Roti Tawar Goreng Isi Ayam Fusilli

roti tawar goreng ayam fusilli
roti tawar goreng

Masih memanfaatkan roti tawar sisa, akhirnya memutuskan mau buat roti tawar goreng dengan isi yang gurih, jadilah tersaji roti tawar goreng ayam fusilli ini. Ternyata enak juga. Nah rasa-ranya mirip dengan roti tawar goreng di holland bakery, hanya yang ini tidak begitu manis. Ha ha ha..boleh donk menyamakan hasil karya dengan buatan bakery terkenal...biar sedikit pede begitu...

Tadinya saya sudah menyiapkan bahan untuk membuat nugget ayam wortel dengan fusilli, eh ternyata berubah pikiran, nah karena lihat juga mba Rina pernah posting roti tawar goreng isi kornet, ai ai..jadinya terinspirasi buat roti goreng saja.

Tinggal mengolah isinya saja, sesuaikan dengan bahan-bahan yang sudah saya siapkan. Tanpa proses yang cukup lama, jadilah roti tawar goreng ini. Hmmm tanpa saya duga ternyata hasilnya gemuk-gemuk, secara karena saya menggunakan tepung panir yang kasar kali ya..mana proses pencelupan 2x lagi, jadinya lapisannya tebal. Tetapi walaupun gemuk, hasilnya renyah sekali.

Karena ini berbarengan harinya dengan buat brambang asem, eh sambal brambang asemnya masih ada, jadinya dicocol pakai sambal brambang asem, dan ternyata enak juga. Walaupun dicocol saus sambal botolan dan mayonnaise enak juga. Dan dimakan begitu saja tanpa saus ya tetap enak juga..he he he...

Nah berikut resepnya ya...silakan...

Roti Tawar Goreng Isi Ayam Fusilli

Bahan :
  • 8 lembar roti tawar
  • minyak untuk menggoreng
  • 6 butir telur kocok untuk pencelup
  • tepung panir/tepung roti untuk pelapis

Bahan isi :
  • 200 gr dada ayam, cincang ataupun haluskan dengan chopper
  • 1 buah wortel ukuran sedang, parut halus
  • 100 gr fusilli, rebus hingga lunak, angkat dan tiriskan (atau bisa ganti dengan jenis pasta lainnya seperti makaroni dll)
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 2 batang daun seledri, iris halus
  • 1 buah bawang bombay, cincang halus
  • 2 butir bawang merah, haluskan
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/4 cup tepung terigu
  • 175 ml susu cair
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat :
  1. Untuk isian : Tumis bawang bombay, bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan daging ayam, aduk hingga berubah warna, tambahkan wortel, daun bawang dan daun seledri, aduk rata, masukkan fusilli, aduk rata, lalu tambahkan tepung terigu, aduk hingga menggumpal, perlahan tuangkan susu cair, masukkan garam, merica dan gula pasir, aduk rata dan masak hingga mengental, cicipi rasanya
  2. Ambil selembar roti tawar, beri isian secara merata, lalu tutup dengan roti tawar kembali, potong roti menjadi 4 bagian diagonal dengan pisau bergerigi/pisau roti. Lakukan hingga bahan habis
  3. Celupkan ke dalam telur kocok, gulingkan ke dalam tepung panir, celupkan lagi ke dalam telur lalu gulingkan lagi ke dalam tepung panir. 
  4. Goreng hingga garing dan berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan
  5. Siap dihidangkan

membuat roti tawar goreng gurih
roti tawar goreng gurih

Nah semoga resep roti tawar goreng isi ayam fusilli  ini bermanfaat ya..silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...
NewerStories OlderStories Home

9 comments:

  1. waahh...noted nih! aku lagi bingung punya roti tawar sebungkus belum aku utak atik, anak-anak udah mulai bosan roti bakar dan puding roti, aku eksekusi aaahh.. tunggu postinganku di fb ya mba, terima kasih mba Monic resep simpelnya, meluncur nih ke dapur...

    ReplyDelete
  2. aku udah buat mbaa.. enak..enak..! sempurna buat cemilan di siang gerimis. udah aku upload di fb mbaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantap deh mba Esti..cepat eksekusinya...
      iya mba memang jadinya renyah kriuk-kriuk...sipp2 kalau suka...

      Delete
  3. dikasih fusili jadi super gendut nih roti gorengnya. Beneran bikin kenyaaaaang hahahaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mba Rina..jadi super gendut he he he..jadi bener bener kenyang dah menyantapnya... tapi enak mba..makasih ya resepnya..

      Delete
  4. Fusili tuh apa mba? Hihihi maap gagal paham..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fusili itu termasuk jenis pasta mba Vari, kan ada maccaroni, spaghetti, cocciolini, penne, dll, beda bentuk aja mba, nah berhubung stok di rumah adanya fusilli ya jadi pake fusilli aja..kalau mba Vari penasaran bentuknya, aku ada posting resep di kategori pasta, itu ada kelihatan bentuk fusilli, cocciolini, penne...he he he..

      Delete
  5. Mba monic, kalau tepung terigu diganti dengan tepung mayzena bisa kah? (atau beda ya peruntukannya..masih newbie masaknya). Kalau gak pakai susu bisa kan ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Rahayuni, untuk resep ini bisa kok mba diganti tepung maizena (ntar beda resep beda lagi ya mba, tergantung fungsi tepungnya..), jadinya nanti lebih kenyal. Ga pakai susu, bisa mba, pakai air aja..intinya bahan isian ini lembut tapi tidak byar buyar ya..jadi bisa disendokin ke roti tawarnya

      Terima kasih sudah mampir mba, semoga sukses dengan eksekusi resepnya

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.