Bukan Asli Resep Ayam Pinadar khas Batak - Monic's Simply Kitchen

Thursday, September 28, 2017

Bukan Asli Resep Ayam Pinadar khas Batak



resep ayam pinadar batak
bukan asli ayam pinadar

Haloooo... wah tidak berasa ya, kita sudah berada di penghujung bulan September, berapa hari lagi sudah masuk bulan Oktober lagi, cepat sekali waktu berlalu ya... aih aih sudah berasa tua sekali neh saya. Apalagi kalau sudah datang ke sekolah Sophie, berasa sekali tuanya ha ha ha... waktu saya SD sudah terasa lama sekali.

Wokelah, walaupun bulan ini termasuk bulan yang sangat tidak produktif buat saya ngeblog, tapi mumpung ada kesempatan saya posting lagi neh. Nah kali ini saya posting resep yang bukan asli ayam pinadar khas Batak ya.  Karena katanya nih (ada yang protes di kolom komentar) kalau ayam pinadar itu ayamnya dipanggang dan bumbunya dibakar. Jadi katanya sang empunya komentar (entah siapa yang menulis komentar, menurut saya sih galak amat, biasa saja toh kalau mengoreksi orang, toh dia pun salah menulis pinadar ditulis oinadar). Namanya manusia tidak luput dari salah kan, kalau ada yang salah mbok ya beritahu secara sopan...setuju kan..  Jadi resep yang saya tulis ini bukan resep ayam pinadar ya, daripada ada yang marah, secara saya kan tidak tahu aslinya toh..jadi saya katakan saja resep ini bukan asli resep ayam pinadar ya... deal... jadi no protest ya..
 
Yang mau tahu resep aslinya dan cara membuatnya secara detail, monggo googling ya..maunya sih bertanya langsung dengan pakar ayam pinadar dengan sang empunya komentar di bawah postingan ini tapi apa daya, orangnya tidak diketahui, namanya pun tidak ada.

Hmmm sudah tahu donk ya, apa sih khasnya masakan dari tanah Batak, apalagi kalau bukan penggunaan andaliman. Uhuy.. baru di Batam saya bisa melihat bahkan memasak masakan dengan andaliman ini secara sangat mudah sekali menemukan andaliman di pasar.

Begitu juga teman-teman andaliman yang lain misalnya kincung atau kecombrang, bawang batak bahkan yang namanya asam cekala. Satu set ini biasa digunakan untuk memasak masakan khas Batak yang sampai saat ini belum mood saya coba, tak lain dan tak bukan adalah arsik. Secara saya itu kan bukan penggemar ikan mas. Jadi suatu saat saya coba tapi mungkin tidak menggunakan ikan mas, namanya bukan arsik kali ya kalau begitu, jelas namanya bukan arsik ya... kalau arsik kan menggunakan ikan mas, harus saklek.. nanti ada yang protes lagi....jiahhhhhhh

Nah kembali pada ayam pinadar ini, masakan ini sih sebenarnya sudah lama ingin saya coba, penasaran juga dengan rasanya dan sepertinya enak jika dilihat dari bahan dan bumbu-bumbunya. Ahai mumpung mudah kan mendapatkan andaliman, kenapa tidak coba buat. Lagian sekarang andaliman sedang turun harga, 5 ribu rupiah dapat banyak he he he...

Bicara andaliman, sensasi menyantap masakan berbahan andaliman ini sungguh unik, ada rasa tertinggal di lidah ketika selesai menyantapnya, sensasi kelu dan pedas di lidah.

andaliman

Nah bagaimana dengan rasa ayam pinadar yang bukan asli ini, yang bukan asli saja sedap..apalagi yang asli... Cocok dengan lidah saya yang penyuka pedas. Wah terima kasih buat mba Luluk Williams untuk resep ayam pinadar mantap ini secara saya menggunakan rujukan dari blognya mba Luluk. 
Di sini mba Luluk membakar ayamnya sebentar di atas api hanya untuk menambah aroma ayam, kemudian ayam baru dipotong-potong. Bumbunya tidak dibakar..
 
Oh iya di sini saya hanya menggunakan ayam negeri bukan ayam kampung, yang sini sesuaikan dengan selera saja.

Berikut langsung ke resep ya.. silakan...

Ayam Pinadar (Bukan Asli)

Bahan :
  • 800 gr daging ayam, saya gunakan tanpa kulit, potong sesuai selera
  • 1 buah jeruk nipis ukuran besar
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 2 sendok makan kelapa parut sangrai, haluskan
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis
  • 200 ml air
  • 1 sendok teh garam

Bahan yang dihaluskan :
  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 2 cm lengkuas
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya
  • 1 sendok teh merica butiran
  • 2 sendok makan andaliman
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 10 butir cabai rawit
  • 5 butir kemiri
  • 1 buah hati ayam
 
Cara membuat :
Bersihkan ayam, lumuri dengan air jeruk nipis secara merata, diamkan selama kurang lebih 10 menit, bilas, sisihkan. Panaskan minyak sampai benar-benar panas, masukkan daun jeruk, daun salam, tambahkan bahan yang dihaluskan masak hingga harum. Tambahkan potongan daging ayam, masak hingga berubah warna, tambahkan air dan garam, masak hingga ayam matang dan kuah menyusut, cicipi rasanya. Angkat dan siap dihidangkan.


ayam pinadar batak style
bukan asli ayam pinadar

Nah mudah kan ternyata memasak ayam pinadar yang bukan asli Batak ini, silakan mencoba ya, semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...




10 comments:

  1. Berbicara tentang merasa tua, saya juga kadang merasa sangat tua sekali ketika bertemu atau melihat anak-anak yang dulu pernah saya gendong-gendong dan sekarang mereka sudah pada gendong anak juga.

    Waduh, saya ketinggalan kereta sepertinya, heheheh.
    Lha! Kok jadi curhat ya?
    Maaf ya mba, keluar topik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha... memang perasaan menjadi tua tidak bisa kita hilangkan ya..
      ahai semoga dalam waktu dekat mba Ima juga tidak sendiri lagi ya, jadi bisa mengejar kereta he he he
      ga pa pa mba Ima..santai walaupun keluar dari topik

      Delete
  2. Aq bln pernah coba ni makannya...pasti khas ya mba rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Rini rasanya tuh unik gitu, tapi sedap mba, cobain deh mba..

      Delete
  3. ini seperti masak rendang cuma di ganti ayam kalo menurut saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mirip rendang secara garis besarnya, hanya tentu saja berbeda dengan pemakaian andaliman, rasa getir di lidah tidak ada pada rendang

      Delete
  4. itu salah masaknya, seharusnya ayam nya dipanggang dan bumbunya dibakar itu baru namanya oinadar

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah dikoreksi ya... no protest lagi.. jadi ini bukan asli resep ayam pinadar
      lain kali kalau bertamu ke rumah orang yang sopan... walaupun ini hanya rumah maya atau dapur maya saya

      toh kamu juga walaupun sederhana mengetik pinadar saja salah, kamu ketik oinadar, artinya kamu juga manusia, tidak luput dari salah

      jadi kalau orang lain salah beritahu secara sopan, pakai adab..setuju

      btw terima kasih ya koreksinya, lain kali saya akan lebih hati-hati lagi kalau mengeksekusi resep-resep khas seperti ini, jadi pembelajaran buat saya

      peace ya, no hurt feeling

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon