Gulai Tauco Bumbu Iris



gulai tauco minang

Sudah siang, sudah pada makan siang belum? makan siang pakai apa kakak? apapun makanannya, tetap semangat ya.. hayo mau bilang apapun makanannya minumnya teh botol sosro ya..he he he... eh tapi memang enak sih habis makan minum teh botol sosro, walaupun teh merk apa juga bisa dan tetap enak.

Kalau di Batam nih, minuman terkenal dan merakyat adalah teh obeng, hi hi hi.. teh apa tuh teh obeng. Lucu memang kalau pertama kali dengar, saya saja ketika pertama kali ke Batam dan mendengar istilah ini kok aneh ya, kasak kusuk tanya teman, apa tuh teh obeng, oalah ternyata adalah es teh. Lalu kalau teh hangat disebut teh-o, kopi hangat disebut kopi-o. Hmmm kalau es kopi apa disebut kopi obeng? belum ada yang mencantumkan minuman kopi obeng ini di sini.

Panas-panas di Batam minum teh obeng, oalah enaknya, segar.. es batunya itu loh yang buat tambah segar, es batu bentuk tabung berlubang tengah. Kalau Sophie sudah diajak minum teh obeng, kalau tehnya sudah habis, suka sekali makan es batunya, karena bolong ditengah jadi dia juga bisa bermain-main dengan sedotannya itu memasukkan sedotan ke lubang es batu.

Uppsss kembali ke gulai tauco dulu ya, nah kemarin saya masak gulai tauco ini, bahan yang terpikirkan dan tersedia di dapur saya masukkan semua, tadinya mau ditambah tempe juga, tapi terlalu penuh sepertinya muatannya, jadi saya urungkan niat tersebut. Bapaknya Sophie malah bertanya, udangnya mana? secara dia melihat saya membersihkan udang sebelum memasak, tapi karena terlalu banyak muatan gulai ini, saya berpikir ya sudah udangnya buat dimasak apalah nanti dipikirkan. Ealah protes, langsung deh katakan, kamu itu terlalu pelit, kenapa udangnya tidak dimasak juga? janganlah terlalu pelit sama babang sendiri, begitu candanya. Saya tahu dia sudah cukup senang dengan gulai tauco ini karena ada petenya, ini yang buat enak gulai tauco.

Gulai tauco ini agak kemerahan karena memang tauconya agak gelap dan kemerahan, saya beli tauco di pasar. Biasanya saya pakai tauco botolan yang beli di swalayan. Kalau dari segi rasa tauco swalayan rasanya tidak seasin tauco pasar. Saya katakan ke bapaknya Sophie, bagaimana, penampakan kuahnya sudah mirip dengan lontong sayur gulai tauco yang biasa beli di si uda itu kan?

Memang kalau beli lontong sayur, ada satu langganan favorit, lontong sayur Minang, yang jual orang Minang asli, dengan varian gulai paku (pakis), gulai nangka dan gulai tauco. Gulai tauonya sederhana saja, isinya hanya buncis, wortel dan rimbang atau tekokak atau nama lainnya terong pipit. Mirip leunca tapi beda. Hmmmm penasaran dengan bentuk rimbang ih, cusss yuk ke resep gulai tauco ikan khas Minang, di sana saya gunakan rimbang di gulainya.

Tadinya saya berniat menggunakan rimbang juga, karena saya ingat saya masih simpan rimbang di kulkas, ternyata rimbangnya sudah menghitam, tanpa saya periksa lagi, ya iyalah ya, sudah seminggu lebih di kulkas. Jadinya batal deh saya pakai tuh rimbang.

Nah pada dasarnya gulai tauco kali ini mirip sekali dengan resep gulai tauco ikan khas Minang yang pernah saya posting sebelumnya, hanya kali ini saya menggunakan bumbu iris, lebih simpel cara membuatnya.

Oh iya, selain gulai tauco khas Minang, saya pun pernah membuat sambal tauco khas Medan, nah yang ini tak kalah sedap, cusss klik linknya kalau mau tahu dengan resepnya ya. Sambal tauco khas Medan ini biasanya dijual sebagai pendamping nasi lemak, itu nasi lemak di Batam ya, jadi biasanya judul kedainya nasi lemak khas Medan.

Untuk ikannya sendiri di sini saya menggunakan ikan benggol, sebutannya di Batam, kalau di Palembang beda lagi, sebutannya ikan sarden. Nah di Medan, colek mba Rini di Medan yang mengatakan kalau di sana sebutannya ikan Dencis, atau juga ada yang menyebut ikan layang. Bentuknya bagaimana, sayangnya saya tidak foto ikannya dalam kondisi belum dimasak, upss di foto gulainya tidak nampak jelas ya. Yang belum tahu bentuk ikannya, cusss silakan ke link ini pempek kulit ikan benggol.

Ikan ini adalah favorit saya selain ikan tongkol, dan tentunya favorit kucing kuning gembul di rumah, Adul Bedul, yang kalau saya goreng ikan ini, sudah tahu kalau dia pasti dapat jatah, duduk di dapur dengan sabar menunggu jatahnya diberikan.

Wokeh, terlalu panjang ya celoteh saya, berikut langsung ke resep ya.. silakan..


