Diet Rendah Garam #3 Kuah Pedas Ayam Nanas

diet rendah garam ayam nanas kuah
Ayam Nanas Masak Kuah Pedas
Diet rendah garam #3 Kuah Pedas Ayam Nanas, masih dalam kategori menu diet lagi nih... Sebenarnya sih mungkin masakan ini standar bukan untuk menu diet kali ya..hanya saja takaran garam saya kurangi. Nah resep ini saya adaptasikan dari resep lempah kuning nanas khas Bangka yang menggunakan ikan.

Hanya saja karena ini masakan diet rendah garam, maka saya skip penggunaan terasi. Lalu supaya manis alami saya tambahkan juga tomat, walaupun mungkin nanas saja sudah cukup ya..hanya saja menurut saya kok kalau dengan tambahan tomat lebih enak. Nah karena ada stok jamur kuping kering, maka saya gunakan juga supaya lebih sarat isi... he he he...

Ok deh masih tentang tema hipertensi, nah kalau kita ketahui saat mengukur tekanan darah kita diberi tahu angka misalnya 120/80 mmHg. Angka teratas adalah menyatakan tekanan darah sistolik yaitu tekanan pada arteri/pembuluh darah saat jantung berkontraksi atau ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan angka bagian bawah adalah menyatakan tekanan darah diastolik yaitu tekanan saat jantung beristirahat/relaksasi di antara pemompaan.

Nah setidaknya memang penting untuk kita selalu rutin memeriksakan tekanan darah ya..berikut ini klasifikasi hipertensi yang setidaknya cukup penting untuk kita ketahui (sumber: wikipedia)
Klasifikasi  Tekanan sistolik Tekanan diastolik
mmHg kPa          mmHg kPa
Normal 90–119     12–15,9          60–79      8,0–10,5
Pra-hipertensi 120–139     16,0–18,5          80–89      10,7–11,9
Hipertensi Derajat 1 140–159     18,7–21,2          90–99      12,0–13,2
Hipertensi Derajat 2       ≥160      ≥21,3          ≥100      ≥13,3





Kebanyakan penderita darah tinggi memang tidak menyadari kalau sedang menderita hipertensi, itulah sebabnya hipertensi disebut juga silent killer. Karena selain merusak pembuluh darah hipertensi juga menyebabkan serangan jantung, masalah penglihatan dan juga kerusakan ginjal.

Jadi kalau ketika pengukuran beberapa kali dan ditemukan bahwa tekanan darah cukup tinggi maka itu tanda bahwa kita harus waspada. Jangan anggap enteng, segera konsultasikan dengan dokter. Lakukan perubahan pola hidup. Usahakan untuk selalu aktif bergerak, kurangi makanan tinggi garam,  hentikan rokok, kurangi berat badan, hentikan minum-minuman keras.

Nah secara sederhana memang baiknya kita mengontrol apa yang kita makan kan...berikut ini resep kuah pedas ayam nanas yang bisa menjadi menu alternatif sebagai menu diet rendah garam. Baiknya konsumsi juga buah-buahan dan sayuran mentah lebih bagus. Selain itu selalu pastikan untuk meminum banyak air putih. Pasti akan terasa efeknya di tubuh kita.

Ok deh lanjut ke resepnya saja ya....sebagai sumber karbohidrat bisa konsumsi oatmeal, nasi merah atau nasi putih. Tergantung kepada selera masing masing.  Nah menu ini masih merupakan menu rendah garam, rendah lemak dan rendah kalori ya...

Diet Rendah Garam #3 Kuah Pedas Ayam Nanas
Bahan :
  • 3 buah dada ayam tanpa kulit kira-kira berat 500 gr, potong sesuai selera (atau bisa juga gunakan bagian yang lain, tetapi sisihkan kulitnya)
  • 1 buah nanas ukuran kecil, potong sesuai selera
  • 2 buah tomat ukuran sedang, potong sesuai selera
  • 5 buah jamur kuping kering, rendam dengan air dingin dan potong-potong
  • 1000 ml air
  • 1/2 sendok teh garam

Bumbu halus :
  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 10 buah cabai rawit merah (sesuaikan dengan selera)
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 ruas kunyit
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya

Cara membuat :
  1. Haluskan bumbu halus dengan menggunakan blender,sisihkan
  2. Didihkan air
  3. Masukkan nanas, masak kembali hingga mendidih
  4. Masukkan daging ayam serta bumbu halus, aduk rata
  5. Ketika ayam sudah matang, masukkan tomat dan jamur kuping
  6. Tambahkan garam, aduk rata
  7. Masak sebentar sampai tomat agak layu
  8. Angkat dan sajikan

Nah semoga menu  Diet Rendah Garam #3 Kuah Pedas Ayam Nanas bermanfaat ya..semoga tertarik dan semoga suka...

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.