Sambal Kecombrang Terasi & Sambal Korek

cara membuat sambal kecombrang terasi
sambal kecombrang terasi

Dua jenis sambal yang saya coba berdasarkan resep mba Esti Kristiyaningsih, sambal kecombrang terasi dan sambal korek. Nah siapa sih mba Esti? mba Esti itu bisa dikatakan adalah teman baru saya, bermula dari beberapa kali komentar di blog saya dan beberapa kali mencoba resep yang ada di Monic's Simply Kitchen.

Berlanjut ke berteman melalui fb, dan ternyata mba Esti suka masak..he he he..saya sampai terkagum-kagum dengan foto masakan mba Esti yang diupload di fb. Nah sudah saya tandai mana saja masakan mba Esti yang saya mau coba. Untuk yang pertama kali saya coba resep sambal kecombrangnya serta sambal koreknya.

cara membuat sambal korek
sambal korek mudah
Memang saya pernah membuat sambal kecombrang, tetapi saya membuatnya tanpa terasi, nah resep kali ini menggunakan terasi. Sedikit modifikasi, saya gunakan cabai rawit hijau semua, karena stok cabai merah sedang tidak ada. Untuk sambal koreknya sendiri, bisa saya katakan walaupun hanya terdiri dari 4 jenis bahan yaitu cabai rawit merah, bawang putih, garam dan minyak panas, tetapi benar-benar maknyuss. Dan bisa saya katakan ini sambal favorit saya, selain sambal bawang bu Rudy yang super pedas juga.

Jadi bertambah lagi nih jenis-jenis sambal yang bisa saya buat, senang..secara penyuka pedas. Dan memang saya katakan kalau sambal dengan cabai rawit merah memang dasyat. Jadi ketika makan sambal cabai rawit hijau, serasa kurang menggigit lagi pedasnya..he he he...

Nah yang mau resep sambal ala mba Esti, mari merapat ke sini ya....silakan ini dia...

Sambal Kecombrang Terasi

Bahan :
  • 100 gr cabai merah (saya tidak pakai)
  • 100 gr cabai rawit merah (saya gunakan cabai rawit hihau 150 gr)
  • 1 buah kecombrang. rajang halus
  • 1 buah tomat ukuran besar
  • 15 butir bawang merah (saya gunakan 8 butir bawang merah dan 4 siung bawang putih)
  • 3 sachet terasi (@5gr)
  • garam secukupnya (saya gunakan 1/2 sendok teh)
  • gula secukupnya (saya tidak pakai)
  • minyak yang cukup banyak untuk menumis (saya gunakan 2 sendok makan)

Cara membuat :
  1. Rebus cabai, tomat serta bawang lalu haluskan bersamaan dengan terasi
  2. Tumis bahan halus tersebut lalu tambahkan gula dan garam
  3. Masukkan kecombrang, aduk rata, koreksi rasa
  4. Masak hingga berminyak (saya masak hingga matang saja dan sedikit mengering)

Sambal Korek

Bahan :
  • 10 butir cabai rawit merah
  • 4 siung bawang putih
  • garam secukupnya (saya gunakan 1/4 sendok teh)
  • minyak panas (saya gunakan 1 sendok makan)

Cara membuat :
  1. Haluskan cabai dan bawang putih, beri garam 
  2. Letakkan di mangkuk tahan panas, siram dengan minyak panas
  3. Siap disajikan

Nah semoga resep sambal kecombrang terasi dan sambal korek ala mba Esti ini bisa menjadi inspirasi dalam membuat sambal ya..silakan mencoba, semoga suka...






NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. hahhaaa.....sekalinya nengok blog mba Monic ada namaku di sebut, syukur deh kalo suka, aku juga suka blognya mba Monic, menginspirasi banget, dengan bahan sederhana bisa bikin masakan dan roti enak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he he iya...suka sekali nih mba dengan sambal ala mba Esti ini...sudah nyoba soto dagingnya mba Esti juga...enak mba...nanti ijin share di blog ya..makasih lho resepnya...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.