Resep Corn Dog Mini



resep mini corn dog

Setelah berhasil membuat cornmeal dari popcorn, nah ini dia tujuan saya sebenarnya, membuat corn dog, penasaran sekali ingin membuat cemilan satu ini, penasaran membuatnya dan penasaran dengan rasanya.

Saya buat corn dog versi mini saja, mempertimbangkan penggunaan minyak dan penggorengan yang tidak dalam. Karena membuat corn dog ini harus deep frying maka corn dog mini adalah solusinya, beda di ukuran kan tidak masalah toh, malah lebih kiyut yang mini kan he he he...

Percobaan pertama saya membuat corn dog gagal, adonan tepung bergumpal dan tidak mau menempel di sosis, hmmm padahal sudah semangat, aih jadi malas mencoba lagi, tapi kan karena saya menggunakan corn flakes yang saya blender. Hmmm tadinya saya H2C neh apakah gagal lagi kalau menggunakan cornmeal dari popcorn, lega.. begitu semua bahan adonan tercampur, adonannya mulus, sudah feeling kalau hasilnya pasti lebih baik dari sebelumnya. Walaupun sambil menakar bahan selalu was-was, takaran begini tepat tidak ya.... uhuy ternyata berhasil.

Di sini saya menggunakan sosis yang dipotong menjadi panjang kurang lebih 4cm, jika ada sosis pendek silakan gunakan sosis pendek ya, hanya saja di sini paling gampang menemukan sosis standar. Jadi untuk sosis sesuaikan sendiri saja.

Tusuk yang digunakan oleh saya kali ini adalah sumpit yang diameter kecil, sumpit yang saya kumpulkan kalau beli mie pangsit. Sumpitnya dari bambu, nah karena saya menggunakan sosis ukuran kecil maka supaya proposional ujung sumpit saya patahkan sedikit. Silakan gunakan tusuk sate jika tidak mau menggunakan sumpit bambu ini ya.

Oh iya, supaya mudah sosis tercelup adonan, letakkan adonan di gelas ya, sesuaikan gelasnya dengan ukuran sosis. Dan supaya adonan menempel dengan baik di sosis, lap kering sosis terlebih dahulu dengan tisu, kemudian balurkan tipis dengan tepung terigu serbaguna, baru deh dicelup ke adonan corn dog. Kemudian goreng dengan api kecil sedang di mana minyak sudah dipanaskan terlebih dahulu. Adonan akan mengembang dan mulus ketika digoreng, pegang tangkai corn dog ketika menggoreng.

Tidak butuh waktu lama kok menggoreng corn dog ini, jadi menggoreng satu persatu tidak masalah, hmmm beda kalau menggorengnya banyak ya... Nah kalau ada yang rajin menonton youtube, menggoreng corn dog tangkainya juga ikutan dicelupkan di minyak goreng, jadi tidak perlu dipegang, tapi nih sih tangkai direndam dulu dengan air. Wokeh untuk cara silakan pilih yang disuka ya, kalau dirasa ribet memegang tangkainya silakan celupkan saja. Hanya saya malas mencelupkan tuh tangkai sekalian di minyak gorengnya.

Dan... bagaimana dengan rasanya, kalau menurut saya sih enak-enak saja, nah aroma jagungnya itu yang khas. Dan karena Sophie pada dasarnya tidak suka sosis jadi dia tidak doyan dengan corn dog ini, malahan yang doyan bapaknya.

Sippp ah, berikut langsung ke resep ya... ini takaran dan bahan ala-ala saya saja ya... menebak-nebak dan mengira-ngira bahan yang sebaiknya digunakan dan berapa nih takaran yang sebaiknya digunakan, disesuaikan dengan jumlah corn meal saya yang hanya 6 sendok makan. Takaran yang saya gunakan hanya menggunakan sendok.

Okeh, ini dia resepnya, silakan..

Mini Corn Dog
menghasilkan 9 buah corn dog mini

Bahan :
  • 3 buah sosis, masing-masing dibagi 3 dengan ukuran @4cm
  • sumpit atau tusuk sate
  • 2 sendok makan tepung terigu untuk melumuri sosis
  • minyak untuk menggoreng

Bahan adonan :
  • 6 sendok makan cornmeal (cara membuat homemade cornmeal)
  • 5 sendok makan tepung terigu serbaguna
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh madu
  • 8 sendok makan susu cair suhu ruang
adonan corn dog




menggoreng corn dog


Cara membuat :
Lap sosis dengan tisu, lumuri dengan tepun terigu, tusuk dengan sumpit atau tusuk sate. Sisihkan sejenak. Di mangkuk, campur cornmeal, terigu, gula pasir, baking powder, garam dan merica bubuk, aduk rata, tambahkan madu, masukkan susu cair bertahap sambil diaduk dan dirasa didapatkan kekentalan yang pas. Pindahkan ke gelas yang ukurannya sekiranya cukup untuk mencelup sosis. 
Panaskan minyak yang cukup banyak di penggorengan yang cukup dalam, di sini saya menggunakan panci merebus (tidak masalah digunakan untuk menggoreng karena panci ini pas ukurannya untuk deep fried).  Celupkan sosis sampai tercelup adonan merata, angkat perlahan dan biarkan sejenak adonan jatuh di bagian bawah sosis, sampai dirasa adonan yang jatuh tidak banyak lagi, dan ujung bawah sudah rata, celupkan ke dalam minyak seluruh bagian corn dog, pegang tangkainya sampai adonan mulai mengembang dan kecoklatan, angkat dan tiriskan. Lakukan untuk semua sosis sampai selesai. Sajikan corn dog dengan saus cocolan, mayones, saus sambal atau saus tomat.

resep corn dog simple mini

 
Nah semoga resep corn dog mini ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Enyak keliatannya....tp males bikin cornmeal nya mba. Ada yg jual kemasan mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok mba yang jual cornmeal ini, coba cek di toko bahan kue mba, kalau di Batam belum nemu makanya buat deh, buat sedikit sih ga masalah kalau buat banyak ya mikir he he he...
      atau coba cek yang jual online mba, misalnya di toko titan

      Delete
  2. Foto yang terakhir asli bikin ngileeerrr, mba.

    Meskipun Sophie tidak suka padahal bentuknya unyu-unyu dan kiyut gitu, tapi kan ada bapaknya yang suka. Heheheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mba Ima, gapapa Sophie yang doyan, ada yang ngabisin juga soalnya he he he

      Delete
  3. Lihat gambar yang terakhir jadi..glek..pengen nyicip..Ini teksturnya seperti apa, Mbak Monic?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo buat mba Eva, ini teksturnya lembut mba..empuk gitu

      Delete
  4. Adonan corn dog tuh kuentel yah ? Yang penting harus bisa nyelimutin sosisnya kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Rina, kuentel adonannya, menyelimuti sosisnya tapi agak tebel gitu..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.