Brownies Cup



resep brownies cup

Sudah sampai di penghujung bulan Oktober, ternyata saya hanya mampu membuat 4 postingan saja, waduh.. hmmm semangat..tak mengapa. 

Nah kali ini saya mau posting resep brownies cup, versi chewy brownies dengan tampilan shiny crust, cihuy, walaupun pakai cup, shiny crust tetap muncul, saya senang sekali. 

Saya pakai cup begini karena penasaran, hasilnya kalau dipanggang dengan wadah kecil begini, lalu yang paling utama, saya itu malas mengoles loyang dan memotong kertas roti. Padahal kalau saya pikir ini pekerjaan sepele, tapi yang ini entah mengapa paling malas saya lakukan.

Nah sama halnya menjemur pakaian, pekerjaan ini paling malas saya lakukan, tapi karena memang pekerjaan saya, harus saya lakoni, tidak bisa saya hindarkan. Paling menggumam dalam hati, duh banyaknya... terkadang saya sampai hitung berapa pakaian yang saya jemur karena saya sungguh malas sekali melakukan pekerjaan menjemur ini.

Oh iya kembali ke resep brownies ini ya, pada dasarnya resepnya sama saja dengan resep chewy brownies dan kit kat brownies, saya belum bisa pindah ke lain resep brownies sih sekarang-sekarang ini. Nah resep ini hasilnya memang chewy dan cenderung basah teksturnya. Kalau tidak suka basah, bisa tambahkan lagi waktu panggangnya.

Dan mengaduk adonan brownies ini seperlunya saja ya, jangan terlalu semangat, nanti hasilnya akan padat dan amat teramat sangat chewy. Saya pernah mencoba resep ini, nah waktu itu memang saya minta tolong teman saya yang mengaduk, kebetulan teman saya sedang main ke rumah. Eits... bukan maksud memanfaatkan teman ya.. memang kebetulan kami sepakat kok mau bebuatan makanan. Nah karena teman saya terlalu semangat mengaduk, alhasil adonannya jadi sangat liat, tapi selain itu rasanya tetap sama, tetap enak.

Untuk waktu panggang disesuaikan sendiri ya, di sini saya panggang dengan waktu kurang lebih 25 menit, ketika shiny crust sudah muncul saya test tusuk, dan ada remahan basah tapi bukan adonan ya, jadi di sini saya putuskan untuk menyudahi waktu panggang. Brownies saya keluarkan dari oven. Tentu saja waktu panggang disesuaikan dengan oven masing-masing ya, waktu di sini hanya patokan. Kenali oven masing-masing ya.

Wokeh.. resep saya tuliskan kembali ya...

Brownies Cup
untuk 6 buah cup alumunium

Bahan :
  • 150 gr dark cooking chocolate (saya gunakan merk mercolade)
  • 50 gr mentega/butter
  • 40 ml minyak goreng
  • 2 butir telur
  • 150 gr gula halus (saya gunakan gula pasir yang diblender)
  • 100 gr tepung terigu (saya gunakan tepung terigu protein sedang)
  • 35 gr coklat bubuk 
  • irisan almond untuk topping

Cara membuat :
Siapkan alumunium cup, tata di loyang. Panaskan oven set di suhu 150 derajat celcius. Campur coklat bubuk dan tepung, ayak, sisihkan. Lelehkan dark cooking chocolate, butter dan minyak dengan cara ditim, biarkan hangat. Di mangkuk lain, kocok telur dan gula sampai gula larut dengan menggunakan balloon whisk, masukkan campuran dcc leleh, aduk rata, masukkan campuran tepung terigu dan coklat bubuk, aduk rata kembali. Tuang ke dalam cup (adonan sangat kental), beri topping, panggang selama kurang lebih 25 menit, keluarkan dari oven dan dinginkan


resep brownies cup shiny crust

Nah semoga resep brownies cup ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Kalau makanan berbahan dasar coklat, rata2 saya suka mbak, apalagi ditawarin..... saya lahap dech sampai habis, hehehe........

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss kang, enak memang makanan berbahan coklat ya..

      hi hi hi enak buat begini kalau buat kang Nata, dihabiskan..jadi senang yang buatnya

      Delete
  2. Wah sama nih..saya juga paling malas mengoles loyang.. hehe.. boleh dicoba nih ide nya pakai cup begini.. ��
    Salqm kenal mbk monic

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mba Azmira, aih aih toss dulu kita mba..

      he eh mba, pakai cup gini cocok buat pemalas seperti kita hi hi hi

      Delete
  3. Duh ngiler banget liat browniesnya, mba. Salah satu resep yang ingin banget saya coba bila sehat nanti. Suka liat shiny crustnya.

    Apa? Mba Monic tidak suka menjemur pakaian? Baru kali ini saya tahu ada orang seperti itu. Kebanyakan ya malas melipat atau menyetrika.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga mba Ima lekas sehat kembali ya mba, jadi bisa buat-buat kue-kue lagi

      iya shiny crustnya bagus ya mba, saya saja suka lihatnya

      he he he iya mba, saya itu paling malas menjemur pakaian, ya melipat dan menyetrika juga malas sih sebenarnya, tapi paling malas menjemur

      Delete
  4. Nyammmm keliatan moist. Setelah bikin brownies tape singkong, orang rumah sudah minta lagi. Pada ketagihan kayaknya karena cukup lama diriku gak bikin brownies

    Kalo jemur pakaian diriku doyan mb Monic hahahah....tapi benci banget sama setrika. Bener. Sejak jman sekolah kalo urusan setrika haduuuhhh mualesnya minta ampun. Setrika ini satu satunya pekerjaan yang gak seneng sampai sekarang. Kalo nyapu, ngepel, nyuci baju (pakai tangan) diriku masih mau ngerjainnya. Lah, ini kok malah curcol ya hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh mba moist brownies ini... uhuy iya mba Rina tuh posting resep brownies tape jadi pengen makan juga.. kapan2 tak coba..

      ha ha ha kebalik donk kita..
      setrika juga ga suka tapi paling ga suka ya menjemur ini mba Rina... ampyun dah..

      he he he iya kok kita malah curcol ya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.