Resep Cinnamon Sugar Apple Cake



resep cinnamon sugar apple cake

Resep pertama di bulan Mei, yup resep cinnamon sugar apple cake, yaitu cake apel dengan taburan gula kayumanis. Hmmmm rasanya sedap.. dan ternyata membuat cake ini sangat mudah. Hanya tinggal aduk saja.

Untuk apelnya kali ini saya gunakan jenis red candy, apel kecil tapi teksturnya cukup keras dan rasanya manis. Jenis apel sendiri bisa gunakan sesuai selera, karena menurut saya ya bakal enak saja dengan jenis apel apa saja. Yang menggunakan apel sedikit asam juga bakal enak karena ada sensasi rasa asam manis tentu saja.

Ini saya buat sudah beberapa waktu yang lalu, jadi tentu saja cake ini sudah lenyap di peredaran. Kami makan begitu saja dan ada 2 hari saya bawakan Sophie untuk bekalnya di istirahat pertama. Dan dia suka dengan cake ini.

Oh iya rasa cake ini ringan ya, maksudnya tidak gurih berat, karena cake ini menggunakan minyak saja, bukan butter atau margarin. Dan cake ini cukup lembab karena menggunakan buttermilk. Oh iya yang belum tahu buttermilk, nah buttermilk ini bisa dibuat sendiri kok, tinggal mencampur susu cair dengan air jeruk nipis, atau jus lemon atau juga cuka. Aduk rata dan biarkan beberapa waktu sampai menggumpal. Dan dengan penggunaan buttermilk, cake, pancake ataupun muffin bisa menjadi lembab.

Nah sekarang langsung ke resep ya... biasa semakin hari karena semakin lama tidak ngeblog, jadi untuk membuat postingan panjang berisi cerita ataupun prolog yang ngalor ngidul tidak bisa dengan mudah mengalir begitu saja, hi hi hi jadi pada maklum ya... nah apalagi kalau ngeblog begini di barengi dengan chat via WA, au au.. jadi terbagi kan konsentrasi.

Cinnamon Sugar Apple Cake

Bahan :
  • 275 gr tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 150 gr gula pasir
  • 2 butir telur
  • 80 ml minyak goreng
  • 225 ml buttermilk (campur susu cair dengan 1 sendok makan air jeruk nipis atau cuka, aduk rata dan biarkan hingga menggumpal)
  • 300 gr apel, tanpa dikupas, potong dadu ukuran kurang lebih 1cm (saya gunakan apel red candy)

Cinnamon Sugar (campur hingga rata)


Bahan :
  • 75 gr gula pasir
  • 1 sendok makan bubuk kayumanis
  • 1 sendok makan butter atau margarin
Bahan taburan : almond iris secukupnya (optional)

Cara membuat :
Siapkan loyang, oles dengan margarin dan taburi tepung tipis. Di mangkuk ukuran cukup besar, campur tepung terigu, baking powder, baking soda dan garam, aduk saja dengan sendok atau balloon whisk. Di mangkuk lain, campur gula dan telur, kocok dengan garpu atau balloon whisk sampai gula tercampur baik dengan telur, tambahkan minyak goreng dan buttermilk, aduk rata. Tuangkan ke mangkuk berisi tepung, aduk cepat asal rata, tambahkan potongan apel, aduk kembali, tuangkan ke dalam loyang, beri cinnamon sugar secara merata, taburi dengan almond iris. Panggang selama kurang lebih 50-60 menit di oven suhu 180 derajat celcius yang sudah dipanaskan sebelumnya.



cinnamon sugar apple cake recipe

Nah semoga resep cinnamon apple cake ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Bayangin adonannya pakai buttermilk plus jeruk lemon pasti enak banget resep apple cake dari kak Monica ini ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he iya nih mas, mas Himawan hanya bisa bayangin aja ya...
      yang pasti cake ini harum mas, lembut dan berasa apelnya

      Delete
  2. Tempo hari beli apel ijo di tukang sayur mau bikin cinnamon roll pakai apel, eh mb Monic udah bikin duluan. Apalagi diriku pakai sakit maagh, jadi ketunda deh bikinnya.

    Jadi ngeces deh bayangin aeoma cinnamonnya yang wangi eksotis

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmmm jadi gimana mba... sudah jadi buat cinnamon rollnya?
      he eh aromanya itu ya..harum

      Delete
  3. Hai, mbak Monic. Kangeeeennn.
    Kata Ibunya Oi' & Zahra, mbak Monic pernah nanyain kabar saya ya?
    Duh, makasih banyak atas perhatiannya, mbak.

    Tadi habis liat-liat resep di MSK dan terpesona liat puding lapis susu & buah naga. Iihhh..., cantiknya. Jadi mupeng liatnya.

    Mbak....
    Udah itu belum? Tempo hari iseng bikin permintaan tanggal 25 Mei 2018. Karena sudah tanggal 26, saya tanyain deh.

    Mbak posting tentang itu ya ya ya. Penasaran soalnya, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba Ima kemana aja? ga bisa dihubungi via WA juga... jadinya sempat tanya mamanya Oi' n Zahra deh, dibilang tunggu aja soalnya HP mba Ima lagi rusak..
      gimana kabar mba Ima? ayo kita WA lagi..

      ha ha ha... pengen tahu ya, japri via WA ya.. sudah tgl 20 kemarin, lagi sibuk2nya ini

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.