Banana Upside Down Cake versi Simple



resep upside down banana cake

Haluuuuuuuuuu... I'm back, duh duh.. sudah lama sekali rasanya saya off ngeblog neh.. apa kabar pembaca semua? wah maaf ya kalau bolak-balik ke sini tapi belum ada postingan baru saja. Hmmm semoga mood saya ngeblog tidak hilang lagi.

Ahai ternyata kita berjumpa lagi di tahun 2018 ini, duh lama sekali ya, akhir Januari baru ada konten pertama di tahun 2018 ini, padahal biasanya di awal tahun sudah ada konten terbaru. Hmmm tidak berasa juga, Monic's Simply Kitchen sudah berumur 4 tahun neh, wah wah.. sudah 4 tahun saya ngeblog, semoga bermanfaat ya apa yang tersaji di dapur maya saya ini.

Terima kasih buat pembaca setia, pembaca yang baru mampir yang sudah meluangkan waktu membaca konten di blog saya yang sederhana ini. Semoga betah ya, maaf kalau sudah 2 bulan ini pemiliknya menghilang, he he he...

Tugas sebelum posting, membalas komentar yang masuk... banyak juga ternyata...he he he... maafkan ya para pembaca sekalian, lama sekali komentarnya baru bisa saya tampilkan dan balas... semoga tidak kapok ya meninggalkan komentar di sini... tapi saya selalu usahakan balas kok, sebelum atau berbarengan dengan postingan terbaru, komentar akan saya balas, tapi maaf kalau komentarnya masuk ke spam, biasanya kalau saya lupa cek spam, komentarnya akan lebih lama saya balas.. jangan kapok ya he he he....

Sebenarnya memang sih mood saya hilang, tapi belakangan ini sudah berangsur-angsur datang kembali moodnya, sudah mulai bebikinan, walaupun tidak banyak resep baru. Nah beberapa hari yang lalu saya buat upside down banana cake ini, biasalah ya memanfaatkan stok pisang yang sudah matang. Biasanya sih Sophie itu suka makan pisang, tapi ketika beli pisang kali ini dia sama sekali malas menyantapnya, saya juga malas, ya sudah deh sampai akhirnya kulit pisangnya sampai berbintik, padahal cukup banyak pisangnya neh.

Ahai kepikiran buat cake begini, secara sebenarnya dari dulu mau buat cake pisang begini tapi belum terwujud saja, hmmm lihat stok bahan, ada semua, lanjut mang...

Buat cake ini pakai mixer Bosch MUM 44R1, hmmmm ternyata banyak juga yang tanya review tentang mixer satu ini, lewat fb, lewat instagram dan lewat komentar di blog ini, padahal saya sudah review sedikit tentang mixer ini di postingan saya sebelumnya mixer bosch. Memang sih saya belum cukup sering menggunakan mixer ini, baik ngeroti atau ngecake, jadi belum menguasai sekali karakter mixer ini. Hmmmm tapi bisa dikatakan kalau untuk ngeroti mixer ini tangguh ya, tidak panas, dan adonan kalis elastis dengan permukaan transparan bisa didapatkan dengan mudah tanpa capek. Sedikit ribut mixernya, tapi masih wajar, apakah bergoyang, iya sedikit ketika ngeroti, tapi tidak ketika ngecake, tapi mixer ini tertahan oleh karet yang terdapat pada bagian bawah yang melekat dengan dasar kita meletakkan mixer.

Enaknya menggunakan stand mixer kita bisa melakukan pekerjaan sambilan ketika menunggu bahan diproses di mixer. Nah kurang puasnya saya ketika ngecake versi butter cake adalah saya harus memberhentikan sejenak mixer untuk membuat adonan tidak menempel di mangkuk mixer, ini saya lakukan dengan spatula, tapi hanya satu atau 2 kali saja, selebihnya mixer akan bekerja dengan normal dan adonan bisa dengan rata diproses. Inilah bedanya dengan hand mixer, tangan kita bisa mengarahkan pengaduk ke segala arah mangkuk.

Wokeh kembali ke resep banana upside down cake ini, resep ini resep simple cake tipe butter cake. Di mana tipe butter cake adalah butter ataupun margarin dikocok bersama gula pasir terlebih dahulu, baru tambahkan telur satu persatu kemudian baru deh tepung. Dan tipe cake ini walaupun lembut tapi padat dan tentu saja lebih berlemak rasanya karena penggunaan butter yang lebih banyak dibandingkan tipe sponge cake.

