Lumpia Isi Nasi Goreng



fried rice spring roll

Musim hujan begini kalau tidak ngemilin gorengan atau makan-makan berkuah hangat, sudah terbayang kan rasanya. Nah beberapa waktu yang lalu saya buat lumpia isi nasi goreng ini, atau bahasa kerennya fried rice spring roll.

Untuk kulit lumpia ini saya gunakan kulit spring roll persegi ukuran sedang, tapi saya lupa pastinya ukuran berapa karena bungkusnya sudah tidak ada lagi, ini stok terakhir. Kalau tidak salah sih ukuran 16cm x 16cm. Memang saya selalu menyediakan kulit spring roll di freezer siapa tahu kapan-kapan butuh. Hmmmm tapi yang ini sih lebih ke arah menghabiskan stok. Jadi saya itu bingung mau diisi apa, hmmm pas kebetulan buat nasi goreng, ya sudah isi nasi goreng saja.

Dulu juga saya pernah buat lumpia begini isi nasi kukus jamur. Nah tentu sudah terbayang kan kalau menyantap gorengan begini, kenyang pastinya he he he... Eh tapi bapaknya Sophie doyan loh, mungkin dia pikir sekalian makan nasi. Kalau Sophie biasa saja, sempat heran kok isinya nasi, tapi habis juga ketika saya bekalkan lumpia begini.

Oh iya sudah seminggu ini Sophie ada mid test di sekolah, beuh saya yang cukup repot, mana dia pas kena batuk pilek lagi. Kemarin saja tidak masuk sekolah jadi terpaksa deh test susulan. Walaupun test begini ternyata kegiatan belajar mengajar seperti biasa, walaupun jadwal test selesai jam 11.15 tapi sesudahnya belajar kembali.

Hmmmm begitu dibagikan jadwal saya sudah senang, yeay pulang jam 11.15, bisa ada tambahan waktu belajar untuk pelajaran esok harinya, tap ternyata pulang seperti biasa. Kasihan juga deh Sophie, terlihat capek.

Hari pertama test dia masih bisa masuk sekolah, belajar di rumah pun masih bisa santai. Apalagi mata pelajarannya bahasa Indonesia dan PPKn, sedikit tertolong karena Sophie masih cukup fit. Belajar juga masih sambil bercanda dengan bapaknya, misalnya ketika saya tanya ada berapa jumlah bulu dada burung Garuda? lalu dia jawab. Eh bapaknya nyeletuk, ada berapa jumlah bulu Adul (Bedul si kucing gembul)... ha.. mana bisa Pipi hitung jumlah bulunya bapak... banyak sekali jumlah bulu Adul. Lantas kami tertawa-tawa... ya begitulah, masih dibawa santai.

Besoknya sudah tidak bisa lagi, sudah lemas dan tidak bersemangat lagi belajar mungkin karena capek belajar diselingi batuk dan hidung meler he he he...Tapi hari ini dia sudah bisa masuk sekolah lagi, kemarin pun sudah bisa belajar walaupun masih sedikit malas, untungnya hanya test science dan menggambar.

Hmm kembali ke resep lumpia nasi goreng ini, di sini saya menggunakan kulit spring roll kemasan yang bisa dengan mudah didapatkan di swalayan di bagian makanan beku. Bisa saja menggunakan kulit lumpia bundar yang biasa dijual di pasar. Hanya saja saya lebih suka menggunakan kulit lumpia ini karena mudah disimpan. Contoh kulit dan kemasan boleh cuss ke link ini ya.. ekado ala-ala. Nah untuk menggunakan kulit spring roll atau popia ini ketika mau dipakai, keluarkan dari freezer, biarkan di suhu ruang sampai kulit melunak dan bisa dilepaskan perlahan satu sama lain, cepat gunakan setiap kulit, atau lepaskan beberapa kulit sekaligus baru diisi, jangan biarkan kulit terlalu lama terkena udara kalau tidak kulitnya akan keras sehingga susah digulung. Kalaupun sudah terlanjur keras, basahi tangan dengan air, lalu tepuk-tepuk perlahan kulit spring roll ini sehingga menjadi lembab kembali.

Kalau beli kulit lumpia bundar di pasar, paling tidak harus segera diolah, padahal kebiasaan saya itu ketika membeli sesuatu di pasar, tadinya mau buat lumpia misalnya, sampai di rumah eh tiba-tiba malas deh.. bisa besoknya atau kemudian hari atau entah kapan moodnya datang lagi. Nah kalau beli kulit lumpia di pasar tentu butuh semangat yang tinggi mengolahnya.

