kue kering kacang polong


Masih setia dulu dengan kukis atau kue kering, nah kali ini saya mau posting resep kue kering kacang polong atau green peas cookies. Kukis ini renyah sekali, dan membuatnya sangat mudah, bahan-bahannya juga sederhana.

Yang diperlukan tentu saja kacang polong yang sudah digoreng ya. Praktisnya beli saja snack kacang polong di swalayan. Ada kan kacang polong ini, tinggal dimakan saja kalau buat cemilan, dan rasanya sudah asin karena sudah digarami. Nah saya pakai yang ini. Tinggal dihaluskan saja dengan blender yang dry mill. 

Belinya kacang polong yang kualitas agak bagus ya, supaya jangan keras kacangnya, yang lebih empuk. Terkadang kan ada beberapa produsen kacang polong asin ini, dengan berbagai harga tentu saja, tidak terpaut jauh kok. Pilih yang sekiranya enak dikunyah kalau kita makan begitu saja sebagai cemilan.

Kalau kami itu ke swalayan pasti selalu mampir ke bagian snack kering begini, ada keripik tempe, ada peyek ada kacang, kerupuk, emping, marning, dll. Nah khusus di Batam ini ada juga cemilan khas Minang, misalnya keripik sanjay, tidak perlu pergi ke Sumbar untuk menyantap keripik sanjay atau juga keripik singkong berbumbu gurih pedas dengan taburan bumbu ebi dan cabai, atau juga taburan gurih berbumbu daun kunyit, atau juga keripik singkong dadu kecil khasnya kota Payakumbuh.. ada juga di sini. Kalau yang ini terkadang ingin makan ya tinggal beli.

Kalau kerupuk Palembang, hmmm jangan ditanya.. banyak yang jual, tapi kok saya pikir-pikir kalau beli kerupuk ini, mahal..tapi rasanya tetap afdol aslinya dari Palembang langsung. Kerupuk Palembang kalau ingin sekali makan baru beli, kalau tidak lebih baik kalau pulang ke Palembang baru beli banyak dan bawa ke Batam, jiaahhhh... 

Kepikiran nih kalau misalnya jadi bagasi harus bayar, semoga saja kurang lebih sama lah ya harga tiket dulu plus free bagasi. Tapi kalau harga tiket lebih murah bagus juga sih, kalau bepergian, bawaan saya tidak begitu banyak kok, tidak pernah sampai 20 kg sendiri. Eh pernah sih dulu pulang dari rumah mertua, Sophie masih kecil jadi bagasi total 40 kg, hitung saya dan bapaknya Sophie. Hmmm kebayang kan kalau pergi dengan balita, bawaan macam-macam. Begitu pergi dari Batam, masih masuk batas free. Begitu pulang... over kapasitas. 

Barang yang kami bawa dari Batam, pakaian dll, lalu ditambah oleh-oleh, nah ini nih yang membuat bapaknya Sophie kesal, ibunya memasukkan apa saja yang bisa kami bawa ke Batam. Padahal sudah disortir sebelum berangkat, sempat bersitegang, bapaknya Sophie tidak mau membawa beberapa oleh-oleh, tetapi ibunya memaksa, akhirnya mengalah deh bapaknya Sophie. Dan akhirnya eng ing eng... tibalah harus membayar kelebihan bagasi. Uhuy... 

Okeh begitulah ceritanya ya.. ngelantur dulu he he he.. nah kembali ke resep green peas cookies ini, jadinya cukup banyak 55 buah, jadi 1 resep ini bisa mengisi toples hari raya juga kan. Hmmm yang mau merayakan Imlek, siapa tahu berminat juga mengisi toples dengan kue kering ini.

Dan yang namanya kue kering selalu cocok buat hari raya apa saja, cocok buat Lebaran, Natal, dan tentu saja Imlek. Atau bahkan hanya sebagai cemilan nonton televisi atau teman ngopi dan ngeteh, bisa saja sesuai selera.


Okeh, berikut resepnya ya.. silakan ..

Green Peas Cookies

Bahan :
  • 130 gr kacang polong hijau yang sudah diblender
  • 80 gr gula bubuk atau gula pasir yang diblender
  • 1/4 sendok teh garam
  • 170 gr tepung terigu protein sedang atau rendah
  • 1 sendok teh baking powder
  • 100 ml minyak goreng

Olesan :
  • 1 kuning telur + 1/2 sendok teh air
 
kukis hari raya imlek
 
Cara membuat :
Campur tepung terigu, gula, garam, dan baking powder, aduk rata. Tambahkan kacang polong yang sudah diblender, aduk. Masukkan minyak goreng, campur adonan sampai adonan tidak lengket di tangan. Tutup adonan, biarkan selama kurang lebih 15 menit.
Panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius, siapkan loyang, oles tipis margarin atau gunakan loyang teflon seperti yang saya lakukan tanpa perlu dioles. Ambil sedikit adonan, kurang lebih berat 10-12 gr. Bentuk bulat sambil dipadatkan dengan tangan. Tata di loyang, lakukan sampai selesai. Beri olesan, panggang selama kurang lebih 15 menit. Keluarkan dari oven, dinginkan dan masukkan ke wadah kedap udara.


