Gun Mandu (Fried Korean Dumpling)



fried korean dumplings

Happy Monday semua, wuih mulai lagi ya kesibukan di awal minggu. Padahal enaknya bersantai di akhir minggu ya. Sekarang saya itu lega sekali kalau sudah akhir minggu, Sophie libur sekolah, aih aih rasanya sedikit lega, bisa istirahat dengan kegiatan seputar menyiapkan bekal, keperluan sekolah dan tentu saja antar jemput.

Hari ini mulai lagi kegiatan weekdays..uhuy... okeh deh di sela kesibukan harian ini, saya sempatkan dulu posting resep gun mandu atau Fried Korean dumpling ya. Buatnya kemarin, entahlah sedang ingin makan mandu saja ceritanya. Lagian sudah lama sekali tidak buat mandu lagi. Nah terinspirasi dari mandunya di resto Korea di Batam maka saya buat versi mandu goreng saja. Isinya juga kurang lebih maunya simple saja.

Kalau bicara resto korea, menu favorit Sophie adalah kimbap, yang versi sayuran. Ketika berapa hari yang lalu kami mampir ke mall yang ada resto Korea, ternyata Sophie sudah hafal kalau di mall tersebut ada resto Korea. Begitu sampai di parkiran langsung deh mengatakan, Pipi mau kita ke toko Korea dulu ya, Pipi lapar, mau makan sushi begitu katanya (walaupun sudah dikatakan kalau versi Korea itu namanya kimbap, tetap saja menyebutnya sushi). Lalu lanjut katanya lagi, toko Korea itu di sini kan Ibu... kok toko sih nak? resto namanya itu.. jadi bukan toko Korea tapi resto Korea. Oh iya lanjutnya lagi... resto Korea. 

Kalau ke resto Korea, selalu pesannya menu diskon, he he he.. nah salah satu yang dipesan adalah gun mandu ini dan juga jjin mandu. 1 Porsi masing-masing 3 buah, tentu kurang puas ya, jadi bertekad membuat sendiri mandu ini di rumah. Oh iya cocolannya hanya saus gochujang.

Jadi karena sudah pernah membuat mandu sendiri, ternyata mudah, akhirnya kemarin menyempatkan waktu membuat mandu. Bahan-bahannya mudah sekali, hanya memang di proses mengisi adonan dan menutup adonan itu agak lama karena mencoba membentuk lipatan di kulitnya itu. Lalu membuat adonan sendiri sih agak membosankan untuk ukuran saya, di mana adonan digilas satu persatu, jadi karena sudah terlalu bosan, saya sisakan 1/4 adonan, saya sudah terlalu malas untuk melanjutkannya lagi, dasar...

Untuk gun mandu yang saya buat ini cocolannya saus gochujang dan juga kecap pedas, sama-sama enak. Nah mandu ini sih dimakan begitu saja sebagai snack, karena eh karena emaknya Sophie malas membuat makanan lagi, jadi, Sophie makan nasi pakai mandu saja ha ha ha... bapaknya protes, kenapa makannya pakai nasi? tidak apa-apa, sekali saja kok ya, nanti makan berikutnya tidak usah pakai mandu lagi.

Okehlah... untuk membuat mandu ini, cara membentuknya boleh cuss ke link Korean Dumpling yang pernah saya posting ya. Hanya saja kali ini beda di isi dan cara memasak saja. Kali ini mandunya saya goreng. Dan kulitnya juga saya buat lebih tipis dengan maksud supaya lebih renyah.

Di sini saya hanya tulis resep ya, untuk contoh gambaran prosesnya monggo silakan ke link di atas. Untuk isinya sendiri silakan sesuaikan dengan selera, tambahkan daging ayam atau udang cincang supaya lebih maknyuss. Sipp ah.. berikut resepnya ya.. silakan..

Gun Mandu (Fried Korean Dumpling)

Bahan kulit :
  • 220 gr tepung terigu serbaguna
  • 125ml air panas
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan isian : campur semua bahan
  • 150 gr kol, iris tipis, remas dengan 1 sendok teh garam, biarkan 10 menit, peras
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 4 siung bawang putih, parut
  • 1 buah bawang bombay ukuran kecil, cincang
  • 50 gr soun, seduh, tiriskan dan potong-potong
  • 2 sendok teh minyak wijen
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 butir telur
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh garam

Cara membuat kulit :
Masukkan tepung terigu ke dalam mangkuk ukuran sedang. Larutkan garam dalam air lalu tuang ke dalam tepung, aduk cepat dengan sendok kayu. Uleni adonan hingga lembut dan menyatu selama kurang lebih 4-5 menit. Tutup adonan dengan plastik wrap dan diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai 1 jam. Ambil adonan, bagi 4 bagian, bentuk silinder dengan diameter kurang lebih 2.5 cm/1 inchi. Bagi menjadi 7 bagian masing-masing silinder, tutup adonan yang tidak dikerjakan
Ambil satu potongan, tekan dengan jari sehingga membentuk lingkaran, kemudian gilas hingga tipis kurang lebih setebal 1mm. Lakukan hingga selesai, jika lengket taburi dengan sedikit tepung


Penyelesaian :
Ambil 1 lembar kulit, letakkan di meja bertabur tepung, isi dengan adonan isi, kemudian lipat 2 tetapi jangan sampai menempel. Lipat bagian depan dari arah kanan ke kiri atau sebaliknya. Rekatkan kedua sisinya ntuk menutup isian, cukup dengan cara ditekan hingga menempel karena kulitnya cukup lembut. Letakkan di wadah beralas tepung, lakukan hingga habis. 
Panaskan minyak yang cukup banyak, goreng dengan api kecil hingga garing dan kecoklatan. Angkat dan tiriskan. 
Sajikan dengan saus kesukaan. Di sini saya hanya menggunakan gochujang yang dilarutkan dengan sedikit air panas dan juga kecap pedas.


Catatan : lihat gambaran proses membuatnya di link Korean Dumpling.


resep gun mandu

Nah semoga resep gun mandu atau fried Korean Dumplings ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...




Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Kalo disuruh ngebentuk langsung panas dingin deh diriku hahahah....kurang telateeeennn....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha... ini juga ngebentuknya asal mba, asal mirip, jauh dari kata rapi

      Delete
  2. Hadoooohh...ngiler liat cemilannya. Kyk pastel ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mirip pastel kalau digoreng begini mba Rini, hanya memang kulitnya di sini lebih simple dari pastel hanya air dan tepung saja serta garam

      Delete
  3. Kalau menurut saya, Dak Mandu lebih cantik daripada Gun Mandu ini, mba.
    Tapi cara buatnya kok sepertinya agak ribet ya? Kayak dilipat-lipat gitu. Padahal bahannya sangat simple dan isinya bisa sesuka hati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba Ima, karena digoreng jadi kulitnya jadi totol2 he he he..
      he eh agak ribet, apalagi kayak saya yang ga biasa buat ginian, kalau mau simple sih ga harus dilipat-lipat, ini saya saja yang kerajinan mau buat versi yang lipat, mau nyamain dengan yang mandu di resto gitu ha ha ha walaupun bentuknya jauh sekali..
      iya simple sekali bahannya ini mba

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.