bakwan jagung tempe praktis
bakwan jagung tempe

Buat gorengan yang cepat dan memanfaatkan bahan yang ada di dapur, jadilah bakwan jagung tempe ini. Gorengan yang hanya campur-campur bahan, gunakan tepung bumbu siap pakai, goreng...tada...bakwan jagung dengan campuran tempe.

Biasanya kalau menggunakan tepung siap pakai, saya suka campur lagi dengan tepung terigu karena menurut saya terlalu asin. Nah berhubung ini menggunakan tempe, yang secara kalau hambar maka rasanya bakal aneh. Akhirnya tidak saya campur lagi tepung eh malah saya tambah garam sedikit lagi. Mengenai takaran garam kan sesuai selera ya...asin setiap orang berbeda. Maka setelah membentuk adonan, tes rasa dulu dengan cara menggoreng sedikit adonan.

Bakwan ini enak dimakan begitu saja dengan cabai rawit atau bisa juga dijadikan lauk..he he he...tadi juga selain makan begitu saja, dan ketika tiba saat jam makan, eh dijadikan juga lauk...hmmm enak...tetapi dipikir-pikir, nasi sudah karbohidrat, eh tambah bakwan jagung yang banyak juga kandungan karbohidratnya. Nah lebih parah lagi kalau makannya sama mie goreng juga..ha ha ha....mantap-mantap....

resep roti goreng es krim
roti tawar goreng es krim

Mencoba membuat roti goreng es krim. Buat hanya 2 buah saja..karena hanya tersisa 5 lembar roti tawar. Ide membuat roti ini juga datang begitu saja, jadi ya memanfaatkan bahan yang ada saja. Dan kebetulan ada es krim dung dung nangka pandan. Nah jadinya tidak nyambung ya...garnishnya adanya cuma stoberi. Hmmm jadi warna-warni deh...

Nah bagaimana saya bisa ada bayangan membuat roti goreng isi es krim ini ketika beberapa waktu yang lalu sempat lihat ada postingan mba Anita Binti Astur di grup aneka resep kue dan masakan enak. Mba Anita sharing foto cara membuatnya. Terima kasih ya mba...Membuatnya sangat mudah ternyata, tetapi butuh proses memasukkan roti yang sudah dibalur telur dan tepung roti ke dalam freezer dulu.

Jadi yang perlu dilakukan adalah meletakkan 1 scoop es krim di tengah selembar roti tawar, tutup dengan roti tawar lagi. Kemudian ambil gelas plastik atau kaca, tekan gelas di tengah persis di atas yang berisi es krim sehingga roti akan masuk ke sedikit dalam gelas, dimana otomatis semua sisi kedua roti tawar merapat. Keluarkan perlahan roti dari gelas. Sebelumnya siapkan telur yang sudah dikocok. tepung terigu dan tepung panir.

pempek kulit khas palembang
pempek kulit

Satu lagi varian pempek yang tidak bisa dilewatkan begitu saja, yup..pempek kulit. Dari namanya maka tentu saja pempek ini menggunakan kulit ikan. Biasanya untuk pempek yang lain kan menggunakan dagingnya saja, sehingga berwarna putih. Nah ciri khas pempek kulit ini ya berwarna kehitaman. Selain itu pempek ini tidak direbus dulu, tetapi langsung digoreng seperti halnya pempek adaan.

Dan ternyata pempek kulit ini juga bisa dibuat dengan ikan yang berdaging kemerahan, seperti halnya ikan sarden (sebutan di Palembang) yang sebenarnya sama dengan ikan benggol di Batam dan ikan peda, sebutan terkenalnya. Terima kasih buat bunda Yulinda Novan nih, yang sudah sharing resep pempek kulit ini. 

Selain ikan sarden ini, tentu bisa menggunakan ikan tongkol juga..dan ikan pindang juga. Sepupu saya pernah buat dengan ikan pindang, hasilnya juga enak....hanya saja saya tidak ingat resepnya. Hmmm enaknya membuat pempek kulit ini selain mudah juga cepat. Nah yang belum pernah mencoba pempek kulit, maka coba deh..baik itu beli ataupun buat sendiri....dijamin tidak kalah enak dengan pempek yang lainnya.

sambal cibiuk garut
sambal cibiuk

Berapa banyak sih ya jenis sambal di Indonesia ini? yang jelas banyak sekali...dan sekarang saatnya mencoba sambal cibiuk khas Garut. Wuih dengan penggunaan kencur di sambal jadi terasa lebih segar, apalagi dengan tambahan daun kemangi. Sudah bisa membayangkan rasanya? 

Nah untuk resep kali ini saya gunakan referensi dari sambal cibiuk sajian sedap. Hanya tentu saja modifikasi sekedarnya oleh saya, cabai rawitnya saya gunakan cabai rawit setan, Dan asli rasanya pedasnya nampol. Makan sampai berlinangan air mata..ha ha ha..

