Resep Nasi Goreng Buto Ijo ala Monic

nasi goreng hijau ala monic
nasi goreng buto ijo
Hari ini akhirnya jadi juga mengeksekusi resep nasi goreng buto ijo. Ide resep nasi goreng ini dari nasi goreng buto ijonya hotel Sahid Gunawangsa Surabaya. He he he...dari namanya tentu sudah ketahuan ya kalau ini nasi goreng yang berwarna hijau.

Saya terkesan nih dengan nasi goreng buto ijonya hotel Sahid, makanya begitu sampai di Batam, ingin mencoba sendiri membuat nasi goreng buto ijo ini. Rasa nasi goreng buto ijo sahid ini yang jelas pedas, apalagi dengan tambahan irisan cabai rawit merah. Hanya pedasnya masih kurang menurut saya.

Ingat waktu pesan nasi goreng buto ijo ini, yang menerima order balik lagi konfirmasi dan bilang kalau nasi goreng buto ijo ini pedas lho, tidak apa-apa ya...he he he..ditanya begitu karena waktu itu kami bertiga, saya, hubby dan Sophie. Hmmmmmm langsung saja bilang iya, tidak apa-apa, kan kami pesan juga nasi ayam yang tidak pedas kan. Jadi penasaran seberapa pedas nih nasi goreng ya....Begitu sudah mencicipi ya memang pedas ya...hanya ya untuk ukuran saya kurang pedas, hanya sedikit terbantu dengan pedasnya irisan cabai rawit merahnya.

nasi goreng buto ijo
nasi goreng buto ijo hotel sahid gunawangsa

nasi ayam hainan
nasi ayam hainan sahid gunawangsa hotel

Oh iya waktu baca-baca ternyata nasi goreng buto ijo ini memang menjadi iconnya hotel Sahid Gunawangsa, pantas saja di menu restoran dan room service, nasi goreng buto ijo ini kelihatan menonjol. Ditampilkan dengan gambar yang besar, ya tentu saja terbaca dengan jelas dan tidak terlewatkan oleh tamu-tamu yang akan memesan makanan.

Nah walaupun tidak tahu resepnya, tetapi ya mengira-ngira saja, maka jadilah nasi goreng buto ijo ala saya. Jadi karena ala saya, ya bumbu dan bahan-bahan suka-suka saya ya..he he he..Kalau penasaran dengan rasa nasi goreng buto ijo Sahid Gunawangsa, silakan datang sendiri ke sana. Letaknya di Jl. Menur Pumpungan, Surabaya. Itu di daerah sekitar-sekitar Manyar ya...dan tidak jauh dari Ngagel.

Ok deh, sekarang lanjut ke resepnya saja ya...

Resep Nasi Goreng Buto Ijo ala Monic

Bahan :
  • 2 piring nasi putih
  • 8 butir bakso ikan, iris bagi menjadi 4 bagian
  • 2 buah sosis ayam, iris sesuai selera
  • 50 gr daging ayam bagian dada tanpa kulit. iris tipis
  • 8 butir cabai rawit merah, iris (sesuaikan dengan selera)
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1 sendok makan kecap asin (sesuaikan dengan selera, atau bisa ganti dengan garam)
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan yang dihaluskan :
  • 20 lembar daun sawi hijau
  • 20 butir cabai rawit hijau (sesuaikan dengan selera)
  • 10 buah cabai hijau keriting (sesuaikan dengan selera)
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih

Cara membuat :
  1. Tumis bahan halus sampai kering dan harum (jika menghaluskan dengan blender, maka harus perhatikan supaya benar-benar kering)
  2. Tambahkan daging ayam, bakso, sosis serta irisan cabai rawit merah, aduk rata
  3. Masak hingga daging ayam berubah warna
  4. Tambahkan nasi, beri kecap asin dan saus tiram
  5. Aduk hingga rata dan kering
  6. Matikan api dan siap dihidangkan

resep nasi goreng buto ijo monic
nasi goreng buto ijo ala monic

Bagaimana? Semoga resep nasi goreng buto ijo ala Monic ini bisa bermanfaat ya...mudah kan untuk membuatnya sendiri, semoga tertarik untuk mencobanya sendiri ya...semoga suka...

NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.