Gulai Tauco

Bahan :
  • 5 ekor ikan benggol yang sudah digoreng
  • 10 buah tahu yang sudah digoreng
  • 20 butir telur puyuh rebus
  • 3 papan pete
  • 10 buah buncis, iris serong
  • 10 buah cabai hijau keriting, iris serong
  • 20 butir cabai rawit merah utuh
  • 2 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 ruas jempol lengkuas, memarkan
  • 1 batang serai bagian putihnya, memarkan
  • 100 gr tauco
  • 600 ml air
  • 1 sachet santan instan 65ml
  • 5 butir bawang merah, iris
  • 3 siung bawang putih, iris
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan putih sampai harum, masukkan serai, daun salam, daun jeruk dan lengkuas, tumis kembali sampai harum. Masukkan tauco, aduk rata, tambahkan air dan santan, aduk rata kembali. Biarkan mendidih sambil sesekali diaduk. Masukkan buncis, cabai hijau, cabai rawit merah, tahu dan telur puyuh, masak sampai buncis mulai sedikit layu, sesaat sebelum diangkat masukan ikan goreng, cicipi rasanya, bisa tambahkan gula untuk penyeimbang rasa asin tauco, angkat dan siap disajikan.

resep gulai tauco bumbu iris

Nah semoga resep gulai tauco bumbu iris ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba....



NewerStories OlderStories Home

18 comments:

  1. Abis makan seporsi nasi panas kepul-kepul pakai lauk gulai tauco bumbu iris plus teh-o ..... pastiii ... enaknya pakai banget nih 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha iya mas Himawan, enak banget ya kalau gitu..

      Delete
  2. Tauco juga bisa di gulai ya mba, pasti rasanya enak nih ,
    Perlu dicoba buat yang suka masak, kalo saya mah suka makan doang mba ,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Mayuf, bisa pake banget tauco digulai, enak malah..
      hi hi hi iya kalau yang suka makan doang memang mending tungguin aja matengnya ya

      Delete
  3. kok rata2 apa yang mbak Masak selalu saya sukai, apalagi taucho, mmmmm....bikin makannya nambah 3 piring. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih aih.. kang Nata suka tauco juga ya.. wah memang mantap kan mas masakan tauco itu
      iya setuju bisa buat nambah2 nih kalau makan ginian

      Delete
  4. Ikan benggol kalo di Ciledug mungkin ikan salem atau kembung layang yang dipakai cuwek itu kali. Liat penampakan ikannya sih mirip gitu lho sama salem cuwek.

    Beduuuullll apa kabar ? Seneng dong dapat bagian ikan. Sama dengan di sini. Kalo emak masak ikan sering diributin deh sama kucing rumah. Ada si Oteng, si Bule, Pak Jenggot, Princess, si Kimpul, Jono dan Ciki. E iya satu lagi Jenggot Kecil. Coba bayangin aja Dul kalo emak kasih makan 8 ekor kucing di rumah, makan berjamaah lagi. Kayak apa ributnya ya Dul, hahahah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya kayaknya iya deh mba ikan kembung layang atau salem deh kayaknya sama ya..

      ah bedul masih tetap asik dan tetap gembul he he he... ha ha ha banyak banget ya...namanya juga unik-unik, siapa yang kasih nama semuanya?
      kalau di rumah ini bedul itu kucing rumah kalau kata pipi, nah di luar ada 8 ekor kalau lengkap, sebutannya kucing luar, tapi cuma 4 yang dikasih nama sama pipi, kucing daddy, kucing brother, kucing mommy, kucing grey, yang lain ga ada namanya, kalau pagi2 buka pagar rumah, ributnya minta ampun, biasanya memang dikasih jatahnya pagi aja sih, emaknya ga kuat kalau kasih makan 3x sehari...nah kalau bedul pas lagi keluar rumah, dengan cueknya dia liatin aja tuh kucing luar pada makan, ya iyalah dia sudah kenyang duluan sebelum keluar rumah

      kalau kucing makan berjamah gitu yang pusing emak yang kasih makan kan ya...

      Delete
  5. Ealah mau ijin malah ketinggalan. Itu resep kapan kapan eike contek deh. Masakan yang isinya campur campur dan gabrukin semua, antara lauk dan sayur jadi favoritku. Biar gak ribet masak sayur dan lauk terpisah. Dengan harapan emak masih bisa syantiiikkk di rumah kalo urusan perut sudah kelar hahahah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahai iya masakan begini memang mantap sekali cemplung, gabrukin semua, motong waktu buat lama2 di dapur he he he

      Delete
  6. Paling suka cabe hijau dan buncis irisnya, yang penting klo tauco harus ada yang dua itu bagi ku

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iya benar bang Idris, pasangan tauco itu memang cabe hijau dan buncis ya, lebih klop rasanya kalau pake dua bahan itu

      Delete
  7. Aduh saya tidak berani makan gulai, ada larangan dari orang tua. Katanya nanti penyakitnya kambuh, penyakit minta tambah lagi :)
    Teh obengnya sajalah, biar tenggorokan segar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha... mas Djangkaru bisa aja neh...
      he eh mas teh obeng memang segar... apalagi kalau cuaca panas, beuh..

      Delete
  8. Bermanfaat kok resep gulai tauco bumbu iris ini,kak.
    Enak pula rasanya dan bergizi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas Himawan, semoga mudah bagi yang mau mencoba masak sendiri...

      yu hu... setuju, enak dan bergizi he he he

      Delete
  9. gurih banget kelihatannya, boleh juga direkomendasikan untuk keluarga biar bisa masak seperti ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Maschun, gurih memang kalau masakan begini... boleh mas direkomendasikan, terima kasih ya, kalaupun dicoba semoga cocok dengan selera

      terima kasih kunjungannya ya mas.. sukses selalu

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.