Sambal Pete Teri

sambal pete
sambal pete teri

Nah bagi penyuka pete, ini dia resep sambal pete dan teri yang layak dicoba. Hmmm pastinya puas deh kalau menyantap sambal pete buatan sendiri. Betul kan?

Tadinya sih ingin makan sambal teri saja, eh tetapi begitu ke pasar, mata tertuju kepada papan-papan petai..he he he, akhirnya beli juga nih pete. Saya beli 3 papan pete, ealah tetapi begitu sudah dibuka dan dibersihkan, ternyata kebayakan petenya berulat. Ya begini ini deh kalau beli pete, saya pasti selalu menemukan ulat dalam pete.

Nah kalau sudah begini suka geli deh kalau memesan makan di luar yang ada menu petenya. Kebayang serasa menyantap ulat juga..he he he..suka geli-geli sendiri. Hmmm tidak lagi deh beli masakan yang mengandung pete. Saya utarakan hal ini ke hubby, eh dia bilang kamu saja yang tidak bisa memilih pete. Kalau orang jualan itu ya pandai memilih pete, mereka pasti tahu mana pete yang berulat dan tidak. Nah lho..apa benar begitu ya? Masak sih penjual begitu detailnya dalam memilih pete? Apa iya ya? (garuk-garuk kepala yang tidak gatal)

Nah kembali kepada sambal pete teri ini ya, sambal yang saya buat ya pastinya pedas, jika ingin mencoba resep ini maka sesuaikan dengan selera masing-masing ya. Selalu juga kalau buat sambal saya tidak menambahkan gula ya, kalau suka gula bisa ditambahkan sendiri. Daripada saya diprotes hubby, sambal kok manis, begitu dia selalu bilang kalau makan sambal manis. Ya namanya juga selera ya, setiap orang beda-beda. Kalau saya sih tidak masalah dengan sambal manis asal jangan kemanisan. Dan saya sukanya ya walaupun manis tetapi pedas. Tetapi rasanya afdol sekali jika sambal tidak manis tetapi pedas..mantap deh....

Untuk sambal pete teri ini saya ada tambahkan jahe, yang biasanya saya tidak pernah gunakan jika membuat sambal. Tetapi kali ini ingin mencoba yang sedikit berbeda. Bagi yang tidak suka ada aroma jahenya, silakan diskip ya.

Ok deh lanjut ke resepnya ya..silakan...

Sambal Pete Teri

Bahan :
  • 100 gr teri, cuci bersih dan goreng garing
  • 3 papan pete, bersihkan , biarkan utuh, atau potong sesuai selera
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • garam secukupnya
  • gula merah/gula pasir secukupnya jika suka (saya tidak pakai)

Bahan sambal :
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 2 buah cabai merah besar
  • 30 butir cabai rawit
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 sachet terasi (@5gr)
  • 1 ruas jahe
  • 2 buah tomat ukuran sedang

Cara membuat :
  1. Haluskan bahan sambal
  2. Tumis hingga harum dan kering
  3. Masukkan pete, masak hingga matang
  4. Terakhir sebelum diangkat, masukkan teri, 
  5. Tambahkan garam dan gula lalu cicipi rasanya
  6. Aduk-aduk sebentar hingga sambal merata
  7. Angkat dan siap disajikan

Mudah sekali kan membuat sambal pete teri ini, semoga tertarik ya dengan resep sambal yang sederhana ini, silakan mencoba, semoga suka ya...


NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.