Nasi Lemak Pandan dengan Rice Cooker

resep nasi lemak
Nasi Lemak Pandan

Resep kali ini adalah nasi lemak pandan dengan rice cooker. Nih secara ya saya suka sekali memasak yang mudah dan praktis. Makanya ketika ingin menyantap nasi lemak maka mulai searching di internet dan ketemu deh resep nasi lemak yang akhirnya saya pilih sebagai acuan membuat nasi lemak kali ini.  Resep yang saya gunakan adalah milik kak Ayu dari Singapore. 

Resepnya sih tentu saja menarik hati karena hmmm setelah dibaca yup...ternyata proses memasak nasi dengan rice cooker..yipi... Tetapi tentu saja nih ada beberapa perubahan sedikit karena memang menyesuaikan dengan bahan saya yang ada. Resep asli menggunakan daun pandan, nah karena saya tidak ada daun pandan maka saya gunakan saja pasta pandan..makanya warna nasinya hijau kan...Lalu nih saya gunakan santan instant saja. 

Saya tambahkan daun salam dan daun jeruk juga nih ke dalam nasinya, maksud hati sih supaya lebih wangi dan enak. Hmmm begitu nasinya matang..benar-benar harum...menggugah selera untuk makan..he he he...

Sebagai teman nasi lemak ini saya gunakan saja ikan teri atau ikan bilis dan kacang goreng serta telur dadar yang dipotong-potong. Walaupun enaknya nasi lemak yang komplit itu dengan ayam goreng. Nah ini nasi lemak versi ekonomis ya..

Nah mengenai sambalnya..kalau saya boleh bilang walaupun sambalnya enak..tetapi tidak pedas menurut saya. Saya tidak menambahkan cabai rawit. Selain itu seperti halnya kak Ayu bilang sambal nasi lemak itu enaknya ada rasa manisnya. Iya memang sih selama ini kalau beli nasi lemak sambalnya memang manis dan tidak pedas. Itu ciri khasnya kali ya...hanya saja saya tetap tidak memakai gula..he he he.. Jika sesuai resep asli begitu sambal matang dan sesaat sebelum sambal diangkat tambahkan ikan teri yang sudah digoreng, aduk rata. Saya tidak tambahkan lagi teri di sambal ini....

Cabai yang digunakan untuk sambal ini adalah cabai merah keriting yang sudah dikeringkan. Kita cukup merendamnya dengan air panas sebentar kemudian baru menghaluskannya. Nah karena sambal ini tidak memakai tomat maka rasanya memang kurang enak kalau tidak ditambah dengan kaldu bubuk..kalau kak Ayu bilang secubit serbuk perasa..he he he.. Tetapi karena saya tidak menyediakan serbuk perasa ini maka saya gunakan saja saos tiram..ya lumayan deh agak menambah rasa.

Mengenai takaran air sesuaikan dengan jenis beras masing-masing ya...ini sama saja ketika kita akan memasak nasi putih biasa dengan rice cooker, hanya bedanya diberi bumbu serta tambahan santan. Jadi takaran air disini merupakan takaran air untuk beras yang saya gunakan. Nah beras yang saya gunakan ya beras biasa saja sih...beras yang saya suka beli di pasar.

Ok deh sekarang langsung ke resepnya saja ya...silakan...

Nasi Lemak Pandan dengan Rice Cooker

Bahan nasi lemak:
  • 3 cup beras, cuci bersih dan rendam sekitar 1 jam, tiriskan airnya
  • 3 cup air
  • 1 buah santan instan (saya gunakan yang 65ml, jika dirasa kurang gunakan 2 buah)
  • 4 siung bawang putih, digeprek
  • 1 buah bawang bombay, belah 8 bagian
  • 2 cm jahe, digeprek
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya dan dimemarkan
  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 sendok teh pasta pandan

