Resep Bingka Pandan



bingka pandan

Hai hai... wah tumben nih, saya punya waktu luang buat ngeblog, jadi postingan cepat dan singkat saja ya. Nah beberapa waktu lalu saya buat bingka pandan. Hmmm rasanya tentu saja enak menurut saya sebagai penggemar kue begini. Sudah lama sih sebenarnya ingin mencoba membuat bingka pandan, tapi maju mundur terus, akhirnya batal terus.

Berhubung semua bahan ada, akhirnya saya coba buat juga. Kan lumayan daripada beli, oh iya di Batam ada loh oleh-oleh khas Batam yaitu Bingka, berbagai pilihan rasa. Nah yang namanya bingka ini dijual ukuran lumayan imut kalau kata saya dan bentuknya memang khas bingka yang dipanggang menggunakan cetakan bunga. Terakhir beli harganya 25 ribu rupiah, entah sekarang.

Dan setelah buat sendiri, rasanya puas makan bingka, beberapa hari saya makan bingka ini. Bapaknya Sophie dan Sophie makan sedikit saja.

Oh iya memang sih bahan dan cara membuatnya bisa dikatakan cukup mudah, hanya saja memanggangnya itu loh, lama sekali. Secara bahan mentah bingka ini setelah diproses kan jadinya cair sekali dan butuh waktu lama dipanggang supaya dia mengeras.

Nah untungnya sekarang di rumah saya ini menggunakan gas dari PGN, bisa dikatakan murah deh, beda jika memakai gas elpiji tabung. Kalau saya sering memanggang bisa cepat deh habis gas di dalam tabung. Sekarang memanggang menjadi hal yang tidak masalah buat saya, ai aih senangnya... hobi saya memanggang tidak dibebani oleh mahalnya biaya memanggang itu sendiri.

Resep ini inspirasinya dari resep bingka pandan Dapur Lindawaty di instagram. Terima kasih resepnya ya mba.

Berikut resep yang sudah saya sesuaikan takarannya dan prosesnya sesuai dengan yang saya buat ya... silakan..

Bingka Pandan
untuk loyang ukuran 20cmx20cm

Bahan :
  • 3 butir telur
  • 500 ml santan (2 sachet santan instan @65ml + air)
  • 125 gr tepung terigu protein sedang
  • 100 gr gula pasir
  • 190 ml susu kental manis
  • 15 gr susu bubuk
  • 50 gr mentega/margarin cair
  • 50 ml jus pandan (saya gunakan 5 lembar daun pandan, blender dengan 50ml air, saring, takar)
  • 50 gr tepung maizena
  • 1 sendok teh garam
  • wijen secukupnya untuk taburan

Cara membuat :
Panaskan oven set di suhu 180 derajat celcius. Siapkan loyang, masukkan dalam oven, biarkan panas di oven selama kurang lebih 10 menit. Sementara itu campur semua bahan, masukkan ke dalam blender, proses hingga tercampur rata. Keluarkan loyang, oles dengan margarin atau butter, tuangkan bahan bingka, panggang selama kurang lebih 5 menit, keluarkan dan taburi dengan wijen. Panggang kembali selama kurang lebih 90 menit. Keluarkan dari oven jika bagian atas sudah kelihatan kering dan bagian tepi sudah terlihat kecoklatan. Dinginkan, potong-potong sesuai selera.

cara membuat bingka pandan

Dan tak kalah sedapnya bingka ubi kayu/singkong dan bingka labu kuning. Yang ini pun layak dicoba.
Nah semoga resep bingka pandan ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

12 comments:

  1. Di rumahku pada bilang roti bantet kalo ketemu bingka hahahah....lha gimana wong memang teksturnya bantet gitu kan. Tapi anehnya enak ya meski bantet-bantet gitu. Lemak-lemak gurih manis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba, bantet tapi enak ya... lembut walaupun bantet juga he he he

      Delete
  2. Duh, saya gagal fokus sama mug ijonya, Mbak. Mata saya juga langsung ijo, heheheh.

    Hari ini Sophie udah masuk sekolah juga kah, Mbak? Kangen sama bento unyu-unyu, Mbak Monic. Tapi mungkin ribet ya bebikinan bento saat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha... itu hadiah langsung beli oatmeal mba... karena imut nan lucu lihat ijonya makanya beli deh quaker oatmealnya, padahal sampai sekarang belum diapa2in tuh oatmealnya

      sudah masuk tanggal 16 Juli mba, iya pengen ngebento lagi, tapi apa daya... emak sudah terlalu sibuk, halah..

      Delete
    2. Hahaha...
      Ternyata Mbak Monic juga tergoda sama mugnya.

      Iya, Mbak. Bisa kebayang tuh repotnya. Apalagi Mbak Monic kan nyiapin bekal sendiri buat Sophie bukan beli jadi.

      Delete
    3. iya mba Ima, lebih tepatnya bapaknya Sophie dulu yang tergoda, saya hanya ikut2an ha ha ha...

      iya repot sekarang mba, kan istirahat 2x, satu kali snack satu kali makan siang..jadi ga sempat kalau ngebento he he he

      Delete
  3. Saya blum pernah makan Bingka Pandan mbak, tp kalo dilihat dari bahan2nya, bisa dibayangkan deh lezatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih aih... iya mas Aris, dari bahan2nya sudah terbayang ya lezatnya... bingka yang gurih nan lembut..ahai..

      terima kasih kunjungannya ya mas

      Delete
  4. sepertinya masakan yang satu ini belum pernah saya cicip, Mbak. :) sepertinya super enak kalau sudah masuk ke tenggorokan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang belum pernah cicip ya kang... enak ini kang.. he he he

      Delete
  5. Foto penyajian Bingka Pandannya sukses bikin lapar mata ... , selanjutnya aku sibuk nyari cemilan buat nahan diri pengin ikutan nyantap Bingka Pandan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha mas Himawan bisa aja deh.. jadi apa cemilan penggantinya mas?

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.