Ayam Goreng Serai Berempah

resep ayam goreng serai
Ayam goreng serai berempah

Resep kali ini yang saya posting adalah ayam goreng serai berempah. Dari namanya sudah terbayang kan rasanya..yup dengan adanya pemakaian rempah yang khas serta serai yang lumayan banyak (he he he hanya 3 batang saja kok serainya..)

Nih ya kalau saya sudah tertarik dengan salah satu food blog atau website, biasanya saya suka eksplore blog tersebut dan suka mencari-cari resep yang kira-kiranya saya suka. Tentu saja dengan pertimbangan kira-kira mudah untuk dibuat dan bahan-bahannya mudah didapat. Nah masih dalam edisi mencoba resep kak Ayu dari Singapore..dimana saya juga pernah mencoba resep nasi lemaknya...maka resep ayam goreng serai berempah ini merupakan resep yang saya coba dari blognya kak Ayu Curlybabe's Satisfaction ayam goreng berempah serai...

Resep ayam goreng ini sebenarnya satu paket disajikan dengan nasi kerabu..hanya saja saya coba ayam serainya dulu deh...secara kok dari bahan dan bumbu yang digunakan sepertinya enak. Dan memang enak ternyata..rasa rempahnya terasa sekali.

Hanya saja sedikit perbedaan yang saya buat nih...kalau di resep asli, ayam begitu sudah diperap/didiamkan  dengan bumbu selama 1 jam langsung digoreng. Nah yang saya lakukan adalah mengungkepnya terlebih dahulu. Lalu saya tidak menggunakan daun kari..secara tidak ada..he he he.. Saya skip juga penggunaan cabai merah keringnya. Kemudian saya gunakan jinten, adas serta ketumbar butiran yang disangrai. Resep asli menggunakan yang bubuk.

Nah yang sedikit bingung nih tercantum penggunaan bahan yang namanya aji. Cari di google tidak ketemu juga apa sih aji ini..makanya saya skip saja. Nanti saya tanyakan saja sama kak Ayu.

Oh iya di resep aslinya sekali menggunakan rempah 5 spices, dimana kak Ayu skip rempah ini. Nah kebetulan sudah beberapa bulan yang lalu saya beli bumbu rempah ini di carrefour. Waktu beli sih belum ada rencana mau dibuat apa. Eh akhirnya terpakai juga...

Biasanya sih setahu saya ya rempah 5 spices ini banyak digunakan pada masakan Cina, kalau nama lainnya ngohiong. Bumbu ini terdiri dari kayu manis, pekak/kembang lawang, jinten, ketumbar, dan biji pala. Nah seperti ini kemasan botolan bumbu ngohiong itu.
bumbu ngohiong
rempah 5 spices/ngohiong

Nah sekarang lanjut ke resepnya saja ya..mari silakan...
(oh iya..jika tertarik dengan resep nasi lemak pandan silakan lihat di nasi lemak pandan dengan rice cooker ya..itu resep nasi lemak yang saya adaptasikan dari blog kak Ayu..)

Ayam Goreng Serai Berempah 

Bahan :
  • 750 gr daging ayam, potong sesuai selera (saya gunakan yang tanpa kulit)
  • 1 buah jeruk nipis, peras
  • minyak untuk menggoreng
  • air secukupnya untuk mengungkep daging ayam
  • garam secukupnya

Bumbu halus :
  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 batang serai, ambil bagian putihnya
  • 2 cm jahe
  • 2 sendok makan bumbu kari bubuk
  • 1/4 sendok teh jinten, sangrai
  • 1/4 sendok teh adas, sangrai
  • 1/2 sendok teh ketumbar, sangrai
  • 1/2 sendok teh rempah 5 spices

Cara membuat :
  1. Cuci bersih ayam, lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang lebih 15 menit
  2. Cuci kembali ayam, sisihkan
  3. Haluskan bumbu dengan blender
  4. Campur bumbu dengan ayam, aduk rata dengan tangan hingga semua bagian ayam rata dengan bumbu
  5. Tambahkan garam, aduk rata kembali
  6. Diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga bumbu meresap
  7. Ungkep ayam dengan air secukupnya hingga semua bagian ayam terendam
  8. Masak selama kurang lebih 15 - 20 menit hingga bumbu meresap dan air agak menyusut
  9. Angkat daging ayam dan tiriskan
  10. Goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan
  11. Angkat

Nah mudah kan membuat ayam goreng serai berempah ini...semoga tertarik ya dan mau mencobanya sendiri di rumah..semoga suka...
NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. Hi, Monica,
    waduh terharu sungguh Monica, rajin mencuba menu dari dapur akak..
    terimakasih ya..kalau monica ingin tahu, aji tu adalah ajinomoto atau msg dalam bahasa inggeris.
    Kalau akak panggil serbuk perasa aje..kalau tak gunakan ini ok aje monica boleh gantikan dengan gula..sebab ada orang memang enggak guna serbuk perasa ni..mereka selalunya gantikankan dengan gula...
    aduh terliur deh tengok ayam goreng mu itu..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak Ayu...
      iya saya suka dengan masakan-masakan kak Ayu, jadi suka untuk mencobanya.. oh..aji itu ya ajinomoto ya..atau serbuk perasa..kalau di Indonesia penyedap..he he he baru tahu..

      terima kasih sudah mampir ke blog saya ya Kak...kapan-kapan saya nak tengok dan coba lagi resep-resep di dapur kak Ayu..

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.