Pempek Sosis Versi Pempek Dos


resep pempek dos sosis

Hai..hai.. lama tidak bersua lagi di dapur saya ini ya... walaupun saya berniat untuk rajin posting tapi apa boleh dikata, kenyataan berkata lain ha ha ha...ya begitulah dunia emak-emak..khususnya dunia saya ini, sibuk di dunia nyata.

Nah di kesempatan kali ini saya mau posting resep pempek sosis dulu ya.. ini pempek sosis versi pempek dos, pempek tanpa telur. Pempek dos memang menjadi pilihan kalau ingin makan pempek, ingin buat sendiri tetapi sedang tidak ada ikan. Hmmm bolehlah ya..

Pempek sosis sendiri setahu saya di Palembang baru beberapa tahun terakhir ada dijual di warung pempek besar dan terkenal. Dulu ya belum ada, apalagi waktu saya kecil, sama sekali tidak mengenal varian pempek sosis ini. Dan walaupun ketika beberapa tahun belakangan pulang ke Palembang dan menyempatkan diri menyantap pempek di satu atau beberapa warung pempek, dan ketika dihidangkan pempek sosis, saya tidak tergerak untuk mencobanya. Masih menarik pempek jenis lain yang sudah biasa saya santap.

Hmmm karena punya sosis di freezer ya sudah kepikiran untuk mencoba pempek sosis. Walaupun saya tahu, Sophie pasti tidak suka dengan pempek sosis ini, karena dia memang tidak suka sosis. Dan benar, ketika tahu saya membuat pempek sosis dia protes, alhasil ketika dia makan ini, sosisnya dipisahkan dulu, sisakan saja bagian tanpa sosis.

Untuk satu resep di bawah ini menghasilkan 3 buah pempek sosis. Dan satu bagian pempek sosis ini saya potong menjadi 6 bagian setelah direbus baru deh digoreng. Rasanya bagaimana? bagi pecinta pempek tentu saja enak ya.. Dan testimoni dari penyuka pempek yang beberapa tahun tinggal di Palembang, pempek ini enak, empuk dan tidak kalah jauh rasanya dengan pempek yang menggunakan ikan di adonannya, lebih enak malah dari pempek yang terakhir dibelinya di Jakarta. Hi hi hi... colek dulu teman saya di Jakarta yang beberapa waktu lalu liburan ke Batam.

Cukonya seperti biasa saya buat dengan resep yang sudah-sudah, dan tetap menggunakan gula aren. Gula aren ini saya beli di salah satu swalayan di Batam, rasanya tidak kalah dengan gula batok dari Palembang. Sayangnya stok gula aren ini tidak ada lagi dijual, sudah beberapa kali saya ke sana selalu tidak ada.

Oke deh... daripada kelamaan, siapa tahu ada yang mau mencoba juga membuat sendiri pempek sosis versi pempek dos ini, ini dia resepnya.. menggunakan adonan dasar pempek dos yang sudah sering saya buat, misalnya di pempek dos lenjer kecil ini.


Pempek Sosis

Bahan :
  • 250 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh kaldu bubuk (gunakan kaldu jamur atau kaldu bubuk non MSG atau kaldu bubuk homemade jika ada, kalau tidak ada dan tidak masalah gunakan kaldu bubuk biasa yang banyak tersedia di pasaran)
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 125 gr tepung terigu protein sedang
  • 2 butir telur, kocok dengan garpu
  • 200 gr tepung sagu tani atau tepung tapioka
  • 3 buah sosis ayam
  • sedikit tepung tapioka untuk baluran tangan ketika membentuk pempek
  • kurang lebih 1000 ml air + 1 sendok makan minyak goreng untuk merebus pempek
  • minyak untuk menggoreng pempek 