Untuk cake ini saya tidak menggunakan tambahan zat aditif, tapi eits jangan salah cake ini tetap mengembang kok dan tentu saja tetap lembut walaupun padat. Dan rasanya bagaimana, duh kalau saya katakan sedap sekali, aroma pisangnya itu belum lagi legitnya dari lapisan pisang karamel di bagian bawahnya itu, aih aih satu potong kurang deh.

Nah di sini untuk cakenya saya menggunakan palmia royal, secara saya kehabisan butter, nah butternya hanya cukup untuk lapisan karamel saja. Untuk pisangnya saya menggunakan pisang cavendish del monte, kalau di sini di penjual buah dikatakan pisang ambon Filipina. 

Okeh, lanjut ke resep ya... silakan..

Banana Upside Down Cake
untuk loyang tulban diameter kurang lebih 20cm

Bahan cake :
  • 200 gr butter atau margarin
  • 160 gr gula pasir
  • 4 butir telur
  • 200 gr tepung terigu protein rendah
  • 250 gr pisang cavendish atau ambon atau pisang manis lainnya tanpa kulit, haluskan 

Lapisan bawah :
  • 4 sendok makan butter atau margarin, lelehkan
  • 6-8 sendok makan gula palem
  • 2 buah pisang cavendish, iris melintang ketebalan kurang lebih 8mm

Cara membuat lapisan karamel :
Campur jadi satu gula palem dan butter leleh yang masih hangat sampai gula meleleh dan tercampur rata, adonan ini agak kental.


Cara membuat :
Siapkan loyang, oles butter tipis, taburi tepung tipis, tuangkan lapisan karamel di loyang secara merata, tata potongan pisang di loyang, di sini saya hanya tata 1 lapis saja. Sisihkan.
Kocok butter atau margarin dan gula pasir sampai pucat, masukkan satu telur, kocok lagi hingga rata, masukkan telur berikutnya, begitu seterusnya, masukkan pisang, kocok hingga rata, kemudian kurangi kecepatan mixer, masukkan tepung, mix sebentar sampai rata, matikan mixer, aduk kembali sebentar dengan spatula. Tuangkan adonan ke loyang yang berisi lapisan pisang karamel, ketuk loyang perlahan untuk mengeluarkan udara terjebak dan panggang dengan suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 30-35 menit tergantung oven masing-masing (catatan : oven sudah dipanaskan terlebih dahulu).


resep simple banana upside down cake

Nah semoga resep banana upside down cake ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya....



Selamat mencoba....





NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. Horeeee....
    Akhirnya mba Monic ngeblog lagi.
    Baru juga mau tanya kabar, eh... Udah muncul orangnya, hehehe...
    Cipika cipiki dulu deh.
    Semoga mood ngeblognya semakin membara ya, mba. Sehat selalu buat mba Monic sekeluarga.

    Wow, cake ini pasti enak banget. Liat fotonya aja udah ngiler, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hore... semoga tidak menghilang lama2 lagi he he he...

      ahai..semoga semakin membara ha ha ha..
      iya mba Ima, enak banget loh cake ini, apalagi bagi pecinta pisang mantap..

      Delete
  2. Ahaiii !!! Sudah diupdate nih blog. Kangen deh sama mb Monica *LopeLopeIcon* Mb Monica off ngeblog, Rini Medan ikutan menghilang, huhuhu....duuuuhhh rindu akyuuu.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi hi iya neh mba Rina, mulai ngeblog lagi neh diriku.. semoga tidak malas lagi ahai...

      he eh mba Rini kemana ya, kok ikutan menghilang.. duh duh kembalilah mba Rini..

      Delete
  3. Pisang emang enggak ada abisnya ya mbaa, selalu ada aja yang bisa dikreasikan dengan pisang. Resepnya simple, semoga saya bisa coba buat (karena enggak pinter bikin kue :D)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai hai mba Baiq, he eh mba olahan pisang memang ga ada habisnya dan tentu saja selalu enak he he he...
      iya mba resep ini simple banget, semoga sukses ya mba kalau coba resep ini... ahai mba Baiq merendah neh... sukses mba

      Delete
  4. Selamat datang mba monic, sehat slalu y mba bolak balik nganti Blog kol sepi hehehe... Semangat mba - - anni--

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba Anni... terima kasih mba Anni.. he eh neh.. sedang mengumpulkan semangat ini...uhuy

      Sukses buat mba Anni

      Delete
  5. Alhamdulillah kalo sehat.. hehe..
    Akhirnya yg ditunggu nongol..
    😘😍

    Pisang emang bisa dibikin apa aja ya.. kayaknya enak banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi hi iya umm..akhirnya nongol ya... he eh pisang mah banyak banget jenis olahannya dan sedap pastinya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.