Sambal Cibiuk Khas Garut

sambal cibiuk garut
sambal cibiuk

Berapa banyak sih ya jenis sambal di Indonesia ini? yang jelas banyak sekali...dan sekarang saatnya mencoba sambal cibiuk khas Garut. Wuih dengan penggunaan kencur di sambal jadi terasa lebih segar, apalagi dengan tambahan daun kemangi. Sudah bisa membayangkan rasanya? 

Nah untuk resep kali ini saya gunakan referensi dari sambal cibiuk sajian sedap. Hanya tentu saja modifikasi sekedarnya oleh saya, cabai rawitnya saya gunakan cabai rawit setan, Dan asli rasanya pedasnya nampol. Makan sampai berlinangan air mata..ha ha ha..

Menyantapnya dengan nasi putih hangat dan ikan goreng, alamak sedapnya, sampai nambah makannya..he he he, karena mengimbangi pedas juga eh karena enak juga... Nah yang belum pernah menyantap sambal cibiuk, maka bisa dicoba deh...nikmato sensasi segar dan pedas yang nampol.

Karena ini semua bahan mentah kecuali terasi yang dibakar atau digoreng, maka jika tidak terbiasa ya cukup hati-hati ya apalagi jika bermasalah dengan perut. Tetapi karena saya sudah biasa sekali makan sambal mentah dan sambal yang pedas jadi masih aman-aman saja nih perut.

Tadinya saya mau gunakan cabai rawitnya sampai 30 butir..ha ha ha...sok-sok sekali ya...ternyata karena sambal ini diulek maka saya batalkan niat menggunakannya sebanyak itu. Saya gunakan 20 butir saja..secara malas kalau mengulek tangan suka ikut pedas..he he he.. Dan untungnya hanya 20 butir..ini saja sudah pedas sekali. Bagaimana kalau sampai 30 butir ya...

Ok sekarang lanjut ke resep ya..silakan....

Sambal Cibiuk Khas Garut

Bahan :
  • 20 butir cabai rawit merah (atau gunakan cabai rawit hijau)
  • 2 buah tomat hijau, iris tipis terlebih dahulu
  • 2 cm kencur
  • 1 sachet terasi (5gr), bakar atau goreng
  • 4 butir bawang merah
  • 3 tangkai kemangi, petiki daunnya
  • 1/2 sendok teh garam
  • gula merah atau gula pasir sesuai selera (saya tidak pakai)

Cara membuat :
  1. Haluskan semua bahan dengan cobek/ulekan tidak perlu sampai halus benar
  2. Tambahkan daun kemangi, aduk rata
  3. Siap dihidangkan

sambal cibiuk garut
resep sambal cibiuk garut

Nah ternyata sambal cibiuk khas Garut ini mudah sekali dibuat..yang tertarik silakan mencoba ya..semoga sesuai dengan selera...
NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. wuiiihhh..maem nasi anget pake ikan goreng dicocol sambel Cibiuk, syedaaaap..
    btw mba Mon, poto-potonya makin ketjeee deh :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba Oki..enak banget deh..he he he...
      hi hi hi makasih...itu penuh perjuangan motonya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.