Pastry Fruit Cake



fruits pastry cake recipe

Wuih wuih tidak terasa sudah masuk bulan Oktober lagi nih.. dan postingan pertama saya di bulan Oktober ini adalah pastry fruit cake..atau fruit pastry cake... beda-beda sih urutannya kalau googling resep ini.

Cake ini viral belakangan ini di instragram dan facebook, terutama di negara tetangga. Beberapa kali saya lihat cake ini muncul di timeline fb, ada yang buka lapak cake ini. Hmmm lihat-lihat ternyata memang sedang booming. Padahal sebenarnya cake ini sudah pernah ada di beberapa food blog negara tetangga beberapa tahun yang lalu.

Dan pada dasarnya cake ini adalah tipe butter cake dengan taburan buah-buahan segar atau bisa juga buah kaleng sih. Jadi pas ketika ke pasar, ke penjual buah Sophie kan ikutan, nah dia minta dibelikan stroberi dan belimbing...hmmm emak langsung kepikiran mau buat pastry fruit cake ini dengan buah-buahan yang diminta Sophie. 

Dan tidak mau pakai ribet, kali ini saya tidak menggunakan mixer, hanya menggunakan balloon whisk, dengan catatan menggunakan butter yang lunak, di sini saya menggunakan butter merk orchid. Dan gula yang digunakan juga gula halus, tidak seperti resep butter cake yang sering saya buat.

Jadi dengan balloon whisk, gula dan butter bisa dikocok hingga putih dan mengembang, tentu saja mengocoknya dengan semangat... ha ha ha... tidak butuh waktu lama kok, hanya kurang lebih 3-5 menit saja.

Untuk butter cake sendiri ada beberapa resep ya, jadi menurut saya suka-suka mau pakai resep yang mana, intinya hanya butter cake dengan topping buah. Dan karena saya itu sampai sekarang paling malas kalau harus membuat cake di mana putih dan kuning telur dikocok terpisah, jadi sampai saat ini saya masih bye bye dengan metode pembuatan cake begini.

Untuk buah-buahannya, silakan sesuaikan dengan selera dan ketersediaan bahan ya... yang umum dan kebanyakan digunakan ya strawberry, blueberry, kiwi, bisa juga nanas, anggur, aprikot. Ya intinya suka-suka yang buat ya. Yang penting buah-buahannya tidak basah, keringkan dulu dengan tisu sebelum dilumuri dengan gula.

Kali ini supaya lebih kontras, saya beri juga kismis..secara kok malas beli anggur ya.. butuhnya sedikit, ada sih di penjual buah tapi sudah tidak bagus lagi kondisinya, jadi batal beli.

Nah buah-buah ini yang sudah saya lumuri gula adalah favorit Sophie, secara kan stroberi dan belimbing ini agak-agak asam, dipadu dengan gula, beuh.. enak.. kalau tidak saya stop bisa-bisa dia makan terus nih. Agak direm karena baru beberapa hari yang lalu dia sakit perut, muntah-muntah dan perutnya pedih, mirip gejala maag. Jadi makanannya sekarang tidak boleh yang pedas, asam dan berbumbu tajam. Bapaknya sudah wanti-wanti jangan makan makanan yang memicu sakit perut lagi. Bahkan selalu mengingatkan saya kalau makanan untuk Sophie tidak boleh ada merica juga.

Wokeh kembali ke resep ini ya, satu resep di bawah ini menghasilkan 5 buah cup kecil dan 1 buah cup cukup besar. Dan untuk akhirnya, cake ini ditaburi dengan gula halus. Saya sempat ragu, taburi tidak dengan gula halus ya, mana yang lebih cantik nih buat difoto, akhirnya saya putuskan foto juga penampakan cake tanpa taburan gula halus.

Resep ini saya modifikasi dari resep topo map love cake, hanya saja susu cair saya ganti dengan buttermilk.

resep mudah pastry fruit cake

Nah sudah terbayang belum rasa cake ini? enak pokoknya mah, wangi butter, lembut dan ketika digigit ada sensasi rasa asamnya juga, sedap... di bawah ini adalah potongan pastry fruit cake ini, kelihatan kan teksturnya yang lembut.. lembut tapi padat.. beda dengan cake jenis sponge atau chiffon.

resep pastry fruit cake

Wokeh... langsung ke resep ya.. silakan..

