Sambal Bawang Bu Rudy Wanna Be


resep sambal bawang bu rudy


Jadi ceritanya neh, cabai rawit merah sedang turun harga belakangan ini, hmmm memang sudah niat sejak harga cabai turun mau buat lagi sambal bawang ala bu Rudy ini, akhirnya kemarin baru deh kesampaian. Beli cabai rawit merah 250 gr hanya seharga 8 ribu rupiah, mantap. Dulu itu ingat harga selangitnya cabai ini sampai 180 ribu rupiah perkilo.

Selain sambal bawang begini, cabai rawit merah itu enaknya dibuat sambal korek, hanya diulek dengan garam sudah cukup sedap menurut saya, apalagi kalau disiram minyak panas lagi, makin sedap. Nah kalau tanpa disiram minyak, sesudah menyantapnya maka mulut akan sangat bau bawang ha ha ha... menyingkir dulu dari orang-orang, kalaupun masih mau dekat-dekat jangan mengobrol, cukup senyum-senyum, mengangguk dan menggeleng hi hi hi...

Oh iya bicara sambal bawang bu Rudy, memang ya sambal ini cukup fenomenal, dulu saya pernah coba buat di sini sambal bawang ala bu Rudy, tapi dulu itu kan belum pernah makan versi aslinya. Kebetulan ketika ke Surabaya hampir setahun yang lalu saya sempat titip sambal bawang bu Rudy ini kepada saudara sepupu saya. Tadinya saya mau beli sendiri tapi saudara saya menawarkannya karena katanya di dekat kantornya ada yang jual sambal bu Rudy, ok deh kak, sipp kalau begitu.

Yang saya titip adalah sambal bawangnya dan sambal terasinya, dari segi rasa saya lebih suka sambal bawangnya. Hmmmm pedasnya tentu mantap ya sambal bu Rudy ini, apalagi yang tidak tahan pedas sama sekali. Menurut saya pedas tapi tidaklah sepedas sambal korek yang biasa saya buat, dower-dower deh bibir kalau makan sambal korek mentah yang saya buat. 

Oh iya sepupu saya pernah katakan, kalau sambal bu Rudy itu buat sendiri saja, goreng cabai, bawang, lalu haluskan, beri garam kemudian tuangkan minyak panas ke sambal tersebut. Katanya ada temannya yang suka buat sambal begini dan rasanya sudah sama... hmmmm kapan-kapan saya coba, tapi saya itu harus tahu dulu versi aslinya sambal bawang bu Rudy ini jadi bisa membandingkan rasanya.

Nah kesimpulannya sambal bawang yang saya buat kali ini tidak mirip 100%, sepertinya kurang asin, tapi saya tidak mau menambahkan garam lagi, dan pedasnya kurang menggigit, hmmm mungkin di sini saya agak terlalu lama menggoreng bawang dan cabai rawit merahnya, atau malah harus diberi sedikit merica ya, ha ha ha... Tapi untuk sambal rumahan sambal begini sudah mantap he he he...

Okeh deh tanpa lama-lama berikut saya tuliskan resep sambal bawang yang saya buat kali ini ya..

Sambal Bawang Bu Rudy Wanna Be

Bahan :
  • 175 gr cabai rawit merah, aneka warna, mulai dari yang hijau, merah dan orange, petik tangkai, cuci
  • 175 gr bawang merah, kupas, cuci
  • 1/2 sendok teh garam, sesuaikan dengan selera
  • 1/2 sendok teh kaldu bubuk, yang ini optional
  • 150 ml minyak goreng

Cara membuat :
Panaskan minyak, goreng cabai dan bawang utuh sampai lunak, angkat, tiriskan, biarkan hangat, kemudian haluskan kasar, di sini saya gunakan chopper. Tuangkan di wadah tahan panas, beri garam dan kaldu bubuk, sisihkan. Panaskan kembali minyak bekas menggoreng bawang cabai sampai benar-benar panas, angkat dan tuangkan ke wadah berisi sambal, aduk rata.



sambal bawang bu rudy surabaya


Nah semoga resep sambal bawang bu Rudy wanna be ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya..



Selamat mencoba....


NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. Asli ni muanteb pedesnya. Cabe cengek emang juara untuk urusan persambalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he benar mba Rina, mantap deh kalau pakai cabai rawit begini buat sambal

      Delete
  2. Btw itu gak mbledhos cengeknya digoreng utuh ?? Ngeri bayangin kebledosan cengek nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha... ga sempat mbledhos mba, sebelum mbledhos sudah diangkat duluan, kebayang kalau kebledosan kan... hi hi hi takut..

      Delete
  3. Kalau saya yang makan nih, pasti sudah hah huh hah, mengeluarkan air mata dan meler karena makan cabe lebih dari tiga aja udah nggak kuat, heheheh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he iya nih mba, kalau ga tahan cabe ya begitu deh pasti sudah hah huh hah..

      Delete
  4. Jd kebayang pengen dicocolin sm ayam panggang atau ikan bakar yess....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahai iya mba Rini, mantap ini dicocolin ayam panggang atau ikan bakar, nyam2

      Delete
  5. Mba monic apa kabar?

    Mau tanya ini sambalnya ga pakai terasi ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai mba Lina, kabar baik mba.. mba Lina apa kabar?

      yang ini ga pakai terasi mba, boleh ditambahkan terasi sesuai selera, jadi versi sambal terasi bu rudy deh.. he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.