Roti Jala Kari Ayam (lagi)



resep roti jala kari ayam

Huffff sudah berada di hari terakhir bulan November 2018, akhirnya demi menambah jumlah postingan bulan ini, saya sempatkan diri deh menulis.. padahal resep sudah ada beberapa yang saya catat, foto sudah tersedia di komputer, tinggal posting, tapi apa daya..emak sedang sibuk..halah..

Jadi resep roti jala kari ayam ini bukanlah baru saya buat, sudah beberapa waktu lalu, belakangan ini masak tapi tidak saya foto, tidak sempat, ahai.. Roti jala itu memang pasangannya kari ayam ya, pas, tentu saja roti jala versi gurih begini. Nah beberapa kali saya buat roti jala saja tanpa kari ayam buat snack Sophie ke sekolah, beberapa kali versi yang gurih begini. Hmmm lama-lama protes, sudah mulai bosan katanya.

Akhirnya saya coba versi manis, versi coklat, susu cair saya ganti dengan susu cair coklat, beri sedikit gula, jadilah roti jala coklat. Lalu versi stroberi, pakai susu cair rasa stroberi, beri sedikit gula, jadilah roti jala stroberi. Variasi dari snack Sophie yang tidak butuh lama untuk membuatnya. Oh iya untuk cetakan roti jala ini saya menggunakan botol dengan tutup berlubang 4, memang khusus untuk roti jala. Saya belinya di toko serba 8 ribu (lihat ulasan saya di sini : serba 8000) dapat 2 buah, satu saya beri istri teman saya. Hmm toko serba 8 ribu ini sedang marak di Batam, mulai menjamur, tapi menurut saya di sini itu toko jebakan batman, memang sih 8 ribu, tapi tangan sangat gatal untuk memasukkan barang-barang ke keranjang, walaupun tahu kalau sebenarnya itu hanya lapar mata. Begitu sudah sampai di kasir, nah loh banyak juga ya... halah..

Dan bukan hanya sekali saya ke sana.. dan bukan hanya satu toko, lihat ada toko serba 8000 yang baru dibuka, tidak mau ketinggalan, berangkat...ha ha ha.. dan pasti ada saja yang saya masukkan ke keranjang, dan tentu saja namanya emak-emak seperti saya, ya tidak jauh-jauh dari pernak-pernik dan peralatan dapur. 

Nah dengan alat ini sangat praktis untuk membuat roti jala versi rumahan. Kalau tidak ada bisa gunakan kantong segitiga, versi pertama roti jala yang saya buat dulu itu menggunakan kantong segitiga. Atau kalau mau menggunakan botol air mineral, lubangi tutup botol, lalu adonan dimasukkan ke dalam botol. 

Untuk kari ayamnya di sini saya membuat yang versi praktis saja, kebetulan saya punya stok bumbu kari instan berbentuk pasta, tinggal gunakan saja ini, tanpa menambah bumbu lagi, kecuali bawang putih dan bawang bombay. Kalau tidak ada bumbu instan ini, silakan gunakan kari bubuk ya kalau mau mencoba resep ini, di resep roti jala kari ayam lama saya pun menggunakan kari bubuk.

Sippp ah... tanpa lama-lama berikut resepnya ya... silakan...

Roti Jala Kari Ayam 

Bahan roti jala :

  • 10 sendok makan tepung terigu serba guna
  • 1 butir telur
  • 100 ml susu cair
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • 1/2 sendok teh kunyit bubuk

Cara membuat :
Kocok telur sebentar dengan balloon whisk, tambahkan susu cair, garam, minyak goreng, aduk rata. Di mangkuk lain, campur tepung terigu dan kunyit bubuk. Tuangkan campuran tepung ke dalam campuran telur, aduk kembali hingga rata dan adonan mulus. Panaskan teflon dengan api kecil, beri sedikit minyak, lap dengan tisu. Kemudian masukkan ke dalam cetakan, semprotkan di teflon membentuk jala, tunggu hingga adonan terlihat matang, angkat dan letakkan di piring, lipat seperti melipat amplop, atau lipat menjadi 4 bagian. Lakukan sampai selesai.

