Chocochips Cookies with Sprinkles



resep chocochips cookies renyah

Halo... sudah berapa hari saya menghilang lagi he he he... jadi kebiasaan neh, padahal rencana akhir minggu lalu saya mau posting, ealah tertunda terus. Akhirnya saya sempatkan hari ini posting resep lagi. Nah minggu lalu saya buat chocochips cookies dengan taburan ini, pesanan anak perempuan tercintah.

Sudah lama sih dia pesan, hanya baru kesampaian minggu lalu buatnya. Ceritanya beberapa waktu lalu kami ke toko bahan kue yang cukup jauh dari rumah, iseng sebenarnya, cari biji labu, biji bunga matahari, blackcurrant dsb, hmmm ada yang kepincut dengan chocochips dan sprinkle atau taburan gula hias yang dijual di toko tersebut. Minta dibelikan lalu dengan pesan, nanti Pipi mau dibuatkan kukis ya pakai sprinkle dan chocochips ini. Okeh.. begitu jawab saya. Sudah sering ditagih tapi ada saja alasan saya he he he..

Akhirnya kasihan juga deh... lawan rasa malas...pakai bahan yang ada saja di rumah. Akhirnya saya memutuskan buat kukis pakai resep yang dulu pernah saya buat juga, karena saya tidak mau begitu ribet dan sedang tidak ada butter juga, tapi mau kukis yang renyah, ahai.. pakai resep ini deh. Buatnya ketika Sophie sekolah, pulang dia sekolah baru siapkan celupan coklatnya dan tentu saja bagian serunya adalah biarkan Sophie menaburkan sprinkle sesukanya dia.

Nah berhubung buat kukis ini cuaca di Batam sedang panas-panasnya, coklat susah keras di suhu ruang, jadi saya masukkan ke dalam kulkas dulu. Jadi maklum neh kalau coklatnya agak berembun gimana gitu ya. 

Sesi foto-foto yang tidak pakai lama dan tidak pakai ribet, tidak pakai properti dan tidak juga atur-atur cahaya apalagi pakai reflektor yang sudah sangat lama sekali tidak pernah saya gunakan lagi proses foto yang banyak pernak-pernik begini, jadilah foto sederhana ala Monic.

Dan ternyata anak perempuan gembul Pipi Sophie mau tangannya juga ikutan difoto, jadilah tangannya saya jadikan model buat pegang kukis yang sudah dipatahkan buat memperlihatkan tekstur si kukis ini. Pesan saya ke dia, pegang begini, jangan gerak tangannya, ha ha ha.. mau saja dia, walaupun ada beberapa foto tampak blur karena tangannya bergerak.

resep chocolate cookies

Habis foto-foto, Sophie langsung minta kukisnya, dia makan satu, lalu dia bilang enak, mau satu lagi, eh ternyata mau satu lagi, jadi langsung habis 3. Enak sih begitu katanya lagi, mungkin dia merasa puas juga karena ikut andil membuat kukis ini.

Hari Jumat lalu dia sudah bawa bekal ini, tadi pagi dia bawa lagi secara masih cukup banyak kukisnya. Sebenarnya dia itu paling malas kalau bawa bekal berulang, sampai-sampai dia protes kenapa bawa kukis lagi, kan sudah pernah, seperti teman Pipi donk, dua kali bawa donat. Aih aih bisa saja nih protesnya. Tapi saya katakan kalau kukisnya masih banyak, kalau tidak dibawa bekal siapa donk yang menghabiskan, akhirnya dia mengangguk.

Okelah... kepanjangan deh cuap-cuap saya, berikut langsung ke resep ya.. beda tipis dengan resep chocochips cookies yang ini.

Chocochips Cookies with Sprinkles

Bahan :
  • 180 gr margarin (saya gunakan blueband cake n cookie), lelehkan dinginkan sejenak
  • 200 gr tepung terigu protein rendah atau sedang
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 2 sendok makan susu bubuk
  • 1 sendok teh baking powder
  • 5 sendok makan gula halus (saya gunakan gula pasir yang diblender)
  • 2 kuning telur
  • 100 gr chocochips
  • 50 gr dark cooking chocolate untuk celupan
  • gula hias tabur sesuai selera

Cara membuat :
  1. Panaskan oven, set di suhu 160 derajat celcius
  2. Di mangkuk, campur tepung terigu, gula halus, susu bubuk, maizena, baking powder, aduk rata dengan balloon whisk atau sendok
  3. Beri kuning telur, aduk rata kembali hingga tepung bergerindil, lalu perlahan tambahkan margarin cair sambil diulen hingga kalis (ulen dengan tangan sebentar saja asal rata dan perlahan saja)
  4. Tambahkan chocochips, campur hingga rata
  5. Bentuk adonan sesuai selera (ambil sedikit adonan, bulatkan lalu pipihkan)
  6. Susun di loyang bersemir margarin (beri jarak karena adonan akan melebar dan mengembang)
  7. Panggang selama kurang lebih 20 menit hingga matang (atau sesuaikan dengan oven masing-masing dan besar kecil cookies)
  8. Keluarkan dari oven dan dinginkan
  9. Lelehkan coklat dengan cara ditim, celupkan setengah bagian kukis ke dalam coklat leleh, letakkan di alas alumunium foil, taburi dengan gula hias, biarkan coklat mengeras (masukkan kulkas sebentar)
  10. Simpan di wadah kedap udara

resep chocochips cookies


Nah semoga resep chocochips cookies kali ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Diriku kok berasa mau lebaran ya hahahah.....asli deh sampai sekarang kok gak mood bikin kukis yah. Meski hobi baking tapi bikin kukis malessss banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi hi... kukis identik dengan hari raya sih ya mba,...

      mungkin itu mba yang buat males, buatnya satu-satu itu, susun di loyang, panggang, memang agak ribet, beda dengan buat cake

      dulu ya gitu mba, paling males buat kukis, duh berat rasanya, apalagi kalau sudah dibandingkan dengan proses buat cake, mending buat cake deh he he he..

      sekarang, buat kukis ya kalau mood..

      Delete
  2. Mba Monic seperti jaringan nih yang suka hilang timbul tenggelam apalagi dikala hujan. Hehehe...

    Duh, senangnya Sophie akhirnya dibuatkan kukis juga. Ikut menaburkan sprinkle lagi. Trus ikut foto-foto juga. Mana menggoda nian pula fotonya.

    Kalau masih banyak dan Sophie udah bosan atau minta kue yang lain, kukisnya buat saya aja, mba, hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iyakah mba Ima..jaringan hilang timbul ya... masih suka hujan di sana? duh batam belum hujan lagi nih.. panas..

      iya dia senang sekali loh mba.. aih mba Ima mau.. sini..sini.. masih banyak juga loh, belum habis neh..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.