hanya sudah lama tinggal di Batam, sudah jadi penduduk tetap Batam he he he..
      hmmmm belakangan memang sering buat kue, tapi banyak juga kok resep masakan di sini....
      belakangan ini masaknya yang simpel aja... tidak jauh2 dari sambal he he he...

      Delete
  3. Belum pernah ketemu blackcurrant di Ciledug. Kayak apa rasanya mb monic ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya kayak kismis itu mba, manis asem sedikit..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.