Ayam Panggang Coca-cola & Potato Wedges



resep ayam panggang coca cola

Halo... jumpa lagi, apa kabar semua? semoga baik dan sehat selalu ya...nah hari ini saya posting resep ayam panggang coca-cola dan potato wedges dulu ya, menu makan siang tadi. Sudah beberapa hari yang lalu memang berniat buat ayam coca-cola ini. Coca-colanya sendiri sudah saya beli beberapa hari yang lalu, simpan dulu di kulkas.

Waktu beli duh, duh ada yang ribut, buat siapa coca-cola, dengan pandangan penuh harap kalau itu buat dia, ahai ternyata emaknya katakan kalau mau dimasak dengan ayam, sedikit kecewa tapi tetap berharap, boleh tidak Pipi minta sedikit nanti? boleh.. tapi sedikit ya.

Nah beberapa hari sudah berlalu sejak beli coca-cola itu, Sophie tanya kapan mau buat ayamnya? akhirnya baru tadi deh saya sempatkan buat. Wah senangnya dia ketika saya minta dia mengeluarkan botol coca-cola dari kulkas. Langsung katakan, Pipi minta 2 teguk ya, oh tidak boleh langsung dari botol ya begitu jawab saya, lalu saya tuang di gelas. Langsung disambut gembira oleh Pipi dan langsung diminum, bahkan ketika sudah habis dia tetap menunggu sampai habis tetesan di gelasnya itu, lalu dia katakan, aduh enaknya... he he he...

Lalu dia menunggu proses membuat ayam coca-cola ini, bolak-balik menanyakan kapan matang, lalu katakan sepertinya Pipi sudah tidak sabar lagi nih, Pipi mau makan. Memang sih dia sudah lapar, dibilang makan dulu dengan yang lain dia tidak mau. Lalu untungnya saya sudah membuat potato wedges, jadi sebagai pengganjal dia makan itu dulu.

Begitu sudah matang, dia juga harus bersabar sebentar lagi karena ayamnya masih harus difoto, ahai begitulah ya kalau punya emak yang punya food blog, anak harus sabar, untungnya memang anaknya sabar dan memang sudah mengerti tentang proses foto-foto ini, bukan sekali ini, sudah lama emaknya begini he he he...dan potato wedges pun diberi lagi untuk dia sebagai pengganjal. Tapi kali ini emaknya gerak cepat, foto seadanya, ya seperti biasa juga sih foto seadanya. Dan tidak lama, Sophie bisa menikmati ayam coca-cola yang sudah ditunggunya.

Hmmm bagaimana sih rasanya ayam coca-cola ini, tentu saja rasanya manis ya.. nah karena ini buat Sophie jadi tadi saya tidak memasukkan saus sambal ekstra hot atau memasukkan irisan cabai rawit, hanya saus sambal manis / sweet chili sauce.

resep potato wedges

Ayam coca-cola ini saya menggunakan bagian paha tanpa kulit. Saya panggang dulu ayamnya yang sudah dicampur dengan garam, merica bubuk dan minyak. Panggang selama kurang lebih 30 menit. Kemudian keluarkan dari oven, celupkan ke saus coca-cola yang sudah disiapkan sebelumnya, panggang kembali sampai terlihat mengering. Keluarkan dari oven, balik dan beri saus lagi di ayamnya, panggang lagi, keluarkan lagi, balik, beri saus lagi dan panggang sampai saus terlihat mulai mengental. Agak ribet ya sepertinya he he he... tapi kalau dilakukan tidak begitu ribet kok.

Nah sisa saus dipanaskan kembali sampai lebih mengental, sajikan ayam dan potato wedges ini dengan sausnya.


Okey deh, berikut resep ayam coca-cola dan potato wedges yang saya buat ya... silakan... oh iya dulu saya pernah posting resep potato wedges panggang, silakan kalau mau melihat-lihat ya..

Ayam Coca-cola 

Bahan :
  • 750 gr paha ayam tanpa kulit (silakan gunakan kulitnya jika suka)
  • 1 buah jeruk nipis
  • 2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan minyak
  • 6 tangkai seledri (optional)

Bahan saus :
  • 5 siung bawang putih cincang
  • 3 cm jahe parut
  • 300 ml coca-cola
  • 4 sendok makan saus tomat
  • 3 sendok makan saus sambal
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan madu
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
Cuci bersih ayam, kucuri dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 10 menit, bilas. Lumuri dengan garam, merica dan minyak, letakkan di loyang teflon atau loyang beralas alumunium foil atau loyang yang sudah dilumuri minyak. Panggang di oven suhu 200 derajat celcius selama kurang lebih 30 menit, di mana menit ke-15 balik ayam, panggang kembali.