Menyantapnya dengan nasi putih hangat dan ikan goreng, alamak sedapnya, sampai nambah makannya..he he he, karena mengimbangi pedas juga eh karena enak juga... Nah yang belum pernah menyantap sambal cibiuk, maka bisa dicoba deh...nikmato sensasi segar dan pedas yang nampol.

resep nasi goreng kunyit pedas
nasi goreng kunyit

Edisi malas ke pasar, akhirnya masak nasi goreng saja yang cepat dan manfaatkan bahan yang ada, jadilah nasi goreng kunyit sosis pedas ini. Nasi goreng kunyit memang kesukaan kami di rumah, apalagi jika dibuat sangat pedas, wah makin nikmat menyantapnya.

Resep nasi goreng ini sama saja dengan nasi goreng kunyit yang dulu pernah saya posting, hanya kali ini tanpa brokoli dan kali ini saya tambahkan sosis. Karena saya ingin nasinya kuning sekali, maka saya perbanyak penggunaan kunyitnya. Jadinya seperti nasi kuning ya....

Nah sepertinya saya belum benar-benar bisa menaklukkan kamera saya ini....tetapi walaupun begitu tetap semangat setting-setting dan jeprat jepret sampai saya dapatkan hasil yang menurut saya cukup cling bening dan makanan yang saya buat kelihatan menggugah selera. Dan semoga semakin sering berlatih akan semakin pintar...ala bisa karena biasa...practice makes perfect. 

roti jala dengan kari ayam mudah
roti jala

Baca-baca tentang food photography, nyasar ke blog kang Khairul Abdullah, eh ketemu resep roti jala dan resep kari ayam yang cukup mudah dibuat. Nah tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri secara belum pernah makan roti jala. Jadilah saya buat roti jala dan kari ayam mudah ala kang Khairul Abdullah. Terima kasih sangat sudah share resepi ini ya...

Nah kang Abdullah ini, membuat roti jala dengan menggunakan botol air mineral yang dilubangi tutup botolnya, hmmm kreatif juga ya. Kalau saya baca-baca resep yang lain rata-rata menggunakan kantong segitiga untuk mengucurkan adonan ke pan datar. Dan ternyata ada cetakannya sendiri....dan ternyata saya sering lihat cetakan itu di toko kelontong. Sempat berpikir dulu itu cetakan apa ya...terbuat dari plastik, warna kuning kecoklatan, ada corong 4 buah di bawah dengan diameter kurang lebih 3 mm (lupa ukurannya, seingat saya saja)

Karena sedang tidak ada stok botol air mineral di rumah, jadinya saya gunakan saja plastik segitiga, yang selalu tersedia di dapur. Padahal sepertinya lebih mudah kali ya menggunakan botol air mineral. Jadi ambil paku yang bersih, panaskan lalu lubangi tutup botol dengan paku panas tersebut. Dan tentunya setelah itu cuci lagi tutupnya. Nah nanti adonan roti jala tinggal dimasukkan ke dalam botol, lalu siap dikucurkan membentuk jala, atau net.

ayam pandan mudah
ayam daun pandan

Wah sudah lama sekali sejak terakhir saya makan ayam daun pandan ini. Itu pun sepertinya baru 2x saya menyantap ayam daun pandan ini. Itu pun syukur-syukur tahu ada yang namanya ayam pandan ketika acara makan siang di suatu resto di Batam.

Ai ai....resto yang terkenal di Batam, namanya resto Kediri, nah beberapa kali acara kantor kalau ada acara makan-makannya maka resto Kediri biasa menjadi pilihan tempatnya. Nah waktu itu entah angin apa, makan siang yang menurut saya tidak terduga. Setelah menyelesaikan training green belt minggu sebelumnya...halah..biasa kalau perusahaan manufaktur begitu ya...ada yang namanya six sigma, nah ini salah satu jenis training six sigma.

Ada ajakan makan siang oleh big boss, nah ada salah satu teman kerja memesan ayam daun pandan ini, dan kesan pertama, enak sekali...ha ha ha...apa bawaan lapar ya..secara dari pagi sudah sibuk berkeliling di line produksi. Hmmm masih terkesan dengan rasanya....ayam gurih beraroma daun pandan..maknyuss...

martabak mini ayam tahu
martabak mini
Masih ada sisa kulit pangsit waktu membuat pangsit goreng, nah ada ide buat martabak mini isi ayam dan tahu saja. Membuatnya bisa dibilang sangat cepat dan mudah juga. Jadi ini termasuk makanan cepat saji juga ya...

Hanya kali ini saya tidak gunakan sayuran sama sekali nih....yang suka bisa tambahkan sendiri sayurannya ya, bisa wortel yang diparut, atau brokoli dan buncis yang dicincang halus. Tambahkan irisan daun bawang juga enak.

Kali ini saya haluskan semua dengan menggunakan chooper saja. Ternyata pekerjaan menghaluskan ini terbantu dengan chopper ini. Tadinya tidak terpikir mau membeli chopper, maunya membeli food processor, hmmm tetapi ketika diniatkan membeli ternyata stok se-batam pada kosong...

brownies kacang merah
brownies kacang merah
Sudah lama sekali ternyata kacang merah rebus tersimpan di kulkas, nah akhirnya memutuskan diolah saja jadi brownies kacang merah. Tadinya mau mencoba membuat es kacang merah khas Palembang, tetapi ya belum mood saja sampai saat ini. 

