Orange Cheese Muffins



resep muffin jeruk keju

Halooo... apa kabar semua? wuih sudah jamuran ya blog saya ini, sudah lama sekali saya biarkan menganggur selama 2 minggu. Ada yang cari saya? Hmmm kemana saja saya selama ini, ada yang penasaran, hmmm tapi buat pengunjung dan komentator setia blog ini, colek mba Ima dan mba Rini sudah tahu ya saya kemana he he he..

Jadi ceritanya saya itu pulang ke Palembang, ibu saya dirawat di rumah sakit selama seminggu, jadi saya menemani beliau di rumah sakit bergantian dengan adik saya, lalu setelah pulang saya pun harus merawat beliau juga di rumah, nah tentu saja saya sama sekali tidak bisa ngeblog.

Hmmm saya minta maaf ya buat pembaca sekalian yang sudah meluangkan waktu menuliskan komentar atau pertanyaan, lama sekali baru bisa saya balas. Jadi bukan sombong ya, memang karena tidak bisa aktif ngeblog dalam masa tersebut. Okey, sekarang saya sudah di Batam, jadi blog ini semoga tidak berjamur lagi he he he..

Kemarin tepatnya saya pulang lagi ke Batam, nah tapi kemarin saya tepar, baru berasa capek sekali ya kemarin itu, di Palembang saya tidak begitu berasa capeknya. Apalagi dalam perjalanan pulang ke Batam, ada drama cuaca buruk ketika berada dalam pesawat, menambah capek badan saya.

Ketika 20 menit sebelum mendarat, pilot memberitahu kalau akan melewati cuaca buruk, jadi akan ada turbulence. Okeh deh, saya bersiap dengan kemungkinan itu, hmmm cukup membuat perut saya terkocok, digoyang-goyang oleh turbulensi. Semua penumpang terlihat tegang, dan sesekali ada yang teriak jika guncangan sangat keras. 

Wokeh drama belum berakhir, ketika sudah akan mendarat, pilot memberitahu lagi kalau pesawat tidak bisa mendarat karena terbatasnya jarak pandang. Jadi pesawat akan berputar-putar dulu di atas, entah bagaimana perasaan saya kala itu, berada di atas, di tengah cuaca buruk, dan hanya berputar-putar tanpa bisa mendarat. Perut saya sudah tidak tahan, rasa mual hebat mulai datang, ulala, rasanya sudah ingin muntah, tapi saya minum air putih saja begitu rasa ingin muntah datang. Ternyata memang rasa mual berkurang tapi akibatnya malah ingin buang air kecil he he he... harus ditahan juga kan, tidak mungkin juga saya ke toilet dengan goncangan keras begitu, lagian penumpang kan harus duduk manis dengan seat belt terpasang.

Mantap rasanya, berada di atas dengan goncangan tiada henti tanpa tahu kapan pesawat akan mendarat, mulai berkecamuk pikiran, bagaimana kalau pesawat tersebut jatuh, hmmm lalu saya berpikir, ya kalaupun jatuh masih di sekitar Batam, bukan di samudera luas antah berantah di mana pesawat hilang tanpa jejak begitu saja. 

Setelah setengah jam setelah pemberitahuan pilot bahwa pesawat akan berputar saja, akhirnya pilot mengatakan bahwa pesawat akan mendarat, alamak leganya... walaupun rasa mual tetap ada, tapi paling tidak sudah bisa lega, pesawat sudah bisa mendarat, tapi masih was-was apakah pesawat akan tergelincir, untungnya tidak.

Ah pengalaman yang cukup menegangkan. Lalu ketika sudah bertemu dengan bapak Sophie di area kedatangan, saya cerita apa yang saya alami. Lalu katanya, itu masih untung kamu setengah jam di atas begitu, what.. masih untung katanya. Dulu kan ada tuh om.... 2 jam berputar-putar di atas, bayangkan 2 jam di atas. Hmmm iya, kalau setengah jam dibanding 2 jam ya masih untung ya hitungannya he he he..

Hmmm begitulah ceritanya, lalu lanjut cerita lagi, saya tidak beritahu Sophie kalau saya pulang, mau buat kejutan ceritanya. Jadi saya jemput dia di sekolah, cukup kaget dia melihat saya, tapi dia tersenyum lebar, hmmm apa komentarnya begitu melihat saya? kok ibu sudah pulang, cepat sekali pulangnya, alamak nak, 2 minggu kok dibilang cepat, duh duh nih anak memang ya. Ah tapi dia semangat sekali cerita apa saja kepada saya.

Wokehlah, begitu ya cerita pendahuluan resep saya ini, ih ih... 2 minggu absen, tapi tenang walaupun belum masak dan bebuatan kue-kue lagi, saya masih punya stok resep, ahai.. tabungan resep ceritanya.

