Resep Fruit Cake Simple



resep fruit cake simple

Haloooo... wah sudah akhir Januari lagi neh, cepat sekali waktu berlalu ya... tetiba sudah akhir bulan lagi, lanjut lagi awal bulan berikutnya, begitulah ya.. waktu berlalu. Hmmm di akhir bulan ini saya posting resep cake buah atau fruit cake versi simple saja. 

Namanya juga emak-emak ya yang hobi buat penganan dan tentu saja hobi mengumpulkan bahan mentah yang siap diolah kapan saja. Jadi walaupun akhir bulan lanjut buat penganan... kalau dulu beda waktu status masih anak kos, baik itu masih kuliah ataupun sudah kerja. Akhir bulan itu tandanya harus hemat, sebelum dana di rekening terisi kembali...ahai.. colek mba Ima yang posting resep ekonomis yang cocok di akhir bulan.

Dulu pun waktu di awal kerja di Batam, akhir bulan benar-benar menghemat, jadi sarapan cukup dengan nasi dan tahu goreng 2 biji. Pas kebetulan yang punya kos jualan di bawah, setiap pagi selalu membuat gorengan. Nasi selalu tersedia di rice cooker jadi nasi putih hangat dan tahu goreng sudah cukup mengganjal perut sampai waktu makan siang tiba.

Nah buat cake ini ceritanya memanfaatkan bahan di dapur saja, eits saya teringat ada buah kering yang saya beli akhir tahun lalu. Hmmm buat apa neh? akhirnya kepikiran buat cake buah kering saja, mirip-mirip english fruit cake begitu maunya, tapi berhubung mau yang versi simple, ya sudah buat fruit cake ala-ala sendiri deh. Selain menggunakan buah kering campur yang bisa dibeli di toko bahan kue, saya juga menggunakan biji labu dan biji bunga matahari, kebetulan ada stoknya. Silakan gunakan kacang-kacangan jika suka.

Resepnya sih mirip-mirip resep topo map love cake, dan versi lebih sederhana dari cake ini adalah cake buah kering yang pernah saya posting sebelumnya juga di blog ini. Di resep topo map love cake cairannya menggunakan susu cair, nah cake buah kali ini menggunakan jus apel kemasan. Jus apel bisa juga diganti dengan jus jeruk ya, berhubung adanya cuma jus apel ya sudah pakai yang ini. 

Di sini saya menggunakan loyang bundar diameter 20cm, wuih jadi lebih lama memanggangnya, secara mematangkan bagian tengahnya agak lebih lama, beda dengan loyang tulban, waktu bisa dipangkas lebih pendek deh. Karena saya tidak ada loyang tulban ukuran besar jadi loyang bundar ini menjadi pilihan. 

Cake ini ketika keluar dari oven kemarin, duh duh harumnya itu memenuhi rumah, sampai-sampai Sophie pulang sekolah ribut, harum... harum.. ibu buat apa? kok harum sekali nih begitu katanya..lalu saya jawab fruit cake eh  minta mencicipi cakenya, eits berubah pikiran, mau makan nasi saja, lalu sampai hari ini dia lupa mencicipi cake ini.

Wokeh deh, sekarang lanjut ke resep ya, silakan gunakan loyang sesuai selera tentu saja sesuaikan waktu panggangnya dengan ukuran loyang, sippp...

easy simple fruit cake

Temukan jenis cake buah versi kukus yang tentu saja tidak kalah sedapnya di sini.. cake buah kukus.

Fruit Cake

Bahan :
  • 250 gr butter atau margarin (saya menggunakan blueband cake n cookie)
  • 225 gr gula pasir
  • 5 butir telur
  • 300 gr tepung terigu protein rendah (atau bisa gunakan protein sedang)
  • 125 ml jus apel kemasan (saya menggunakan merk buavita)
  • 250 gr buah kering campur (sisakan sedikit untuk taburan)
  • 50 gr biji labu (sisakan sedikit untuk taburan)
  • 50 gr biji bunga matahari (sisakan sedikit untuk taburan)

Cara membuat :
Siapkan loyang, oles butter/margarin tipis, tabur tepung tipis, sisihkan. Kocok butter/margarin dan gula pasir hingga mengembang dan pucat dengan mixer kecepatan tinggi, masukkan satu butir telur, kocok hingga rata, demikian seterusnya. Kurangi kecepatan mixer, masukkan sebagian tepung terigu, tambahkan jus apel, kemudian masukkan sisa tepung, kocok kembali hingga rata. Matikan mixer, masukkan buah kering, biji labu dan biji bunga matahari, aduk dengan spatula hingga rata. Tuang ke dalam loyang, hentakkan loyang perlahan. Taburi dengan bahan taburan. Panggang di oven suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 45 menit sampai matang, lakukan test tusuk (sesuaikan oven masing-masing dan jenis loyang yang digunakan, catatan : oven sudah dipanaskan sebelumnya). 


resep cake buah panggang simple

Nah semoga resep fruit cake simple yang sangat mudah dibuat ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Nasi dan tahu goreng masih di atas kelasnya daripada nasi dan telur dadar yang cuma pake garam doang, mba. Hehehe...

    Belum pernah makan cake yang pakai jus buah apel. Jadi penasaran deh. Minta sepotong masih ada, mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha... masih di atas ya kelasnya tahu goreng..

      penasaran ya.. enak ini.. masih banyak mba Ima.. mau.. dengan senang hati kalau mba Ima mau sepotong, dua juga boleh he he he

      Delete
  2. pas banged nih dimakan pas lagi hujan... beuh....
    pengeeeen... ^^ tampilannya menggugah selera..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahai iya neh benar enak dimakan pas hujan, jangan lupa teh atau kopi mas..makin mantap deh..

      terima kasih ya..

      Delete
  3. Ditambah jus apel, aduh betapa nikmatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he iya mas.. enak ada jus apelnya

      Delete
  4. Sedep yah fruit cake gini ? Belum nyobain diriku hihihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedap mba... cobain mba, rame rasanya he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.