Nasi Tumpeng Mini Ekonomis


resep nasi tumpeng mini

Yuhuuu... posting lagi, setelah lama tidak posting. Nah kali ini saya mau posting resep nasi tumpeng mini yang versi ekonomis. Namanya juga ekonomis jadi pendamping atau pelengkap nasi ya ekonomis, sederhana dan murah meriah saja. Ceritanya ketika malas ke pasar, hanya memanfaatkan bahan yang ada di dapur. Jadilah pelengkap hanya mie goreng, telur dadar, orek tahu tempe dan sambal goreng kentang, serta timun dan tomat saja.

Buat nasi tumpeng ini dadakan sih, buatnya waktu Imlek, iseng, setelah beberapa hari sebelumnya saya ketemu cetakan nasi tumpeng versi lebih imut lagi dibanding yang saya punya sebelumnya. Nah setelah saya pikir, hmmm sepertinya cetakan nasi tumpeng yang imut ini malah lebih cocok buat nasi tumpeng mini porsi personal. 

Menjawab permintaan spesial dari blogger sahabat yang sudah cukup lama kenal, Kang Nata pemilik blog Asik Pedia. Beberapa waktu lalu Kang Nata ini request untuk membuat artikel nasi tumpeng mini. Nah ada satu lagi permintaan, hmmm lebih saya sebut tantangan sih... bakso isi durian, halah..kalau yang ini sepertinya harus menunggu mood ekstra besar untuk mewujudkannya. Lain kali ya Kang, kalau emak satu ini tidak malas. Terima kasih kang Nata, kalau tidak ada request begini mungkin lama lagi kepikiran untuk membuat nasi tumpeng mini.

Ketika bangun tidur, kepikiran buat nasi tumpeng, harap-harap cemas juga nih, ada tidak bahan-bahan untuk bumbu nasi kuningnya. Ada sih.. hanya saja kondisi serai yang saya punya sudah menyedihkan, tapi ya masih untung bisa tetap digunakan. Kalau masalah pelengkap nasi kuningnya, seadanya saja. Telur juga sisa 2 butir, jadi hanya bisa didadar dan diiris saja. Ada sambal goreng kentang teri sisa lauk kemarin, hmmm boleh juga nih buat tambahan pelengkap. 

Ketika saya foto, lalu saya kirim via WA ke adik saya, dengan embel-embel malas ke pasar, jadi pakai pelengkap nasinya seadanya saja. Lalu apa balasnya... he he he.. pantas itu kok irisan timun di piring kok agak banyak ya.. buat memenuhi piring ya? ahai.. tahu saja balas saya lagi.

resep nasi tumpeng mini

Tapi jangan salah, walaupun nasi tumpeng mini ini versi ekonomis, rasanya tetap sedap. Sophie saja doyan. Saya buatkan dia satu porsi begini, habis. Lalu sore harinya minta lagi nasi kuning lagi katanya. 

Sebenarnya nasi tumpeng itu buatnya suka-suka saja ya, tidak ada patokan apa pelengkap nasinya, bisa juga urap, lalapan, ayam goreng, sambal goreng hati, perkedel, kering kentang, kering tempe kacang atau telur dan ayam masak habang kalau versi Banjar, dll.

Jadi tidak membatasi diri dalam membuat nasi tumpeng, yang penting itu bentuk nasinya kerucut dan nasinya umumnya ya nasi kuning. Nasi kuning sendiri suka-suka juga, di sini saya buatnya juga suka-suka tapi rasanya enak juga, he he he...

Saya beri juga tetangga depan rumah, 2 porsi, berhubung hanya suami dan istri saja yang ada, hmmm tanya saya ada acara apa kok buat nasi tumpeng, saya jawab hanya iseng, mencoba cetakan nasi tumpeng mini yang baru beli. Pelengkapnya seadanya saja, belum sempat ke pasar, jadi maklum ya mba.. begitu kata saya.

Okeh, di sini saya berarti hanya akan menuliskan resep nasi kuningnya dan orek tempe tahu saja ya, kalau sambal goreng atau pun mie goreng silakan pakai resep favorit. Atau silakan berselancar di blog ini, ada beberapa resep sambal goreng dan mie goreng yang sudah tayang.


Nasi kuning

Bahan :
  • 600 gr beras, cuci dan tiriskan
  • 500 ml santan (65 ml santan instan +air)
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis
  • 3 lembar daun pandan, simpulkan
  • 3 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • 1 sendok teh garam
  • 3 sendok teh kunyit bubuk
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
Tumis bawang bombay sampai harum, masukkan serai, jahe, daun-daunan, masukan santan, garam, dan kunyit bubuk, aduk rata, masak hingga mendidih, tambahkan beras, masak hingga santan terserap nasi. Sementara itu panaskan kukusan, pindahkan tumisan ke dalam kukusan, kukus hingga matang.

 
Orek Tempe Tahu

Bahan :
  • tempe, potong dadu, goreng hingga matang
  • tahu, potong dadu, goreng hingga matang
  • 3 butir bawang merah, iris
  • 2 siung bawang putih, iris
  • 5 buah cabai merah keriting, iris
  • 1 buah tomat ukuran sedang, potong-potong
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan putih sampai harum, masukkan cabai dan tomat, aduk rata, tambahkan tempe dan tahu goreng, beri kecap manis dan asin, aduk rata. cicipi rasanya, angkat.



