Telur Gabus (Widaran Keju)

resep telur gabus
widaran keju

Lihat ada stok keju edam di kulkas, hmmm ada tepung tapioka juga dan ada tepung ketan juga, akhirnya memutuskan membuat cemilan telur gabus (widaran keju) saja. Nah dari resep-resep yang saya baca nih, akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada resep widaran keju (telur gabus) mba Shinta pemilik blog Shinta Little Kitchen di mana resepnya menggunakan tepung sagu/tapioka/kanji.

Lain kali tentu saya akan mencoba membuat telur gabus dari tepung ketan juga, itu kalau mood datang, secara membuat telur gabus ini cukup membosankan kalau dilakukan sendiri, beda kalau keroyokan ya. Kita harus mengambil adonan sedikit (secuil malah) lalu dipulung hingga memanjang dan dengan ujung runcing. Kalau tidak runcing mungkin tidak mirip telur gabus ya....

Karena ini baru pertama kali saya membuat telur gabus, maka batch pertama saya buat kebesaran, saya buat pulungannya sebesar yang biasa telur gabus sudah matang. Alhasil karena mengembang setelah digoreng maka bentuknya alamak besar, sampai-sampai ditertawakan oleh hubby. Nah untuk batch kedua dan seterusnya ukuran saya kecilkan lagi dan akhirnya bentuk yang sudah matang lebih sesuai dengan bentuk telur gabus pasaran.

Dan untuk cemilan yang satu ini menjadi favorit tuan putri, secara kalau ada snack renyah dan ngeju, dia doyan sekali. Beda dengan cake dan puding-pudingan, tidak begitu doyan. Hmmm banyak juga dia makan telur gabus ini tadi.

Untuk membuat telur gabus ini kalau mau cepat, gunakan dua wajan, karena membuat telur gabus ini sedikit unik. Sebelum kita memulung adonan kita harus menyiapkan wajan yang berisi minyak dingin (minyak suhu ruang), lalu kita pulung adonan dan letakkan di dalam wajan berisi minyak tadi. Ketika sudah cukup penuh (jangan sampai terlalu penuh sampai menumpuk) dengan adonan baru deh kita goreng dengan api sedang hingga kecoklatan.

Nah sambil menunggu minyak dingin di wajan pertama tadi, kita pulung lagi dan lettakkan di wajan kedua, baru digoreng lagi, begitu seterusnya. Dan karena saya malas menggunakan 2 wajan ya sudah 1 wajan saja saya gunakan, sambil menunggu minyak dingin saya bermain-main dengan Sophie. Ah akhirnya selesai juga walaupun agak lama. Dan untungnya saya mencoba hanya setengah resep, betapa tersiksanya saya kalau seandainya mencoba 1 resep...ha ha ha...

Yang tertarik dengan resepnya, ini dia ya..silakan....

Telur Gabus (Widaran Keju)

Bahan :
  • 250 gr tepung kanji/sagu
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 50 ml air/santan/susu (saya gunakan air, walaupun menurut saya mungkin jadi lebih gurih kalau menggunakan santan)
  • 50 gr keju cheddar/edam parut (tadi saya gunakan keju edam, untuk 1/2 resep saya gunakan 45 gr)
  • 1 sendok teh garam halus
  • minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
  1. Campur tepung, garam serta keju, aduk rata
  2. Masukkan telur kocok, beri air/santan/susu sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan bisa dipulung
  3. Siapkan 2 wajan yang berisi minyak goreng (dingin). Ambil sejumput adonan, bentuk dgn kedua telapak tangan hingga berbentuk bulat panjang. Tampung hasilnya di salah satu wajan.
  4. Panaskan dengan api kecil wajan yang telah cukup penuh adonan, goreng hingga kuning kecoklatan. Lalu angkat dan biarkan minyak di wajan dingin kembali.
  5. Sementara itu lanjutkan lagi membentuk adonan dan tampung di wajan kedua. Demikian seterusnya hingga adonan habis.
  6. Simpan kue di wadah kedap udara.

resep telur gabus widaran keju
telur gabus

Nah semoga resep telur gabus (widaran keju) ini bermanfaat ya..silakan mencoba.. semoga suka.....
NewerStories OlderStories Home

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.