Tahu Isi Ayam Sayuran Praktis

resep tahu isi sayuran ayam praktis
tahu isi ayam sayuran praktis

Hujan-hujan memang enaknya makan gorengan ya..nah makanya saya membuat tahu isi ayam sayuran yang cukup praktis ini. Praktis karena masih menggunakan tepung bumbu instan kobe rasa bawang. Nah seperti biasa jika menggunakan tepung instan saya selalu tambahkan lagi campuran tepung terigu dan tepung beras untuk mengurangi rasa asinnya. 

Tahu isi sebenarnya banyak namanya ya..kalau di Palembang sejak kecil saya tahunya kalau tahu isi itu namanya tahu bunting...he he he..lucu juga ya..ya bunting itu artinya hamil..ha ha ha...namanya ada-ada saja. Ya tetapi namanya juga istilah daerah sana ya..dan sudah lazim disebut begitu. Nah sekarang namanya apa masih sama ya..atau sudah jadi tahu isi juga.

Begitu saya mulai ke Bandung, ternyata untuk tahu bunting ini namanya gehu. Hmmm kalau di Surabaya kalau tidak salah namanya tetap tahu isi deh. Hanya kalau di Surabaya kita kalau beli gorengan gurih tidak hanya cabai rawit sebagai teman makannya, tetapi ada juga sambal petisnya. Nah ini yang unik sedikit nih..untuk bakwan kalau di Bandung namanya bala-bala..eh begitu di Surabaya tahu deh kalau namanya itu ote-ote. Hmmmm sama tetapi beda nama ya...

Di Batam ada yang menjual tahu isi ayam sayuran begini, namanya tahu pong. Nah lengkap juga dengan cabai rawit dan sambal petisnya. Hanya saja kalau di Surabaya sambal petisnya seingat saya agak kental ya..di Batam ini petisnya encer, malah mirip cuko pempek. Mengenai rasa..tahu pong ini enak deh..isi ayam dan sayurannya ada wortel dan buncis. Hanya saja harganya cukup mahal, 1 buah tahu harganya 2.500 rupiah.

Nah tidak ada salahnya membuat tahu ini sendiri kan..secara sepertinya mudah..dan rasa-rasanya beda tipislah..he he he..
Ok mengenai rasa..karena tepung instannya saya campur dengan tepung terigu dan tepung beras lagi tanpa penambahan garam, otomatis menjadi tidak begitu asin. Lalu untuk isinya sendiri saya gunakan sedikit saja garam, masih dalam rangka mengurangi asupan garam tentunya. Nah jika suka dengan rasa asin, maka penggunaan garam disesuaikan dengan selera ya.

Nah untuk membuat tahu isi ini, saya gunakan saja tahu yang sudah digoreng ya. Biasa kalau di Batam ada tahu yang dijual dalam kondisi sudah digoreng. Tahu ini cocok sekali untuk dijadikan tahu isi. Karena kulitnya cukup kokoh dan sudah mengembang. Bagian dalamnya biasanya sedikit sekali bagian tahu yang berwarna putih. Jadi kita tidak susah untuk mengorek bagian isinya. Tetapi jika susah mendapatkan tahu seperti ini, bisa kok gunakan tahu biasa. Tetapi sebaiknya digoreng dulu ya.

Ok deh sekarang lanjut ke resep dan cara membuatnya ya....

Tahu Isi Ayam Sayuran Praktis

Bahan :
  • 12 buah tahu goreng, ukuran kurang lebih 4 cm x 4 cm
  • 100 gr daging ayam cincang (saya gunakan bagian dada tanpa kulit)
  • 1 buah wortel ukuran kecil, potong dadu kecil
  • 5 batang buncis, iris tipis
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 2 batang daun seledri, iris tipis
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang atau potong kotak kecil
  • 5 siung bawang putih, cincang
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh garam (sesuaikan dengan selera)
  • 1 sendok teh saus tiram
  • 2 sendok makan minyak unruk menumis
  • minyak untuk menggoreng secukupnya

Bahan tepung pelapis :
  • 6 sendok makan tepung kobe instan rasa bawang
  • 2 sendok makan tepung beras
  • 2 sendok makan tepung terigu protein sedang
  • 120 ml air  kurang lebih (sesuaikan kekentalannya)
  • 1/2 sendok teh daun peterseli kering (optional)

Cara membuat :
  1. Belah dua tahu, jangan sampai putus, sisakan 1/4 bagian yang masih menyambung. Keluarkan isinya, bisa dengan tangan ataupun sendok, lakukan sampai habis. Sisihkan isinya untuk dicampur dengan bahan tumisan untuk isi.
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, tambahkan daing ayam cincang, aduk rata sebentar
  3. Masukkan wortel, masak hingga wortel mulai lunak
  4. Tambahkan buncis, tahu bagian dalam yang sudah dikeluarkan, daun bawang serta daun seledri, aduk rata, masak hingga semua matang dan lunak
  5. Tambahkan garam, merica bubuk, dan saus tiram, aduk rata
  6. Cicipi rasanya, angkat dan dinginkan sejenak
  7. Sementara itu di mangkuk ukuran sedang, campur semua bahan pelapis kecuali air, aduk rata. 
  8. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Perhatikan kekentalannya ya. Adonan harus cukup kental supaya isi tidak keluar karena cukup bahan pelapisnya
  9. Siapkan penggorengan, beri minyak cukup banyak, panaskan
  10. Sementara itu mulai isi tahu dengan bahan tumisan. Padatkan isinya dan usahakan tidak ada yang keluar dari tahu.
  11. Celupkan ke bahan pelapis hingga semua terbalut bahan pelapis. 
  12. Goreng hingga matang di satu sisi, balikkan jika sudah mulai garing dan kecoklatan.
  13. Angkat jika sudah matang, tiriskan minyaknya
  14. Siap dinikmati kala masih hangat

cara membuat tahu isi
tahu isi ayam sayuran praktis
Nah semoga resep tahu isi sayuran praktis ini bermanfaat ya..semoga tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah..semoga suka ya...
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.