Cake Tape Simple - Monic's Simply Kitchen

Monday, November 20, 2017

Cake Tape Simple



resep cake tape simple

Yuhuuuu... apa kabar lagi neh? postingan kedua di bulan November, gawat...bulan yang sangat tidak produktif membuat postingan. Masih diselimuti awan kemalasan he he he... malas sibuk-sibuk di dapur, bisa dihitung dengan jari di bulan ini saya buat penganan, waduh.. jadi terkadang saya melihat man teman yang posting makanan terus menerus, rasanya wah rajin sekali ya.. buat ini.. buat itu..salut sekali saya.. eits tapi saya berbesar hati...dulu saya pun bisa begitu kok ha ha ha..

Sehari bisa dua atau tiga jenis makanan baru saya proses di dapur saya. Nah sekarang masanya kumat dulu malasnya. Hi hi hi... pembelaan... Nah untungnya di masa hibernasi saat ini saya masih punya stok foto dan resep tentu saja, jadi maaf ya kalau resep ini bukanlah resep up to date dari dapur saya. Tapi walaupun begitu semoga tetap bermanfaat, siapa tahu ada yang lagi butuh, atau hanya butuh bacaan saja.. secara buat beginian sudah mahir level tinggi.

Nah kalau bicara tentang olahan tape, sudah kebayang kan rasanya kalau tape itu diolah jadi bolu atau cake.. harum dan rasanya legit khas yang membuat lidah ini tidak bisa memungkiri kelezatannya, walaupun bahan-bahan cake ini sederhana, jiahhhh...

Tapi bagi yang tidak doyan, ya tidak bisa dipaksakan juga kan. Mau kita katakan enak level tinggi pun kalau bagi yang tidak doyan tetap berada di level paling bawah dan mungkin makanan yang termasuk pantang he he he.. Tapi walaupun berbeda selera... kita tetap satu jua...wah jadi ingat Bhinneka Tunggal Ika neh.. berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Ingat pelajaran PPKn Sophie, jadi ketika mid tes, bab I adalah tentang Pancasila, jadi mulai deh tanya-tanya, jumlah bulu burung Garuda, burung Garuda mengcengkeram apa? apa tulisan yang ada di pita putih di kaki burung Garuda. Sebutkan sila-sila Pancasila.... Dasar negara Indonesia adalah... Lalu timbul pertanyaan polos.. dasar itu apa ibu? wakakak... emaknya bingung... mulai deh mencari jawaban yang sekiranya dimengerti sampai terdengar kata ohhh dari mulut kecilnya itu. 

Okeh kembali ke resep cake tape ini ya, pada dasarnya resepnya sih hanya modifikasi dari resep cake pisang simple nah hanya pisangnya ganti tape. Tapi ternyata tape saya masih terlalu dingin jadi cake tidak begitu mengembang dengan sempurna. Saya baru ingat kalau tape baru saya keluarkan dari kulkas, sudah saya rendam mangkuk berisi tape dengan air panas jadi tapenya tidak begitu terlalu dingin, tapi ternyata masih masuk kategori dingin walaupun tidak dingin sekali. Hmmm pakai loyang juga loyang yang agak lebih besar, bukan loyang biasa yang saya gunakan. Jadi cake agak pendek dan padat. Eh tapi tetap empuk kok, masih layak dimakan, tidak perlu sampai digunakan untuk melempar sesuatu kalau mengamuk he he he.

Nah apalagi di adonan dicampur keju, lalu di bagian atasnya ditaburi keju juga, beuh cocok kan kalau tape itu juga jodohnya keju.

Sippp ah.. lanjut ke resep ya... silakan...

Cake Tape
 
Bahan :
  • 225 gr tape singkong, buat sumbunya, lumatkan, campur dengan 2 sendok makan susu kental manis
  • 3 butir telur
  • 115 gr gula pasir
  • 115 gr tepung terigu serbaguna
  • 1 sendok teh baking powder
  • 75 gr margarin, dilelehkan
  • 100 gr keju cheddar parut, sisakan 40 gr untuk taburan
Cara membuat :
Campur terigu dan baking powder, aduk rata. Siapkan loyang, oles margarin taburi tepung tipis, sisihkan. Panaskan oven set di suhu 180 derajat celcius. 
Kocok telur dengan mixer kecepatan tinggi sampai mulai mengembang, tambahkan gula pasir, kocok sampai kental berjejak, kecilkan kecepatan mixer, masukkan tepung, kocok hingga rata. Matikan mixer, ambil sedikit adonan, masukkan ke dalam mangkuk berisi margarin leleh, aduk rata hingga tercampur, tuangkan kembali ke dalam adonan, aduk balik hingga tercampur rata. Masukkan tape dan keju parut, aduk rata kembali. Tuangkan ke dalam loyang, taburi dengan sisa keju parut, panggang selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang. Keluarkan dari oven, dinginkan, keluarkan dari loyang.


resep cake tape simpel

Nah semoga resep cake tape keju yang simple ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba....





8 comments:

  1. Aihhh....mba Monic, jgn males2 dunk. Gpp deh koleksi foto yg lalu2 dipublish, yg penting mba Monic sering muncul di blog. Tu mba Rina Audie lg rajin hehe 😁😁

    Bolu tape salah satu favorit jg ni, tp msh lebih favorit cake labu 😋😋😋

    Oiya, smoga mba Ima cepet sembuh ya mba...diberikan kekuatan, amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi hi iya nih mba Rini masih malas aja bawaan.. moga2 ke depan ga lagi he he he...
      mba Rini apa kabar? lama juga ga muncul...

      wah iya cake labu, enak tuh

      Delete
  2. Dilihat dari foto sepertinya enak. Teksturnya cenderung padat atau ringan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Wise, yang ini teksturnya cenderung padat mba...

      Delete
  3. Mbak Monic....apa kabar? Kangen😘😘😘😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba Yuyu... peyuk--peyuk dulu...iya kangen euy..

      mba Yuyu apa kabar?

      Delete
  4. mbak monic..gimna kabarnya? masih sibuk kh? semoga sehat selalu ya..kangen postinganmu .. huhuhu T,T

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai umm... apa kabar? hi hi hi iya nih baru sekarang bisa online.. dan baru sekarang bisa posting lagi

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.
EmoticonEmoticon