Nah orange cheese muffin ini saya buat untuk bekalnya Sophie, pas kebetulan ada jeruk manis dan ada keju juga, ya pasangkan saja kedua bahan ini, cocok-cocok saja, ya mirip-mirip rasa muffin lemon kejulah.

Yang ini masih tetap ya setia dengan resep muffin buttermilk. Oke.. berikut langsung ke resep ya, silakan..

Orange Cheese Muffin

Bahan:
  • 275 gr tepung terigu protein rendah atau sedang
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 2 butir telur
  • 100 gr gula pasir
  • 100 ml buttermilk (campurkan 100ml susu cair dengan 1 sendok makan air jeruk nipis atau jus lemon atau cuka, biarkan sampai menggumpal atau memadat kurang lebih selama 10 menit, takar 100ml atau gunakan saja semua)
  • 50 ml jus jeruk
  • 2 sendok makan kulit jeruk parut
  • 50 gr margarin, lelehkan
  • 75 ml minyak goreng
  • 60 gr keju edam, parut atau gunakan keju cheddar, sisakan sedikit untuk taburan

Cara membuat :
Siapkan paper cup, atau cetakan muffin. Panaskan oven set di suhu 180 derajat celcius. Di mangkuk, campur tepung terigu, baking powder dan baking soda, sisihkan. Di mangkuk cukup besar kocok gula pasir dan telur dengan garpu atau balloon whisk sampai gula mulai larut, masukkan buttermilk, jus jeruk, margarin leleh dan minyak goreng serta kulit jeruk parut, aduk rata. Masukkan tepung, aduk cepat asal rata, masukkan keju parut, aduk kembali cepat asal rata. Tuangkan ke dalam cetakan muffin 3/4 cetakan atau adonan berjarak kurang lebih 8mm dari tepi paper cup. Tata di loyang, taburi dengan keju parut, panggang selama kurang lebih 20-25 menit. Test tusuk, keluarkan dari oven dan dinginkan.

resep orange cheese muffin

Nah semoga resep orange cheese muffin ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. Horeeee..., mba Monic dah datang. Cipika cipiki dan teletubbies dulu ah.

    Alhamdulillah akhirnya mba Monic udah pulang (berarti Ibu mba Monic sudah sembuh) dan bisa ngeblog lagi serta selamat dari cuaca buruk yang terjadi di pesawat. Sangat menegangkan pasti berada dalam situasi seperti itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeayyy... iya mba Ima, sudah kembali neh... akhirnya setelah 2 minggu absen ngeblog he he he..
      iya mba ibu saya sudah jauh lebih baik keadaannya...
      hi hi hi iya drama di atas pesawat..

      Delete
  2. Replies
    1. hai mba Wise, he eh mba enak, harum keju dan jeruk neh muffinnya

      terima kasih sudah mampir ya mba.. sukses selalu mba..

      Delete
  3. Haiiii mba Monic,,,,peyuk duyu ahh! Waduhh...berdebu nih mba blognya hihihi. Ahh...syukurlah mba Monic selamat dr peristiwa yg menegangkan. Gmn dgn kondisi kesehatan ibu mba Monic? Semoga cepat pulih ya mba...

    Muffinnya keliatan sedap mba....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai mba Rini, iya peyuk peyuk duyu kita he he he... he eh mba Rini, berdebu dan berjamur deh blog ini lama sekali dibiarkan menganggur hi hi hi..
      Ibu sudah mendingan sekarang mba, jadi sudah bisa ditinggal, iya mba lega deh mba selamat dari peristiwa menegangkan di atas pesawat tersebut, asli deh tidak terlupakan he he he

      terima kasih mba Rini...

      he eh mba Rini, muffinnya berasa sekali keju dan aroma jeruknya harum...

      Delete
  4. Haiii mbaa.. apa kabar? Smoga ibunda diberikan kesembuhan n kesehatan ya mba.. amiin..

    Mba saya sudah coba resep pempek ikan tuna nya.. eehhhmmm rasanya enak mba. Kuah cuko pun pakai resep mba monic n masha allah enak sekali.. kental n pedas rasanya.. terimakasih atas resepnya ya mba.. jazakillah ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai mba Lina, apa kabar neh?
      terima kasih ya mba atas doanya..amin..

      oh iyakah sudah coba ya mba? wah senang kalau rasanya cocok di lidah mba Lina..
      he eh mba memang pedas cuko ini dan kental kalau pakai gula aren, apalagi kalau pakai gula batok

      sama-sama mba Lina..

      Delete
  5. Mba monic... great recipes. Makasi sharing2nya... enjoy baca stp intro nya.. btw... cara buat buttermilk sendiri bgmn ya mba. Tq sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba... terima kasih ya sebelumnya..
      oh iya di sini saya tidak cantumkan ya, saya update ya mba..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.