Chicken Mushroom Pizza Bun



resep roti pizza sobek

Postingan ketiga di bulan ini, jiahhhh...baru 3 postingan, sungguh sedikit sekali.. kalau dibandingkan dengan postingan di awal saya ngeblog, he he he. Memang sih ya kalau di awal itu biasanya semangat, belakangan mengendur. Susah memang mempertahankan mood ngeblog itu. Tapi ya dijalani saja toh..

Wokeh, di pagi yang cukup sejuk di Batam ini, saya akan posting resep chicken mushroom pizza bun. Ih saya mah yang namanya olahan pizza-pizza begini doyan deh, mau bentuknya bagaimana juga, tetap suka. Jadi ceritanya sedang ingin buat yang versi bun tapi sejenis roti sobek begitu, jadinya menggunakan loyang saja, disusun bun nya yang sudah diisi dengan isian berikut keju dan sausnya sekalian. Diberi taburan oregano kering untuk mempercantik, ahai...eh iya dulu pernah juga buat pizza bun begini hanya versi satuan begitu. Isiannya beda tipis saja.

Rotinya empuk, walaupun tanpa ulen dan waktu proofing hanya 20 menit di awal. Setelah adonan diisi dan dibentuk didiamkan lagi sekitar 10 menit, memanggang kurang lebih 12-15 menit, tambahkan waktu memanggang sekitar 1-2 menit dengan oven api atas supaya permukaan lebih eksotik ha ha ha..Hmmm jadi deh roti sobek pizza ini.

Nah pada dasarnya roti ini mirip dengan roti cinnamon roll, hanya beda di sini butter leleh diganti dengan minyak goreng. Resep diotak-atik saja sendiri, jadi semakin sering kita membuat sesuatu, semakin kita bisa mengotak-atik resep. Sesuka kita saja, sesuaikan dengan bahan yang ada dan kesukaan kita juga.

Oke.. berikut saya tuliskan resepnya ya.. silakan..


Chicken Mushroom Pizza Bun

Bahan :
  • 175 ml air hangat
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 3/4 sendok teh ragi instan
  • 250 gr tepung terigu protein sedang
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 sendok makan minyak goreng

Bahan isian :
  • 4-5 sendok makan saus tomat atau bisa dicampur saus sambal * ( campur bahan bertanda *, aduk rata)
  • 1/2 sendok makan gula pasir *
  • 50 gr keju mozarella parut kasar
  • tumisan ayam jamur

Bahan tumisan ayam jamur :
  • 100 gr dada ayam tanpa kulit dan tulang, potong kecil
  • 8 buah jamur kancing kaleng, potong sesuai selera
  • sedikit paprika merah dan hijau, potong dadu
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong kecil
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan olesan : 
  • susu cair

Bahan taburan :
  • oregano kering (optional)

Cara membuat tumisan ayam :
Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang bombay, aduk sebentar, masukkan daging ayam, masak hingga berubah warna, masukkan jamur dan paprika, aduk rata tambahkan merica bubuk dan kecap asin, cicipi rasanya, angkat dan sisihkan.

Cara membuat pizza bun :
Larutkan gula dengan air hangat, masukkan ragi instan, aduk dan biarkan hingga berbuih. Sementara itu campur tepung terigu, garam, aduk rata. Tuangkan larutan ragi instan, aduk rata hingga menyatu. Tambahkan minyak goreng, aduk rata kembali (di sini saya aduk menggunakan tangan, mirip menguleni hanya tidak sampai adonan kalis elastis, hanya sampai menyatu). Bentuk bulat adonan, dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Kempiskan adonan, bagi menjadi 16 bagian, bulatkan letakkan di alas bertabur tepung tipis. Lakukan sampai selesai, ambil satu bulatan yang pertama dibuat, pipihkan, isi dengan bahan isian, tutup dan bulatkan kembali. Susun di loyang persegi yang sudah dioles butter/margarin. Lakukan sampai selesai. Diamkan kurang lebih selama 10 menit. Oles dengan susu cair, taburi dengan oregano kering.
Panggang selama kurang lebih 12-15 menit hingga matang di oven suhu 180 derajat celcius di mana oven sudah dipanaskan lebih dahulu. Panggang kembali kurang lebih selama 1-2 menit dengan api atas. Keluarkan dari oven dan biarkan hangat, santap kala hangat dan keju masih meleleh.


resep chicken mushroom pizza bun

Nah semoga resep chicken mushroom pizza bun ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera..


Selamat mencoba...



NewerStories OlderStories Home

6 comments:

  1. Enak. Pingin bikin tapi di rumah yang makan paling diriku doang hahahah... Padahal kalo bikin roti pasti banyak biar efisien

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. kalau cuma sorangan yang doyan susah juga ya mba.. memang harus menyesuaikan dengan selera orang rumah...ya begitu deh

      mana mba Rina ga bisa makan banyak pulak ya..

      Delete
  2. Kalau sering bebikinan, roti misalnya, memang jadi sering diutak-atik resep. Tambah ini itu, ganti ini dengan itu atau kurangi ini itu. Duh, jadi kangen bikin roti.

    Master pizza nih mba Monic. Sudah buat varian pizza dalam berbagai bentuk. Saya mah bisanya yang bundar saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba kalau sering bikin begini ini ya, suka suka jadinya...

      he eh sudah lama mba Ima ga buat roti lagi ya...sabar ya mba..

      aih aih.. kok jadi master pizza nih,karena suka pizza jadi biar ga bosan bentuknya dibuat beda, padahal rasanya sama saja ha ha ha

      Delete
  3. Nah kalau makanan yang satu ini sepertinya saya belum coba, apalagi ada campuran sosis dan jamur,,,,pasti rasanya bikin ngilerrr dan ketagihan yach.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terlewat saya balas komentar kang Nata satu ini...he eh kang nagih juga rasanya, beda tipis sama pizza biasa

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.