Resep Chicken Adobo



resep chicken adobo

Sudah pada tahu dengan masakan ini belum? yup chicken adobo adalah salah satu masakan yang terkenal dari Filipina. Jadi ceritanya hari ini saya kok kepikiran buat chicken adobo ya, padahal sudah lama sekali resepnya saya catat. Waktu itu saya lihat tayangan di Asian Food Channel ada pemenang Asia Food Hero dari Filipina yang masak chicken adobo ini.

Saya tahu pertama kali dengan yang namanya chicken adobo ini ketika menonton masterchef Australia tahun 2015, di mana ada salah satu pesertanya orang Filipina, namanya John. Hmmm beberapa kali dia masak ala-ala chicken adobo begitu. Uhuy makin penasaran, karena memang kan yang John masak ini sudah versi masterchef, jadi bukan yang original.

Hmmmm mulai deh browsing, dan ternyata bumbunya sangat simple sekali. Kayaknya mudah sekali, tapi sungguh penasaran, apa enak ya bumbunya begitu saja, mana pakai merica hitam utuh lagi, apa tidak perlu digerus ya, jadinya bagaimana tuh dengan penggunaan cuka yang cukup banyak? Wokehlah penasaran tetap penasaran, tapi belum juga saya coba. Lalu punya kesempatan menonton versi food hero winner ini, lihat cara memasaknya gampang sekali. Masih penasaran tapi belum mau coba juga, sampai akhirnya hari ini baru kesampaian.

Akhirnya terjawab sudah penasaran saya dengan chicken adobo ini, wuih ternyata sedap... walaupun bumbunya begitu saja. Hanya bawang putih yang dimemarkan, daun salam, cuka apel, kecap asin, dan sedikit gula untuk menyeimbangkan rasa. Duh duh.. sedap deh pokoknya, tapi menurut selera saya ya.. semoga selera saya itu selera umum, eits tapi memang umum kok buktinya nih chicken adobo menjadi salah satu makanan terkenal dari Filipina dan yang sudah mencobanya mengatakan enak.

Nah tadinya saya itu tergerak untuk menggerus tuh si bulatan-bulatan merica hitam, tapi coba stick to the recipe dulu deh, jangan modifikasi dulu, kan penasaran dengan rasanya, apa iya enak kalau merica hitam dibiarkan utuh. Ternyata enak loh.. sensasinya menggigit merica hitam utuh itu yang beda, pedas-pedas tapi enak ha ha ha...

Pemakaian gula di resep ini harus diperhatikan ya, jangan sampai gula dipakai terlalu banyak, jadi kayak semur donk nanti he he he.. jadi gula di sini hanya untuk menyeimbangkan rasa asin dan asam. Nah sebelum kuah menyusut dan belum diberi gula saya cicipi rasanya, kecut habis... lalu saya tambahkan gula kemudian biarkan kuah menyusut, dan tada.. baru seimbang rasanya, sedap.

Untuk takaran tidak saya catat, jadi sudah saya sesuaikan sendiri. Di sini karena saya menggunakan dark soy sauce maka saya cairkan lagi dengan air supaya tidak terlalu gelap. 

Update : colek mba Rina Audie yang tanya he he he.. Ini contoh dark soy sauce yang saya gunakan, merk Tai Hua, produk Singapore. Nah kalau di Batam sangat mudah menemukan produk dari Singapore ataupun Malaysia. Jadi produk ini biasanya dijual di swalayan-swalayan di sini, tapi biasanya sih tidak di swalayan jenis waralaba seperti Indomaret, Alfamart atau Hypermart.
 
dark soy sauce tai hua

Wokeh... yang penasaran ini dia resepnya ya.. diadapatasi dari tayangan AFC dari Asia Food Hero Winner : Anton Amoncio.

