Resep Bingka Pandan



bingka pandan

Hai hai... wah tumben nih, saya punya waktu luang buat ngeblog, jadi postingan cepat dan singkat saja ya. Nah beberapa waktu lalu saya buat bingka pandan. Hmmm rasanya tentu saja enak menurut saya sebagai penggemar kue begini. Sudah lama sih sebenarnya ingin mencoba membuat bingka pandan, tapi maju mundur terus, akhirnya batal terus.

Berhubung semua bahan ada, akhirnya saya coba buat juga. Kan lumayan daripada beli, oh iya di Batam ada loh oleh-oleh khas Batam yaitu Bingka, berbagai pilihan rasa. Nah yang namanya bingka ini dijual ukuran lumayan imut kalau kata saya dan bentuknya memang khas bingka yang dipanggang menggunakan cetakan bunga. Terakhir beli harganya 25 ribu rupiah, entah sekarang.

Dan setelah buat sendiri, rasanya puas makan bingka, beberapa hari saya makan bingka ini. Bapaknya Sophie dan Sophie makan sedikit saja.

Oh iya memang sih bahan dan cara membuatnya bisa dikatakan cukup mudah, hanya saja memanggangnya itu loh, lama sekali. Secara bahan mentah bingka ini setelah diproses kan jadinya cair sekali dan butuh waktu lama dipanggang supaya dia mengeras.

Nah untungnya sekarang di rumah saya ini menggunakan gas dari PGN, bisa dikatakan murah deh, beda jika memakai gas elpiji tabung. Kalau saya sering memanggang bisa cepat deh habis gas di dalam tabung. Sekarang memanggang menjadi hal yang tidak masalah buat saya, ai aih senangnya... hobi saya memanggang tidak dibebani oleh mahalnya biaya memanggang itu sendiri.

Resep ini inspirasinya dari resep bingka pandan Dapur Lindawaty di instagram. Terima kasih resepnya ya mba.

Berikut resep yang sudah saya sesuaikan takarannya dan prosesnya sesuai dengan yang saya buat ya... silakan..

Bingka Pandan
untuk loyang ukuran 20cmx20cm

Bahan :
  • 3 butir telur
  • 500 ml santan (2 sachet santan instan @65ml + air)
  • 125 gr tepung terigu protein sedang
  • 100 gr gula pasir
  • 190 ml susu kental manis
  • 15 gr susu bubuk
  • 50 gr mentega/margarin cair
  • 50 ml jus pandan (saya gunakan 5 lembar daun pandan, blender dengan 50ml air, saring, takar)
  • 50 gr tepung maizena
  • 1 sendok teh garam
  • wijen secukupnya untuk taburan

Cara membuat :
Panaskan oven set di suhu 180 derajat celcius. Siapkan loyang, masukkan dalam oven, biarkan panas di oven selama kurang lebih 10 menit. Sementara itu campur semua bahan, masukkan ke dalam blender, proses hingga tercampur rata. Keluarkan loyang, oles dengan margarin atau butter, tuangkan bahan bingka, panggang selama kurang lebih 5 menit, keluarkan dan taburi dengan wijen. Panggang kembali selama kurang lebih 90 menit. Keluarkan dari oven jika bagian atas sudah kelihatan kering dan bagian tepi sudah terlihat kecoklatan. Dinginkan, potong-potong sesuai selera.

cara membuat bingka pandan

Dan tak kalah sedapnya bingka ubi kayu/singkong dan bingka labu kuning. Yang ini pun layak dicoba.
Nah semoga resep bingka pandan ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.