Resep Raisin Scones



raisin scones recipe

Yuhu... apa kabar semua? tetap asyik kan..nah kali ini saya mau posting resep raisin scones dulu ya, ini snack yang saya buat untuk bekalnya Sophie, lumayan bisa buat 2 hari, memang sih tidak berturut-turut, berkelang satu hari. Biasanya sih Sophie malas bawa makanan yang sama, eh lusanya minta bawa scones lagi.

Membuat scones ini termasuk cukup mudah, hanya memang butuh butter dingin nih supaya hasilnya lebih renyah tapi lembut di dalam. Nah kebetulan saya sedang ada stok butter merk Golden Churn, beuh rasanya nendang habis. Tumben-tumbenan memang saya membeli butter ini, hmmm ternyata memang sedap hasilnya.

Kalau teman kerja saya dulu katakan di rumahnya itu kalau membuat nastar pasti pakai mentega cap tong, katanya nastarnya sedap kalau pakai ini. Hmmm penasaran dulu itu apa sih mentega cap tong itu, oalah ternyata ketika pada suatu kesempatan kami ke swalayan, akhirnya dia menunjukkan mentega cap tong itu yang mana, oalah... ternyata ya si golden churn ini.

Membuat scone ini mirip membuat pie atau juga biskuit, mudah sekali. Kali ini saya buat bentuk bundar saja. Nah cetakannya saya gunakan gelas saja, tapi gelasnya hanya ditekan sedikit untuk memberi tanda saja, baru kemudian saya gunakan pisau untuk memotongnya. Secara saya tidak punya cookie atau biscuit cutter dengan diameter yang saya mau. 
 
Untuk bentuknya bebas ya, ukurannya juga suka-suka, hanya memang scones ini kan tebal, jadi adonan dipipihkan tapi cukup tebal kurang lebih 2cm.

Resep kurang lebih sama dengan resep raisin chocolate oatmeal scones yang pernah saya posting sebelumnya ya...hanya yang ini pakai telur, sedikit lebih lembut daripada yang tanpa telur.
 
Berikut resep raisin scones atau scones kismis kali ini ya..
 
Raisin Scones
 
Bahan :
  • 250 gr tepung terigu protein sedang
  • 75 gr gula pasir
  • 2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 115 gr butter dingin, potong-potong kotak
  • 1 butir kocok lepas
  • 120 ml susu cair
  • 100 gr kismis
  • 1 kuning telur + 1/2 sendok teh madu untuk olesan yang sudah dicampur rata

Cara membuat :
Panaskan oven, set di suhu 190 derajat celcius. Siapkan loyang, alas dengan kertas baking (saya gunakan loyang teflon tanpa dialas lagi).
 
Di mangkuk, campur tepung terigu, gula pasir, garam, baking powder, aduk rata. Tambahkan butter dingin. Hancurkan butter dengan garpu sampai didapatkan butiran yang bercampur dengan tepung. Masukkan telur kocok, aduk rata, kemudian tambahkan susu cair secara bertahap, jika dirasa adonan sudah cukup lembut hentikan penambahan susu cair. Tambahkan kismis, aduk rata kembali. Letakkan di alas bertabur tepung, uleni sebentar hingga menyatu, lumuri tangan dengan tepung jika dirasa adonan dirasa lengket. 
 
Pipihkan adonan setebal kurang lebih 2cm, cetak dengan cookie/biscuit cutter atau bentuk sesuai selera. Bisa juga dengan membentuk seperti scones umumnya, pipihkan bundar adonan, bagi 8 bagian sama rata. Lihat link di atas untuk mengetahui gambaran membuat scones ini.
Letakkan di loyang, beri jarak karena adonan akan mengembang, oles dengan kuning telur dan madu. Panggang selama kurang lebih 20-25 menit, sampai permukaan kuning kecoklatan, tergantung oven masing-masing.

resep raisin scones mudah

Nah semoga resep raisin scones ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Yummy...
    Kismisnya menggoda.
    Jadi penasaran sama rasanya.
    Tapi harus pake mentega cap tong ya, mba? Liat aja belum pernah, heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yummy mba Ima... ga juga kok mba, pakai mentega apa saja, pengaruh hanya di rasa dan tekstur saja, tapi paling beda-beda tipislah...

      Delete
  2. Aq jg suka mba pake golden churn...enak dan terjangka, itu yg penting hehe

    ReplyDelete
  3. Diriku kalo bikin scones bentuk wedges aja. Paling gampang soalnya. Dibentuk bulat pipih trus potong pake pisau hihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi hi iya mba, gampang bentuk wedges sih ya, cuma karena sudah pernah buat yang begitu mau coba yang bentuk bundar, sedang pengen aja ha ha ha..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.