Chicken Adobo

Bahan :

  • 600 gr daging ayam, di sini saya menggunakan bagian paha atas dan bawah, bertulang tanpa kulit
  • 1 buah jeruk nipis ukuran besar
  • 8 siung bawang putih, memarkan
  • 2 sendok teh merica hitam utuh
  • 2 lembar daun salam
  • 3 sendok makan kecap asin gelap, encerkan dengan 50 ml air, aduk rata (disini saya campur dengan air supaya warnanya tidak begitu gelap, skip proses ini kalau menggunakan kecap asin biasa)
  • 6 sendok makan cuka apel, bisa diganti cuka biasa atau air jeruk nipis, jumlahnya disesuaikan, tambahkan sedikit demi sedikit, cicipi rasanya, kalau kurang bisa ditambah kemudian
  • 200 ml air
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • minyak untuk menggoreng ayam
  • irisan daun bawang untuk taburan (optional)

Cara membuat :
Bersihkan ayam, buang kulit dan lemak yang menempel, cuci bersih dan kucuri dengan air jeruk nipis, remas-remas diamkan selama kurang lebih 15 menit, bilas, goreng hingga kecoklatan, tapi jangan sampai terlalu garing, angkat, sisihkan.
Panaskan minyak, tumis bawang putih dan daun salam hingga bawang putih keemasan, masukkan merica hitam utuh, aduk rata dan masak sebentar, tambahkan kecap asin dan cuka, masukkan ayam goreng, aduk rata, tambahkan air, masak hingga kuah mendidih, tambahkan gula pasir, aduk rata kembali, masak hingga kuah menyusut, cicipi rasanya, angkat dan siap dihidangkan.



resep chicken adobo simple

Nah semoga resep chicken adobo ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba....



NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. Tanya ya :
    1. Makan merica hitam utuh klethus klethus tuh rasanya gimana ? Nyaliku kok ciut ya kalo disuruh nglethusi merica hitam hihi
    2. Dark soy sauce contoh merknya apa ya ? Aku taunya kecap ikan cap ik*n mer*h buat bikin nasgor atau capcay hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jawab :
      1. rasanya enak juga mba, panas mulut, ada sedikit sensasi rasa kelu di lidah walaupun tidak separah kalau menyantap andaliman, sudah digerus pun tetap kelu di lidah, pernah coba andaliman mba?
      2. sudah diupdate di atas mba, contoh merk yang digunakan

      mba Rina mau dikirim dark soy sauce ini? sekalian sama andaliman? he he he... kalau mau inbox alamat yo..

      Delete
  2. Nyam...nyam...nikmeh bgt nih pake nasi anget!

    ReplyDelete
  3. Kecap asinnya harus diencerkan lagi ya, Mbak Monic? Kecap asin sudah encer kan? Apa ini kecap asinnya beda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he... sudah diupdate mba di atas, ditambah keterangan, diencerkan di sini supaya warnanya ga begitu gelap, kalau pakai kecap asin biasa boleh tidak ditambah air lagi, tapi kalau pakai dark soy sauce dan tidak masalah dengan warna gelapnya juga boleh skip campur air lagi ini mba
      terima kasih mba Eva..

      Delete
  4. Met kenalan mbak Monica...sy seneng mbaca2 resepnya mbak Monica...tambahin Poto step by stepnya dong mbak biar tambah gemesin...he he
    Tia disolo

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai mba Tia di Solo, salam kenal mba...
      wah terima kasih sudah senang baca resep-resep di sini.. hi hi hi iya nih mba, maunya sih gemesin dengan foto step by stepnya tapi terkadang suka sudah ribet duluan he he he..
      jadi terkadang kalau mood dan saya rasa agak sulit membuat suatu resep tanpa foto proses, maka saya tambahkan foto prosesnya, biar ada gambaran... memang tidak semua
      ke depan semoga bisa ya semua resep pakai foto step by step, tapi tidak janji mba.. he he he... maaf ya.. semoga cukup jelas, kalau kurang jelas silakan bertanya mba

      Delete
  5. Saya baru tahu nih mba Chicken Adobo. Kelihatannya enak, tapi masih rada aneh melihat merica hitamnya. Heheheh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini enak kok mba, walaupun bumbunya sederhana, hi hi hi.. iya agak aneh memang kalau tidak biasa dengan merica hitam, apalagi kalau utuh begitu, bayanginnya sudah aneh duluan, apa enak? tapi enak loh, pedas2 gimana gitu ha ha ha..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.