Wokeh deh, untuk gorengan jenis ini tentu saja kriuknya ketika masih panas atau hangat, ketika dingin biasanya sudah lunak. Jadi santap gorengan ini ketika masih hangat, buatnya secukupnya saja.

Sippp... berikut resepnya...

Lumpia Isi Nasi Goreng

Bahan :
  • 12 lembar kulit lumpia atau kulit spring roll atau popiah ukuran 16cmx16cm, atau gunakan ukuran sesuai selera
  • minyak untuk menggoreng
  • air untuk merekatkan kulit

Bahan isi :
  • 1 piring penuh nasi
  • 100 gr dada ayam, cincang
  • 2 butir telur
  • 100 gr sayuran beku campur, lihat cara membuat sayuran beku campur sendiri
  • 5 siung bawang putih cincang
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
Cara membuat isi :
Dengan api besar, tumis bawang putih sampai harum dan keemasan, masukkan dada ayam cincang, masak sampai berubah warna, tambahkan telur, orak-arik sampai matang, masukkan sayuran beku campur, masak sebentar, tambahkan nasi, merica bubuk, garam dan saus tiram, aduk rata dan masak hingga nasi berasa agak kering, cicipi rasanya, angkat dan dinginkan sejenak.


Penyelesaian :
Ambil satu lembar kulit spring roll, letakkan satu sendok makan atau lebih nasi goreng, lipat bentuk amplop, gulung, rekatkan dengan air ujungnya. Lakukan sampai selesai. Goreng dengan minyak yang cukup banyak yang sudah dipanaskan sebelumnya. Goreng cukup dengan api sedang kecil sampai kecoklatan. Angkat dan tiriskan.


resep lumpia isi nasi goreng

Nah semoga resep gorengan mengenyangkan ini lumpia isi nasi goreng bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...







NewerStories OlderStories Home

9 comments:

  1. Beda ya, mba, sama sekolah di sini?
    Di sini, selesai ulangan, anak-anak bisa langsung pulang.

    Duh, kasihan si Pipi yang lagi batuk pilek sampai tidak bisa ikut mid test sehari. Tapi syukurlah sudah masuk sekolah lagi. Semangat ya, Sophie.

    Saya juga kaget tadi pas baca judulnya, mba. Ternyata ada toh Lumpia isi nasi goreng? Baru liat soalnya, heheheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah enak ya mba kalau begitu, sama kayak dulu habis ulangan bisa pulang he he he...

      he eh mba, kasihan juga ya anak kalau sakit eh harus test, untung cuma sehari, kalau sampai seminggu kayak temannya, berabe emaknya he he he...

      iya, isinya nasi, benar2 ngenyangin ini, kalau lumpia sih isinya apa saja bebas, suka-suka yang buat dan suka-suka yang makan he he he..

      Delete
  2. Risol atau lumpia isi nasi gini jaminan wareg bener yah hahahah...meski isi nasi orang indonesia tetep menganggap ini snack hahahah....belum berasa makan kalo belum ngadep nasi plus lauk pauk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahai, iya benar mba Rina, oh iya jadi keingetan, mba Rina pernah buat risol isi nasi kan...
      tapi habis makan snack begini kenyangnya tahan lama eh mba hi hi hi... jadi makan normal mundur waktunya

      Delete
  3. Enak ini...makan nasi goreng kriuk2. Mba...klo mau komen pk alamat blog gmn? Aq abis update google. Pilih profile nya yg mn? *gaptekabiz

    RINI

    ReplyDelete
  4. Ok mba....dah bs pk alamat blog. Hahahaaa...dasaarrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha... mba Rini... belum sempat dibalas sudah selesai masalahnya ya... jadi sudah bisa sekarang kan ya....
      eh btw, kapan mba Rini isi blognya? pasti banyak resep yang bisa ditayangkan ya..

      Delete
  5. Ini cocok dimakan di perjalanan untuk ganjel-ganjel perut kalau lapar, kayak lemper atau lontong. Dimakan sambil menghitung bulu-bulu si Adul, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mba Eva, cocok buat ganjel perut pas lapar, bisa tahan lama lagi
      hi hi hi..mba Eva bisa aja..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.