Kari Ayam

Bahan :
  • 400 gr dada ayam, potong-potong sesuai selera
  • 2 buah kentang, potong-potong
  • 2 buah wortel, potong melintang tebal kurang lebih 1.5cm
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 1 buah bawang bombay, potong kecil
  • 200 ml santan (saya gunakan santan instan @65ml +air)
  • 500 ml air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 gr pasta kari/perencah kari
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
Tumis bawang putih hingga keemasan, masukkan bawang bombay, tumis hingga mulai transparan, tambahkan dada ayam, aduk rata hingga berubah warna, masukkan perencah kari, aduk rata, tambahkan wortel dan kentang, aduk rata kembali, beri air, masak hingga ayam matang, kentang dan wortel lunak, tambahkan santan dan garam, aduk rata, masak hingga mendidih, cicipi rasanya. Angkat dan siap dihidangkan.

resep roti jala dan kari ayam

Nah semoga resep roti jala kari ayam ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya...


Selamat mencoba....




NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. Beruntungnya si Shopie cantik punya mama yang jago masak ...
    Bekal sekolah seenak ini, pasti teman-teman sekolah Sophie pada pengin 😁 ...
    Akupun juga iya 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha... iya kalau emaknya rajin dibuatin makanan mas..
      nah kalau yang ini kadang ya saya bawakan Sophie agak banyak bekalnya, buat dibagi-bagi ke temannya mas.. siapa tahu ada yang mau dan biasanya ya mau sih he he he...

      aishhh iya juga ya mas..he he he

      Delete
  2. Mbak Monica Gimana Kabarnya?
    Sekarang di Batam apa di Palembang mbak?

    Masih konsisten saja blognya mbak monica, mengulas tentang makanan. Mantabe'
    By The Way, aku lihat roti jalanya seperti buah nanas mbak yang di kreasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas Anis...
      masih setia di Batam mas, ntar kalau liburan baru ke Palembang, duh duh lama ya mas Anis ga mampir di sini he he he..

      ya sekarang sih tentu saja tidak serajin dulu mas, sekarang banyak malasnya ha ha ha

      oh iyakah mas... karena warnanya itu kali ya... kuning

      Delete
  3. Model jalanya cukup unik mbak, apalagi banyak varian rasanya,kalau kenikmatannya sepertinya jangan ditanya....pasti enak tenan yach....

    klu saya boleh menduga mbak Monic ini orangnya selalu mengutamakan kerapian, tulisannya saja sulit ditemukan kata yg terbalik atau salah.Sempurna seperti masakannya. :)

    klu boleh tahu tahun berapa awal ngeblognya mbak.. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang, model jalanya ini menarik deh..makanya saya tuh dari dulu yang suka kalau buat ini kang..ahaiii kang Nata bisa aja..

      nah yang ini nih... bisa aja neh kang Nata, tapi makasih loh kang.. ahaii...

      mulai ngeblog itu Januari tahun 2014 kang... ya kalau boleh dikatakan di awal semangat kang.. sekarang mulai malas-malasan..

      Delete
  4. hemmm kari ayam dipadu roti jala...nikmat bener ngeliatinnya :)

    ReplyDelete
  5. Weekend lalu diriku kondangan ada menu roti jala dan kari ayam. Terus sudah nyimpen resep juga. Udah lama tapi gak segera bikin hahahah.....kadang ragu, kalo belum pernah nyoba rasanya, jadi maju mundur mau bikin resepnya.

    Musim penghujan cucok nih makan yang bersantan gini, nyam. Udah gitu punya cetakan roti jala yang belinya bareng cetakan pukis. Ngendon di gudang udah berapa taon itu ya cetakan hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha jadi dari dulu sudah maju mundur nih buat roti jala kari ayam ini..

      iya mba enak dan cucok musim hujan makan ginian.. nah tuh ada cetakannya juga...ayooo dibuat mba..daripada ngendon di gudang terus tuh cetakan he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.