Ayam Betutu Khas Bali

ayam betutu khas bali
ayam betutu

Resep ayam betutu khas Bali ini sudah saya dapatkan beberapa waktu lalu. Salah satu resep beberapa makanan khas Bali yang saya minta kepada ibu saya. Hmmmm dari beberapa resep, baru ini yang saya eksekusi. Ya memang kadang untuk mengeksekusi satu resep itu ya tunggu mood datang.

Kalau hobi memasak begitu kan ya...resep sudah banyak disimpan, nah tinggal antri buat yang mana dulu. Entah sudah berapa banyak antrian menunggu. Nah kalau malasnya kambuh buat memasak ya akhirnya jalan pintas..mie instan..ha ha ha...itu mengingatkan jaman-jaman masih kos.. mie instan dengan tambahan telur dan sayuran sudah terasa enak sekali.

Mengenai masakan bali sendiri itu rata-rata menggunakan beraneka bumbu dasar. Kalau ibu saya bilang itu namanya bumbu megenep..semua bumbu dipakai. Nah karena ini resep ala ibu saya tentu takaran seberapa banyak masing-masing bumbu yang digunakan tidak tercantum. Jadinya ya saya takar sendiri deh.

Ayam betutu ini pada dasarnya bumbu tinggal cemplung, jadi tidak perlu ditumis dulu ya, hanya kalau mau lebih wangi ya tumis dulu bumbunya. Memasaknya bisa direbus atau dikukus. Nah karena ibu saya punya juga yang namanya panci presto, dia menyarankan enaknya kalau masaknya pakai panci presto, baru kemudian dioven. Tetapi ibu saya mengembalikan cara memasaknya terserah saya, mana yang saya suka.

Di suatu waktu kesempatan saya ketemu dengan sepupu saya yang tinggal di Bali, dan saya bilang mbok (panggilan ke kakak perempuan), ajarin saya masakan Bali donk...hmmm begini jawaban dia..masakan bali itu gampang, pakai semua bumbu, itu saja kuncinya... tetapi anehnya dia malah baru lihat yang namanya kembang lawang, kapulaga...dia bilang belum pernah dia masak menggunakan kapulaga dan teman-temannya itu  ha ha ha... .

Okeh..lanjut ke ayam betutu lagi, selain ayam betutu saya membuat sambal matah juga..tetapi karena ayam betutunya saya buat sangat pedas, jadinya malah merusak rasa kalau disantap dengan sambal matah. Jadi ya menikmati ayam betutu ini dengan nasi hangat dan lalapan saja. Kalau tidak begitu suka pedas, kurangi ya jumlah cabainya. Yang suka memasak dengan gula, sah-sah saja menambahkan gula, karena untuk masakan yang seperti ini saya tidak menambahkan gula....(bakal ada protes keluar kalau menggunakan gula)

Biasanya memasak ayam betutu itu menggunakan ayam utuh, tetapi saya gunakan saja 1 ekor ayam yang dibelah 4, itu pun saya gunakan ayam negeri ya..bukan ayam kampung.. Nah ibu saya pun bilang gunakan ayam utuh, nanti bumbu-bumbu masukan juga ke bagian dalam perutnya..(yang mau mencoba menggunakan ayam utuh silakan ya...he he he itu kalau mau mencoba resep ini...)

Nah berikut resepnya ya..silakan...

Ayam Betutu Khas Bali

Bahan :
  • 1 ekor ayam berat kurang lebih 1 kg (saya bagi 4 bagian, gunakan tanpa kulit)
  • 2 buah jeruk nipis
  • 6 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 2 sendok teh garam (sesuaikan dengan selera)
  • gula merah/pasir jika suka (saya tidak pakai)
  • air kurang lebih 500 ml

Bumbu halus :
  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 15 butir cabai rawit merah (sesuaikan dengan selera)
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm lengkuas
  • 2 cm kencur
  • 5 butir kemiri
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1/2 sendok teh merica hitam butiran (atau bisa gunakan merica putih)

Cara membuat :
  1. Lumuri daging ayam dengan air jeruk nipis, diamkan selama kurang leih 10 menit, bilas
  2. Haluskan bumbu dengan cara diulek/ditumbuk...(saya blender saja..secara banyak..mana tahan ngulek..he he he..)
  3. Siapkan panci presto, tata daun salam di dasar panci, tata ayam di panci
  4. Masukkan bumbu, tambahkan air hingga potongan ayam terendam (jangan terlalu banyak menambahkan air)
  5. Masak selama kurang lebih 30 menit dihitung mulai saat panci mendesis
  6. Dinginkan, keluarkan dari panci (jika masih berair banyak seperti yang saya alami, sendok airnya, pindahkan ke mangkok sehingga tersisa ayam dan bumbunya saja)
  7. Bungkus ayam  beserta bumbu dengan alumunium foil, letakkan di loyang, panggang di oven bersuhu 180 derajat celcius kurang lebih selama 20 menit
  8. Keluarkan dari oven dan siap disajikan
  9. Jika mau dikukus, lumuri ayam dengan bumbu secara merata, bungkus dengan daun pisang, ikat daun pisang, masak kurang lebih selama 30-45 menit, kemudian jika suka lanjutkan dengan memanggangnya

ayam betutu khas bali
ayam betutu

Okeh...semoga resep ayam betutu khas bali ini bisa bermanfaat ya...semoga tertarik untuk mencobanya sendiri..semoga sesuai dengan selera ya...







NewerStories OlderStories Home

8 comments:

  1. Hello Monica,
    Oh ibu Monica orang Bali ya..tahun lalu akak pergi le Bali..tapi tidak tahu Ada lauk
    Ayam betutu khas bali ni..nampak macam sedap Ayam ni..boleh dicuba
    Monica sama macam akak suka masak pedas2 ..Dan kurang suka letak Gula..hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi kak Ayu..iya lauk ayam betutu ini memang khas bali..boleh dicuba kak..sedap memang
      iya kita memang pecinta pedas ya kak..masakan kak Ayu juga tampak sedap karena banyak pakai chili, terutama cili padi, tetapi kalau ayam masak kicap walaupun manis saya suka juga..he he he..

      Delete
  2. waaw..ayamnya bikin ngileeer... :P
    resep asli dari org Bali pulak nih, wajib dicatet..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi hi hi..ngiler yak...ntar buat sendiri ya..tapi memang nih ayam mantap rasanya...apalagi pedes begini...sepiring nasi ga cukup..hadeuh...

      Delete
  3. Yakkk sukses bikin gw lapar tengah malam beginiiiii..knapa enak bgt itu aampe nelen air ludah liatnyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kalo mampir ke food blog tengah malam atau pagi hari ya suka ngiler ya mba..hi hi hi..aku aja sering ngiler kalo lagi blogwalking di beberapa food blog...
      ayo mba Vari..buat nih ayam betutunya..kl males buat minta tolong nyokap tersayang..ha ha ha..

      Delete
    2. Yah jeng klo ibuku sih males diminta masak segini kompleknya kudu presto n oven pula. Kita kluarga tumis sama sop ajah...hahahaha pemalas masak maunya makannya aja

      Delete
    3. ha ha ha....mantap2..memang tumis2 n sop paling enak buatnya ya mba...cepat dan gampang...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.