Pastry Fruit Cake

Bahan :
  • 125 gr butter (di sini saya menggunakan merk orchid)
  • 125 gr gula halus (saya menggunakan gula pasir yang diblender)
  • 3 butir telur ukuran kecil, berat dengan cangkang @50gr
  • 150 gr tepung terigu protein rendah *campur jadi satu
  • 1/2 sendok teh baking powder *
  • 65 ml buttermilk (campur 60 ml susu cair dengan air jeruk nipis atau jus lemon atau cuka, aduk, biarkan hingga menggumpal)

Topping : (campur buah-buahan segar dengan gula halus hingga rata)
  • strawberry, cuci, potong 4 bagian, tiriskan dan keringkan dengan tisu
  • belimbing, cuci dan potong tipis kurang lebih 3mm, tiriskan dan keringkan dengan tisu
  • kismis
  • gula halus kurang lebih 1 sendok makan

Taburan :
  • gula halus

Cara membuat :
Kocok butter dan gula halus dengan balloon whisk atau mixer hingga putih dan mengembang. Masukkan telur satu persatu, di mana ketika dimasukkan dikocok, masukkan satu lagi, kocok lagi. Masukkan tepung, aduk lagi kemudian buttermilk, aduk kembali hingga rata. Tuangkan ke dalam loyang yang sudah dioles butter/margarin dan ditaburi tepung tipis atau cup alumunium foil. Beri potongan buah yang sudah dicampur gula halus. Panggang di oven suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 25-30 menit, sesuai dengan besar kecil loyang atau cetakan (dengan catatan oven sudah dipanaskan terlebih dahulu).
Keluarkan dari oven dan dinginkan, beri taburan gula halus. Siap dihidangkan.

fruits pastry cake batter


Nah semoga resep pastry fruit cake ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...

resep pastry fruit cake


Selamat mencoba...

NewerStories OlderStories Home

14 comments:

  1. Lama tak main ke sini, sudah ketinggalan banyak nih kayaknya.

    Saya lebih suka melihat tampilan yang tanpa taburan gula halus, Mbak.

    Belum pernah makan fruit cake, kalau butter cake sudah sering. Rasanya memang juara apalagi kalau ditambah buah-buahan. Uuuhhh..., jadi ngiler saya.

    Belimbingnya cantik. Dulu waktu kecil pernah dapat yang manis dan buahnya juga sangat besar, tapi sekarang seringnya dapat yang rasanya asam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he.. baru sedikit kok mba ketinggalannya, karena sekarang jarang update.. kalau dulu pasti banyak deh ketinggalannya ha ha ha

      iya ini enak mba ada buah-buahannya.. belimbing kalau manis enak ya mba..dulu waktu kecil sering banget ngerujak pake belimbing aja

      Delete
  2. Ini nih yang selalu bikin ngiler, apalagi tengah2 malam gini, pengen bikin tapi suka bingung pas ditengah2 peejalanan.. maunya cuman makannya aja, bikinnya enggak hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he iya mas, enaknya tinggal makan aja nih

      terima kasih sudah mampir mba Wky

      Delete
  3. Kebayang jelas enaknya pastry fruit cake ini, kak ..., paduan lembutnya bahan pilihan dan rasa topping aneka buah.

    Cocok banget untuk sajian pesta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas enak ini cakenya..

      ahai iya cocok buat sajian pesta ya mas

      Delete
  4. Trimakasih postingannya bu...jadi pengen coba resepnya....untuk keluarga kecilku...
    Pak Segara

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama pak Segara...semoga cocok dengan resep ini, salam untuk keluarga ya pak

      Delete
  5. Wah Sophie, kasian deh. Ikut sedih dia sakit seperti itu. Memang benar harus dijaga makannya jangan sampai sakit perut lagi.

    Belimbing bisa ya dijadikan buah dalam cake. Tetangga depan punya pohon belimbing. Tapi asem buanget rasanya. Tiap hari berbuah lebat tapi dibuangin semua karena gada yang doyan. Sayang banget deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mba... kudu hati-hati sekarang makannya..

      enak mba dijadiin topping cake ini, ada rasa asam manisnya gitu deh..
      wah kalau asem buanget enaknya dijadiin manisan tuh mba..hi hi hi enak ga ya..

      Delete
  6. Tampilannya menarik sekali mbak... :) rasanya pasti enak sekali, kapan nich kirim2 kue2nya ke Alamat saya ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kang Nata... nah tuh dia.. ke Baturaja dari Batam mana tahan makanan begini kang..ha ha ha

      Delete
    2. Gagal maning lagi nich... makanannya, ampuyunnnn..ampyunnn... :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.