Sementara memanggang ayam, kita siapkan saus : tumis bawang putih sampai keemasan, masukkan jahe, tumis sampai harum, tuangkan coca-cola, masukkan saus tomat, saus sambal, kecap asin, gula pasir dan madu, aduk rata dan masak hingga sedikit mengental. Cicipi rasanya. Angkat dan sisihkan.

Ketika ayam sudah selesai dipanggang, keluarkan dari oven, celupkan ke dalam saus, tata di loyang yang sudah diberi daun seledri tangkai di dasar loyang, panggang sampai terlihat saus mengering, kemudian keluarkan dari oven, balik dan beri saus lagi, panggang lagi sampai saus mengering, keluarkan dari oven, balik kembali dan beri saus kembali, panggang sampai saus terlihat mengental, keluarkan dari oven dan siap dinikmati dengan pelengkap berupa potato wedges, kacang polong rebus dan saus coca-cola yang sudah dimasak kembali.



Potato Wedges

Bahan :
  • 4 buah kentang ukuran sedang
  • 2 sendok makan olive oil
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh paprika bubuk atau gunakan cabai bubuk atau bisa diskip
  • 1 sendok teh oregano kering 

Cara membuat :
Cuci bersih kentang, sikat kulitnya sampai bersih kotoran pada kentang. Bagi 6 bagian memanjang, sisihkan sebentar. Di mangkuk campur semua bahan, aduk rata, tambahkan kentang dan aduk rata sampai kentang terlumuri dengan bumbu. Letakkan di loyang teflon atau loyang beralas alumuniun foil atau loyang beroles minyak. Panggang di oven suhu 200 derajat celcius selama kurang lebih 20-30 menit sampai matang.


ayam coca cola potato wedges

Nah semoga resep ayam coca-cola dan potato wedges ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba....




NewerStories OlderStories Home

14 comments:

  1. Ayam bakar ayam kesukaan uhh bikin ngiler mba ,mengunggah selera di tambah saus plus nasinya anget minum nya es dah lengkap mba tinggal disajikan :D hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iya benar mas... ditambah minum es makin lengkap sudah ya he he he...

      Delete
  2. wihhh..pengen banget nih ngerasainn ayaam panggang coca-cola nyaa....liatnya duhh bikin ngilerrr..hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mas Yuli dicobain buat... atau minta buatin he he he...

      Delete
  3. Hmmmmm resep ayam panggang
    Bikin malasku hilang
    Jadi giat masak untuk makan siang
    Dengan resepmu pasti nikmat dan bikin senang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahai mba Anis... bisa aja mba berpuisi...he he he

      ayam panggang pun dijadikan puisi, master puisi mba Anis

      Delete
  4. penasaran rasanya, kelihatan sangat menggugah seleraa, trims resepnya, bisa dipraktekin sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas, semoga tidak susah ya kalau dipraktekkan sendiri, sukses mas..

      terima kasih sudah berkunjung ke sini ya mas

      Delete
  5. kalau saya sih sampai ngences saat lihat potato nya itu, pasti gurih banget mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Ibrahim.. he eh mas itu potatonya gurih mas..
      anak saya suka sekali dengan kentang panggang ini

      terima kasih sudah mampir ya mas

      Delete
  6. Hahaha...
    Kebayang tuh Pipi menghabiskan Coca Cola sampai tetes terakhir. Trus harus nungguin emaknya foto-foto dulu. Jadi ingat ponakan di kampung yang juga sering begitu saat saya lagi foto-foto.

    Liat resep kentang goreng yang ada oreganonya, jadi ingat Oregano dari mba Monic yang belum pernah saya buka apalagi coba. Duh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha iya, sampai tuh gelas dimiringkan dan ditepuk2 supaya turun tetesan coca-colanya...

      ah iya Zahra dan Oi' ya yang selalu menunggu kapan ini makan hasil karya tantenya, foto2 terus dulu ya...he he he//

      he eh kapan tuh kira2 oreganonya dipake? jangan2 sudah expired lagi ya he he he

      Delete
    2. Pipi Pipi...
      Iiihhhh... menggemaskan sekali kamu nak.

      Iya, mba. Kalau mau minta kirim ke sini belum tentu juga saya bisa pake.

      Delete
    3. hi hi hi iya ada aja kelakuan Pipi nih..

      iya ya belum tentu bisa dipake ya... semoga aja belum expired ya.. kalau expired nanti dikirim lagi aja he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.