Asinan Rambutan



resep asinan rambutan

Di hari di mana cuaca sedang panas begini di Batam, saya mau posting resep asinan rambutan dulu ya, ih padahal asinan ini sudah entah kapan saya buatnya. Tentu saja sudah habis... mengobati rasa penasaran ingin mencoba juga asinan rambutan yang sudah lama booming ini.

Pas di Batam sedang musim rambutan dan tahun ini benar-benar melimpah rambutan dan durian sejak sekitar 2 bulan lalu. Saya yang penyuka rambutan tentu saja sangat gembira karena harganya tentu saja, murah.... semakin lama semakin murah. Sampai-sampai di pertokoan dekat rumah saya ini sampai ada bazaar durian dan rambutan. 

Mulai harga pertama saya beli itu satu kilonya 15 ribu, lalu semakin turun, nah sekarang harga stagnan di 8 ribu perkilo. Aih sudah sekitar sebulan saya beli rambutan terus, setiap habis dimakan, beli lagi. Dan dari semua rambutan yang saya beli, hanya saya yang menghabiskan, Sophie dan bapaknya tidak mau sama sekali makan rambutan ini.

Rambutannya besar dan manis dan yang saya suka nih, pembeli bebas memilih rambutannya, sekuatnya memilih. Dan beberapa kali saya ajak Sophie membeli rambutan sampai dia protes, kenapa sih beli rambutan terus. Akhirnya walaupun musim rambutan belum berakhir, saya sudah tidak membeli rambutan lagi, sudah cukup puas dan bisa dikatakan sudah bosan dengan rambutan. Ada kalanya karena terlalu banyak makan rambutan dalam sehari saya sampai batuk he he he...

Nah di kesempatan harga rambutan murah begini, saya coba buat asinan rambutan ini. Dan resepnya saya pakai resep asinan bengkuang saja, sedikit modifikasi saja. Bagaimana rasanya? tentu sangat segar.. apalagi kalau disantap saat kondisi asinan rambutan ini baru keluar dari kulkas, manis, asam, pedas...mantap.

Di batch pertama saya hanya menggunakan 20 butir rambutan, nah ternyata kuah asinannya masih ada sedangkan rambutannya sendiri sudah habis, lalu saya tambahkan lagi rambutan tanpa membuat kuah lagi, hanya memasukkan rambutan langsung di kuah tadi. Diamkan sampai keesokan harinya, rasanya sudah enak. Tetapi saya sudah tidak sanggup lagi makan batch kedua ini, akhirnya mencari korban..ha ha ha... 

Okeh... begitulah cerita di balik asinan rambutan ini... yang tertarik untuk mencoba membuat asinan rambutan ini.. siapa tahu sedang musim rambutan juga.. ini dia resepnya ya.. silakan...

Asinan Rambutan

Bahan :
  • 20 buah rambutan, kupas, buang biji, cuci dengan air matang
  • 5 buah jeruk limau atau jeruk kunci atau jeruk sambal, peras airnya
  • 300 ml air
  • 6 sendok makan gula pasir
  • 8 buah cabai merah keriting
  • 2 butir cabai rawit merah
  • 1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
Haluskan cabai merah dan rawit merah. Campur air, gula pasir, cabai halus dan garam, masak hingga air mendidih dan gula larut. Sesaat sebelum diangkat, tambahkan jus jeruk limau. Cicipi rasanya, angkat dan tuangkan ke dalam wadah berisi rambutan kupas. Aduk dan biarkan dingin, masukkan ke dalam kulkas, nikmati ketika dingin.


resep asinan rambutan mudah


Nah semoga resep asinan rambutan ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. Saya baru tahu kalo rambutan juga bisa dibuat asinan ya mba, nanti saya coba deh kalo lagi musim rambutan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Mayuf, ternyata bisa ya.. dan sudah banyak yang coba, ini saya ketinggalan deh ngetrennya sudah lama lewat

      he eh mas, ntar dicoba ya kalau musim rambutan he he he

      Delete
  2. Wah, di tempat saya belum musim rambutan, nih. Ya sudah, bikin asinan buah yang lain aja deh:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he iya nih mba, kalau ga ada rambutan tentu buah yang lain sedap dibuat asinan

      mba Eva apa kabarnya?

      Delete
  3. Liat foto ini kok saya jadi merasakan asam ya, Mbak? Tapi penasaran juga sih sama rasanya.

    Siapa korbannya, Mbak. Heheheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Ima, ini tuh rasanya ya asam, manis dan pedas, tapi rambutannya manis kok mba, asamnya di kuahnya itu karena ada penambahan jeruk limaunya

      hi hi hi... guru TK pipi yang jadi sasaran pemberian asinan ini

      Delete
  4. Wahhh lagi musim rambutan nih, rambutannya merah merah banget lagi terus dibuat asinan kek gini, jadi seger bangett dari cuacanya yang panaasss.. Seger seger euy :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mas Andrie, seger banget deh... apalagi cuaca panas begini..

      Delete
  5. Pasti akan kupraktekin resepnya asinan rambutan ini, kak.
    Penasaran sama rasanya karena aku belum pernah nyicipin rambutan dijadiin buah asinan.

    Rasanya pasti unik ya, ada rasa manisnya buah rambutan, asamnya jeruk limau dan pedasnya cabe.

    Ditambah es batu juga bisa ya kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Himawan, rasanya campur2 deh.. segar pokoknya.. boleh mas silakan kalau mau ditambah es batu, hanya saja tentu kalau esnya sudah mencair rasanya sedikit berubah..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.