resep kukis kacang polong



Nah semoga resep green peas cookies ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya..


resep green peas cookies


Selamat mencoba...







resep raisin peanut cornflakes cookies

Haloooo... hai hai..jumpa lagi di tahun yang baru ini, duh duh maafkan lama sekali saya menghilang dari peredaran. Padahal niatnya nih, Desember 2018 mau buat lebih dari 2 postingan, awal Januari mau posting, tapi apa daya, akhir Januari 2019 ini baru bisa posting lagi.

Tuh kan.. tahun baru sudah lewat, eh sudah mau Imlek lagi baru bisa posting. Hmmm apa kabar semua? semoga tetap ceria selalu ya..aishhhh.. itu namanya harapan kan ya..

Nah menyemarakkan Imlek, kan tidak ada salahnya tohhh buat kukis tema Imlek. Padahal sebenarnya kukis ini bisa buat kukis Natal, kukis Lebaran juga sih, nah supaya cocok suasana Imleknya jadi pake paper cup warna merah dan kasih properti amplop angpao, walaupun tidak ada isinya.. ha ha ha..

Ceritanya ke swalayan neh, di daerah Harbour Bay, eh pas setelah pintu masuk, ada stan khusus ornamen Imlek, ikutan lihat-lihat, hmmm langsung terpikir mau beli ah buat properti foto tema Imlek. Wuihhh Sophie senang sekali loh saya ajak lihat-lihat ornamen Imlek ini, ribut dia.. Ibu ada lucky cat juga, lihat.. lalu dia katakan gambar babi banyak banget loh.. lalu saya katakan, iya Imlek tahun ini tahun Babi. Kok babi katanya? iya nanti ada tahun kelinci, kuda, naga.. oh begitu ya katanya lagi.

Saya hampir saja tergerak untuk membeli ornamen lain, habis lucu-lucu, tapi saya batalkan, karena saya tahu ini hanya lapar mata. Jadi kami hanya melihat-lihat saja, untungnya Sophie tidak memaksa untuk membeli salah satu ornamen itu.

Okeh kembali ke resep kukis ini, nah kepikiran buat kukis ini karena ada cornflakes Sophie, kalau hari libur, dia suka sarapan ini dengan susu cair. Hmmm boleh nih diambil sedikit buat kukis, ada kismis juga dan ada kacang tanah goreng juga, cemilan bapaknya Sophie, ambil juga sedikit. 

Buru-buru buat juga karena ada butter yang sebentar lagi expired, kan sayang kalau tidak digunakan. Daripada sayang terbuang, baiklah buat kukis yang simple saja. Dulu pernah buat kukis cornflakes juga di sini Cornflakes Cookies. Tapi kalau yang ini lebih beragam teksturnya, lebih enak menurut saya.

Dan yang ini tanpa mixer. Secara saya sekarang lebih senang kalau membuat kukis itu tanpa mixer, karena memang toh mengocok bahan kukis tidak perlu lama juga, asal menyatu sudah cukup. Jadi balloon whisk adalah andalan saya. Dan pastinya membuat kukis ini jadinya tidak pakai berisik. Tenang, eh tiba-tiba jadi deh... tada... semerbak harum kukis memenuhi ruangan.

Raisin Peanut Cornflakes Cookies
hasil : 45 buah

Bahan :
  • 90 gr butter lunak, saya gunakan merk orchid
  • 50 gr gula pasir yang diblender, atau gunakan gula halus
  • 1 butir telur
  • 125 gr tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 50 gr kismis
  • 50 gr kacang tanah tanpa kulit, sangrai atau goreng lalu cincang
  • 50 gr cornflakes, remas-remas sedikit

Cara membuat : 
Campur tepung terigu dan baking powder, sisihkan. Kocok butter dan gula halus dengan balloon whisk hingga pucat, masukkan telur, kocok kembali hingga rata, masukkan campuran tepung, aduk dengan spatula, masukkan kismis, kacang tanah dan cornflakes, aduk kembali dengan spatula atau sendok hingga rata. Tutup mangkuk, masukkan ke kulkas selama kurang lebih 20 menit. Ambil sedikit adonan kurang lebih seberat 10 gr (saya timbang hanya satu buah, selebihnya saya kira-kira saja). Bulatkan dan letakkan di paper cup kecil. Susun di loyang, lakukan sampai habis. Sementara itu panaskan oven, set di suhu 180 derajat celcius. Panggang selama kurang lebih 20 menit atau sesuaikan dengan oven masing-masing. Keluarkan dari oven, dinginkan, simpan di wadah kedap udara.


cornflakes cookies


Nah, semoga resep raisin peanut cornflakes cookies ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya..



Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home