Bahan sambal :
  • 30 buah cabai merah kering, rendam dengan air panas selama kurang lebih 10 menit
  • 10 butir bawang merah
  • 1 buah bawang bombay, diiris 
  • 2 sachet terasi (saya gunakan terasi merk ABC)
  • garam secukupnya
  • 1/2 sendok makan saus tiram (gunakan gula dan kaldu bubuk jika suka)
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan pelengkap :
  • 50 gr teri, digoreng garing
  • 100 gr kacang tanah, goreng
  • 2 butir telur, didadar
  • irisan timun 
  • bawang goreng

Cara membuat :
  1. Masukkan semua bahan nasi lemak ke dalam panci rice cooker, aduk-aduk hingga santan rata
  2. Masak nasi sampai matang
    cara membuat nasi lemak
    nasi lemak pandan praktis dengan rice cooker
  3. Untuk membuat sambal, haluskan  bawang merah dan cabai kering yang sudah direndam air panas menggunakan blender dengan sedikit air
  4. Tumis bawang bombay sampai harum dan transparan
  5. Tambahkan terasi, hancurkan 
  6. Masukkan cabai dan bawang merah halus, aduk rata
  7. Tambahkan air asam jawa, masak hingga matang dan sambal agak kental
  8. Tambahkan saus tiram dan garam
  9. Cicipi rasanya
  10. Angkat sambal

Cara menyajikan, tata nasi dan semua bahan pelengkap di piring, kemudian tambahkan sambal dan taburi dengan bawang goreng.
Hmmm enaknya menyantap nasi lemak pandan ini...yummy....
resep nasi lemak dengan rice cooker
nasi lemak pandan

Nah semoga resep praktis nasi lemak pandan dengan rice cooker ini bermanfaat ya...silakan mencoba membuatnya sendiri di rumah...semoga suka....



NewerStories OlderStories Home

10 comments:

  1. Hi, Monica,
    Maaf ya akak lambat tiba ..busy aje minggu ini..ya anak2 sedang exam..
    Terimakasih sudi mecuba..ya adjustlah ikut selera ya Monica, sebab kita yang nak makannya..
    Banyak juga recipe2 yang menarik didapur Monica ini..nanti akak selak satu2 ya..
    Nice meeting you Monica!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kak Ayu,
      wah senangnya kak Ayu sudi mampir..terima kasih ya..
      Nasi lemak recipe kak Ayu ini memang patut dicuba..lezat...terima kasih recipenya ya..
      sering-sering mampir ya kak...he he he...

      Delete
  2. Replies
    1. Hai,
      sama-sama ya...terima kasih juga sudah berkunjung ke blog saya...

      Delete
  3. Hai mba
    aku sudah coba resepnya
    enak dan suksesss hehe
    Thnks resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Irene,
      wah terima kasih ya sudah mencoba resep nasi lemaknya...ah senang deh kalau suka...
      terima kasih karena sudah beri tahu hasilnya....

      Delete
  4. Halo ibu..(aku manggilnya ibu/mba/kakak?)😊.tati mampir lagi nih,setelah kemarin sukses mengeksekusi bolu kukusnya.sekarang mau coba nasi lemak pandannya ah... 😉😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Tati...silakan panggil ibu boleh, mba boleh kakak juga boleh asal jangan dipanggil om aja..he he he...
      wah mantap deh kalau sukses dengan bolkusnya...silakan mba dicoba nasi lemak pandannya...kalau pakai pandan asli bukan pasta pandan pasti lebih wangi tuh...
      semoga nasi lemak pandan ini sukses juga ya...terima kasih loh sudah nyobain resep dari dapur maya saya...

      Delete
  5. Hahahahaha....bisa aja.Oke,tati panggil ibu aja kalo gitu 😉.oooh begitu bu...,tapi kalau emang mau pakai pandan asli bagaimana dan seberapa ukurannya bu?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Tati, maaf ya kelamaan balas komen Tati
      kalau mau pakai pandan asli, bisa gunakan 1 atau 2 lembar daun pandan, disimpul saja daun pandannya, lalu dimasukkan bersamaan dengan bahan lain ke dalam panci rice cooker

      selamat mencoba ya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.