Puding Santan Gula Merah




resep puding santan gula merah

Buat puding jadul dulu, puding santan gula merah, puding ini merupakan puding yang sangat sering saya santap ketika saya kecil dulu, secara ibu saya terbilang cukup sering membuat puding ini. Selain mudah dan tentu saja karena bahannya cukup murah dan tidak aneh-aneh yang tentu saja menjadi favorit ibu saya.

Saya sendiri sih belum pernah membuat puding ini sendiri, jadi ini yang pertama kalinya saya buat sendiri. Hmmm sempat ketar-ketir juga berhasih tidak ya lapisannya? saya perhatikan terus nih si puding mendingin, aih leganya ketika lapisan itu terbentuk, yeayyyyy... akhirnya saya berhasil. Nah justru di bahan dan proses sederhana seperti ini saya malah suka H2C tentang keberhasilan saya mengeksekusi resep.

Nah bagaimana dengan rasanya? kalau saya katakan enak... dan saya sangat suka dengan puding ini, walaupun di ingatan saya sepertinya dulu puding ini bukanlah favorit saya, mungkin karena cukup bosan ya, setiap kali ibu saya membuat puding ya tidak jauh-jauh dari puding ini. Tapi sekarang saya suka sekali dengan puding ini, rasanya sederhana tapi sedap dan tentu mengingatkan kembali dengan rasa puding masa kecil.

Dari puding yang saya buat kali ini, kebanyakan saya yang menghabiskan, tentu bertahap ya, secara kan puding lebih enak kalau dimasukkan ke dalam kulkas. Jadi kalau mau makan ya tinggal ambil dari kulkas. Hmmmm segarnya makan puding di tengah cuaca super panas di Batam ini.

Ada yang mau coba buat puding begini juga, cusss resepnya.. oh iya di sini saya gunakan gula aren beli di swalayan, gulanya cukup gelap, penasaran juga kalau dibuat cuko, suatu saat saya coba buat cuko dari gula ini.


Puding Santan Gula Merah

Bahan :
  • 150 gr gula merah /gula aren
  • 500 gr air
  • 1 lembar daun pandan, sobek-sobek 
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 bungkus agar-agar
  • 350 ml santan (saya gunakan santan instan 65ml dicampur air sampai volume 350ml)

Cara membuat :
Iris gula merah, campur dengan air, daun pandan dan garam, didihkan sampai gula merah larut, saring dan sisihkan. Di panci campur agar-agar bubuk dengan santan, aduk rata, masak dengan api sedang-kecil sampai panas, tambahkan campuran gula merah, masak hingga mendidih sambil sering diaduk. Biarkan uap panasnya hilang, tuangkan ke cetakan puding. Dinginkan hingga mengeras dan terbentuk lapisan, masukkan ke dalam kulkas, nikmati kala dingin.


resep puding sederhana santan gula merah

Nah semoga resep puding santan gula merah ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

14 comments:

  1. Belum pernah nyoba nih mba pudding gula merah ,baru tahu juga, hehe
    Pasti enak rasanya nih mba, pengin nyoba buat tapi udh pasti bingung, paling kalo tinggal makan mah gampang ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak ini mas Mayuf, termasuk puding jadul, karena dari dulu sudah makan puding begini...resep turun temurun he he he
      iya enaknya tinggal makan ini mas..

      Delete
  2. Jika Makanannya berasa manis, seperti saya, heheheh..... saya pasti suka Mbak, klu asin saya kurang suka.

    puding diatas, pasti enak sekali, sudah ada sukarelawan belum mbak, untuk cicip si pudingnya ?

    Klu belum saya saja, dijamin habissss tuntas dan bikin yang membuat jadi melonggo, lalu mengatakan , " nich orang doyan atau kelaparan, " heheheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha kang Nata bisa aja... jadi karena kang Nata manis sukanya yang manis2 ya...hmmm boleh juga tuh

      sudah dicicil di sini kang sama yang buatnya, secara sukarelawannya ga ada neh... terpaksa dicicil, untungnya puding jadi bisa lebih lama simpan di kulkas, enak juga ya kalau ada sukarelawan yang doyan he he he... yang buat pasti hepi...habis soalnya..

      Delete
  3. Iya tuh puding jadul. Murah meriah. Jadul belum ada bahan aneh aneh kayak sekarang.

    Dulu jaman masih kecil kalo ketemu puding begini, sering diliatin lamaaaaa banget. Mikir gimana ini bikinnya. Begitu tau resepnya ternyata gampil banget. Ternyatan santan kental misah sendiri sama airnya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Rina, bahannya murah meriah ya.. tapi kok enak ya yang sederhana begini

      hi hi hi kalau dulu ga pernah mikir gimana bisa misah, urusan emak soalnya, daku tinggal makan

      iya dan ternyata memang misah sendiri ya..

      Delete
  4. pudingnya enak banget sepertinya, apalagi saya suka banget yang namanya gula merah, makin ngiler lihatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Maschun, puding ini enak banget deh, apalagi kalau dingin baru keluar dari kulkas, sedap he he he

      Delete
  5. Rasa manisnya lebih nikmat. Saya lebih suka dengan gula merah. Rasa manisnya lebih gimana gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Djangkaru, manisnya gula merah beda ya, rasanya lebih gimana gitu ya

      Delete
  6. Boleh dicoba nih mbak pudingnya. Kelihatannya menggiurkan banget. Jadi ngga sabar pengen langsung praktek. Makasih yah mba infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan dicoba mba Suryani, gampang bahan dan prosesnya, semoga sukses dan cocok dengan selera ya.. sama-sama mba..

      Delete
  7. Deg-deg an kali ya kak, samape diperhatikan terus pudingnya hingga akhirnya bentuknya menarik bangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha iya bang Idris, secara baru sekali buatnya sendiri, kan harapannya misah gitu.. kalau ga misah kan bingung kenapa bisa ga misah he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.