Penyelesaian :
Masukkan nasi di cetakan nasi tumpeng (loyang kerucut), padatkan dan cetak di atas piring. Tata semua pelengkap mengelilingi nasi.



resep nasi tumpeng sederhana

Nah semoga resep nasi tumpeng mini sederhana ini bisa bermanfaat ya, silakan mencoba dan semoga cocok dengan selera ya.



Selamat mencoba...




NewerStories OlderStories Home

16 comments:

  1. WOwwwww.... akhirnya nasi Tumpeng Mini pesanan saya jadi. Asyikkkkkkk..... ( sambil jingkrak - jingkrak ) :)

    Hasilnya sangat luar biasa Menarik Mbak, tentunya rasanya pasti enak , walau saya ngak diajak nyicip,itu yang saya sesali, hiks..hiks...hiks...

    ternyata dengan menggunakan bahan yang sederhana yang umumnya pasti ada di dapur, tumpeng mini bisa kita buat yach Mbak ?

    kalau lihat fotonya, tumpeng mini ini sangat menggugah selera untuk melahapnya. Kalau dijadikan sebagai ladang bisnis, sepertinya akan mendatangkan keuntungan mbak... :)

    kalau boleh saya berikan penilaian, tumpeng mini buatan Mbak Monic ini, lebih bagus dan menarik dibandingkan tumpeng mini buatan tetangga sebelah, sebab membuatnya pasti penuh dengan kasih sayang, lah anaknya saja doyan makannya, hihihihihi...

    kalau saya sich,pasti doyan ngabisinnya.... :) tapi kapan kebagiannya ? hanya daun sop yang mungkin bisa menjawabnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaiii iya akhirnya dibuat juga ya kang nasi tumpeng mininya.. tinggal bakso durian... entah kapan ha ha ha

      ah iya sayang ga bisa nyicipin kang, lumayan banyak padahal loh.. he eh walaupun bahan seadanya bisa jadi juga tumpeng mini, versi ekonomis tapi sudah bisa menjual he he he

      aishhh terima kasih kang, duh jan jadi malu deh..

      ha ha ha... iya hanya daun sop yang bisa menjawabnya..

      Delete
  2. SEMANGATTTT BUNDAAAAA....
    bunda saya mau nanya nich klo nasi kuningnya gak usah dikasih bombay mengurangi rasa gak ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bunda.. semangat.. terima kasih ya

      ga papa kok bund ga dikasih bombay, tetap enak, penambahan bawang bombay ini untuk memberikan rasa manis saja

      resep kebanyakan malah ga pake bombay kok bund

      Delete
  3. Kang Nata mana niiih ..., acung tangannya :D ...
    Ini looh udah dibikinin requestnya oleh kak Monica, nasi tumpeng sangat keren tampilan penyajiannya.
    Asiknya lagi disertai resep detil bahan-bahannya ..., jadi kita bisa ikutan praktek bikinnya.

    Kuberitahu kang Nata akh ..., biar ikutan nongol disini juga ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kang Nata sudah hadir mas duluan.. he he he

      iya mas nasi tumpeng mini versi ekonomis nih.. tapi sengaja dibuat supaya agak imut gitu ha ha ha

      he eh mas bisa praktek loh buat nasi tumpeng sendiri, pakai pelengkap sesuka saja

      Delete
  4. Betul betul itu, irisan timunnya terlalu banyak sehingga tampak lebih dominan, sehingga tumpeng mininya kalah pamor jadinya.
    Oh itu sambal goreng kentang, kirain tadinya mah daging rendang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi hi iya mas DB, timunnya kebanyakan ya.. ya begitulah karena keterbatasan bahan itu, makanya diberi embel-embel ekonomis

      iya mas sambal goreng kentang, bukan rendang, kalau rendang jadi ga ekonomis donk

      Delete
  5. Nasi tumpeng mini memang lagi tren ya, Mbak Monic. Saya baru tau resep nasi kuning pakai bawang bombai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin lagi tren mba.. saya juga ga ngeh.. soalnya ini request kang Nata he he he..

      pakai bawang bombay suka-suka aja mba.. karena saya suka bawang bombay, seperti halnya nasi lemak, saya suka ada bawang bombaynya

      Delete
  6. Diriku sering bikin nasi kuning pake kaldu bekas ungkepan ayam. Enak juga lho meski minus santan. Dan jadi ketagihan malahan.

    Mau juga dong nasi tumpengnya sepiring komplit gitu.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya enak ya mba nasi kuning bekas ungkepan, pasti gurih banget.. sudah kebayang rasanya

      ahai iya kalau komplit sepiring enak ya kalau tinggal makan ha ha ha

      Delete
  7. Woww....kalo makan sendiri satu porsi gitu pasti kenyang bgt ya mbak hehehe...


    -Mama Al

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar mama Al, kenyang pake banget he he he

      Delete
  8. Walaupun minimalis gitu tapi kelihatan enak gitu mbak. Jadi lapar lihatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. He eh bli Putu, minimalis tapi buat kenyang juga..
      Sayang cuma bisa lihat gambarnya saja ya bli he he he

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.