Resep Cireng (Mudah Juga)

membuat cireng
resep cireng mudah

Masih dalam rangka membuat makanan dari aci nih..kali ini adalah cireng..yups..aci digoreng... Bahannya sama saja dengan cilok, hanya ini adonannya digoreng ya.

Cireng ini sih enaknya dimakan dengan cabai rawit atau dicocolin saus sambal. Hanya karena saus sambal sedang tidak ada stok, hmmm nikmat juga dinikmati dengan cabai rawit saja. Karena ini salah satu gorengan yang bertepung, tentu saja makan beberapa buah cireng sudah cukup kenyang.

Dulu itu ya pertama kali makan cireng dan tahu istilah cireng ini ya ketika kuliah di Bandung, pertama sih lihat di tukang gorengan. Apa itu ya bentuknya pipih dan warnanya tidak seperti gorengan yang lain. Hmmm baru tahu kalau itu namanya cireng. Rasanya mirip pempek tanpa ikan..

Nah karena sudah pernah membuat cilok, maka membuat cireng ini lebih mudah sepertinya, jadi adonan hanya dipipihkan lalu digoreng. Dan tidak perlu membuat sambal kacangnya. Tetapi bagi yang suka menikmati cireng dengan saus sambal kacang tentu sah- sah saja ya makan cireng dengan saus sambal kacang.

Ok deh sekarang lanjut ke resepnya ya...resepnya dari resep cilok yang pernah saya posting ya...jika tertarik dengan bumbu saus sambal kacangnya silakan lihat disana juga ya...

Resep Cireng

Bahan :
  • 1 cup/ 110 gr tepung tapioka 
  • 1 cup/ 110 gr tepung terigu protein sedang 
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sendok teh garam 
  • 1 sendok teh kaldu bubuk (saya tidak pakai)
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 400 ml air (saya gunakan air kaldu ayam, saya rebus tulang-tulang ayam dengan 400 ml air, kemudian saya sisihkan 250 ml air kaldunya)
  • 1 batang daun bawang, iris halus 
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
  1. Campur tepung tapioka dan tepung terigu serta daun bawang, aduk rata lalu sisihkan
  2. Masak air kaldu dengan garam, bawang putih halus, merica bubuk dan gula pasir hingga mendidih
  3. Panas-panas masukkan air ke dalam campuran tepung, aduk dengan sendok (bisa sendok kayu, sendok nasi atau sendok makan juga bisa). Masukkan air kaldu secara bertahap ya sambil adonan diaduk. Jika sudah mulai kalis dan bisa dibentuk hentikan penambahan air
  4. Jika sudah hangat, ambil sedikit adonan dan bulatkan lalu pipihkan, letakkan di wadah yang sudah ditaburi tepung tapioka (mencegah lengket), lalukan hingga semua adonan habis
  5. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang sehingga bisa matang sampai ke dalam
  6. Angkat dan tiriskan

Nah semoga resep cireng ini cukup bermanfaat ya..silakan mencoba sendiri untuk membuatnya ya..semoga suka ya...
NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. saya pernah bikin cireng dan gagal hehe..ternyata dicampur terigu ya. Duuh malj urang sunda gatau bikin cireng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he...gagal dulu ya...ah ini juga saya baru pertama buat mba..ya syukur2 jadi cirengnya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.