Cara membuat :
Di panci, campur air, garam, kaldu bubuk dan bawang putih, masak hingga mendidih, kecilkan api dan masukkan tepung terigu, aduk hingga tercampur dan membentuk adonan, angkat dan biarkan hangat. 
Pindahkan ke dalam mangkuk cukup besar, masukkan telur kocok, aduk rata dengan sendok kayu, kemudian tambahkan sebagian tepung sagu tani/tapioka, uleni perlahan dengan tangan, tambahkan sisa tepung, uleni hingga kalis. Baluri tangan dengan tepung tapioka, ambil kira-kira 1/3 adonan, pipihkan, isi dengan sosis, tutup sosis dengan adonan, bentuk bulat lonjong. Letakkan di wadah bertabur tepung tipis, lakukan sampai habis. Selagi membentuk pempek didihkan air di panci, campur dengan minyak goreng. Masukkan pempek, rebus hingga mengapung, biarkan mengapung kurang lebih selama 10 menit, angkat dan tiriskan. Potong menjadi 6 bagian atau sesuai selera, goreng dengan minyak yang cukup banyak sampai garing.


Cuko Pempek

Bahan :
  • 200 gr gula merah/gula aren  (saya gunakan gula aren)
  • 400 ml air
  • 8 siung bawang putih
  • 20 butir cabai rawit (sesuaikan dengan selera jumlahnya)
  • 3 sendok makan asam jawa
  • 1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
Potong kecil gula merah, campur dengan air dan asam jawa, rebus hingga mendidih, saring. Masukkan kembali ke dalam panci, masukkan cabai rawit dan bawang putih yang sudah dihaluskan, masak hingga mendidih, tambahkan garam, aduk rata, cicipi rasanya. Angkat dan biarkan dingin, saring., siap digunakan. Masukkan ke dalam kulkas jika cuko akan diinapkan.



resep pempek dos sosis

Nah semoga resep pempek dos sosis ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...



Selamat mencoba....




NewerStories OlderStories Home

12 comments:

  1. Baru liat nih ada Pempek Sosis. Kirain hasil inovasi mba Monic, ternyata sudah banyak yang jual.

    Hahaha...
    Si Sophie, sosisnya dipisahin. Sini. Sini! Sosisnya buat saya aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahai..iya mba Ima, sudah banyak yang jual nih di Palembang.. cuma belum sempat cicip yang dijual orang, jadi buat sendiri saja deh

      he eh mba, sama sekali dia ga mau makan sosisnya, dia ga suka banget sosis

      Delete
  2. Asiiiiiikkkk dapat ide bikin pempek nih. Belum pernah makan pempek sosis. Kalo pake adonan pempek rebon enak juga ya ? Di rumah lagi pada keranjingan pempek pakai rebon soalnya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba boleh tuh dicoba pempek rebon pake sosis gini

      wuih iya pempek rebon enak ya mba.. belum pernah nyoba dipakein rebon.. hmmm boleh juga tuh kapan2 buat versi rebon he he he

      Delete
  3. Selama ini saya cuma nyicip pempek isi telur atau isi pepaya, eee ternyata ada yang berisi sosis.Perlu Relawan untuk ngabisinnya ngk mbak ... ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. he eh tuh kang, pempek sosis ini memang baru kok beberapa tahun belakangan ini.. saya saja baru makan pas buat ini kang..habis penasaran juga rasanya

      hi hi hi.. buatnya sedikit ini kang, jadi belum butuh relawan, ahai..
      kalau buat banyak kayaknya baru butuh relawan ha ha ha

      Delete
    2. wah...ngk jadi nich makan pempek gratisnya....hahahah

      Delete
  4. Aku baru ngerti ada istilah dos dalam kuliner Pempek lewat post kak Monica ini.

    Makin kesini makin kreatif ya berinovasi dengan tambahan isian lain pempeknya.
    Mungkin suatu saat nanti, pempek dimix gunain getuk .. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas pempek dos ini memang ga setenar pempek ikan biasa

      iya benar mas, makin kreatif isian pempek..ha ha ha bisa aja mas Himawan..pempek getuk deh jadinya

      Delete
  5. Wah ada pempek sosis ternyata, baru tahu saya. Jadi berasa katrok 😁😁😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru juga kok bli pempek sosis ini, baru ngetren beberapa tahun ini kok..he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.