Untuk resep kali ini saya gunakan resep teh Ayu momylicious, brownies kacang merah. Nuhun pisan teh resepna, meuni raos euy browniesna. Nah secara dari bahan serta cara membuat ya mudah kelihatannya. Dan ternyata memang mudah, resep yang sangat saya suka, prosesnya tidak memakan waktu dan tenaga serta pikiran..ha ha ha...

Kacang merahnya sendiri sudah direbus hingga empuk, setelah sebelumnya direndam semalaman. Nah jika merendam kacang merah, usahakan jika air kelihatan berbusa, buang airnya dan ganti dengan air yang baru. Ini bertujuan supaya nanti kacangnya tidak bau. 

semur daging kentang wortel
semur daging
Setelah lama tidak masak lagi, hmmm akhirnya hari ini masak semur daging dengan kentang dan wortel. Masih memanfaatkan stok yang ada di kulkas. Secara belum sempat ke pasar lagi. Menyiapkan diri untuk menghadapi harga-harga yang melambung tinggi setelah kenaikan BBM...he he he...
 
Resep ini saya gunakan resep semur tahu telur sebelumnya, resep semur andalan ibu saya....nah tambahan kentang dan wortel sih modifikasi saya saja sendiri. Cemplungkan saja semua bahan ini, mumpung masih ada stok.
 
Dan karena malas membuat sambal, akhirnya cemplungkan juga cabai rawit utuh. Hmmm makin mantap deh rasanya, sesuai selera deh...Oh iya..untuk kentangnya kali ini saya goreng dulu, sebenarnya bisa saja sih gunakan kentang tanpa digoreng dulu, langsung masukkan berbarengan dengan wortel. Nah kalau ini kembali kepada selera masing-masing ya...

bihun goreng dengan rebung
bihun goreng jawa

Beberapa hari keluar kota, nah hari ini baru mulai masak lagi, tentunya dengan bahan seadanya saja yang tersedia di dapur. Jadinya kali ini masak bihun goreng jawa saja. Di lemari bahan kering sih ada 2 jenis bihun, yang berukuran kecil dan cukup besar. Nah kali ini saya gunakan yang ukuran besar saja. Jadinya mirip mie telur ya....

Karena masih ada rebung, hmmm sekalian saja dimasak campur bihun ini. Nah karena rebungnya tidak begitu tajam baunya, maka rasanya seperti jamur saja. Nah untuk sayurannya hanya ada brokoli, buncis serta wortel. 

Nah beberapa kali ini foto-foto saya memang mati gaya, secara sedang belajar menggunakan kamera baru. Halah..ternyata rumit juga ya...belum bisa dapat setting yang pas. Biasanya dengan kamera saku saja, setting auto, pakai tripod mini, ambil dari berbagai sudut sudah jadi deh...fotonya... 

es teh lemon
es lemon teh
Es yang sangat mudah dibuat ya...es lemon tea dan biasanya jenis minuman yang sudah sangat biasa jika kita makan di rumah makan. Hanya kadang-kadang jika kita pesan di rumah makan, suka hanya disajikan dengan minuman instan saja. Hmmm padahal jika dengan lemon segar tentu lebih maknyuss ya...

Nah berhubung ada lemon, maka hubby inisiatif sendiri membuat es lemon teh ini, sebagai pemanis digunakan madu. Hmmm diberi potongan es batu...hmmmm mantap mang...

Sebenarnya jenis minuman ini sangat mudah sekali dibuat ya...jadi ya tadinya resep es lemon teh ini sudah mengendap di draft cukup lama. Nah saya posting juga sekarang, ya mungkin saja walaupun mudah dan sederhana tetap bisa bermanfaat. Semoga ya...

khas toraja ayam batang pisang
ayam batang pisang
Kuliner khas Tana Toraja, Pa'piong Bura' (ayam batang pisang). Salah satu masakan yang sering sekali dimasak oleh ibu saya. Dan menjadi favorit keluarga kami. Nah masakan ini sebenarnya dari namanya pa'piong itu artinya dimasukkan ke dalam bambu dan dibakar. Hmmm kalau aslinya begini ya enak sekali kan...

Dulu kecil kalau ada acara pekumpulan orang Toraja, walaupun di Palembang tetap ada yang rajin juga memasak ayam batang pisang dengan bambu ini. Nah karena tidak mau ribet makanya ibu saya tidak pernah memasak dengan bambu, masak biasa saja dengan wajan di atas kompor.

Berdasarkan keterangan ibu saya, ayam batang pisang ini sudah dimodifikasi sedikit oleh ibu saya, biasanya bumbu-bumbu hanya diiris, nah ibu saya suka menguleknya. Lalu supaya wangi, ibu saya menambahkan daun jeruk juga serta daun kemangi. Wah jadinya enak sekali, menurut saya lho ya...dan keluarga kami tentunya.

resep sambal telur
telur sambal mangga
Membeli mangga kweni beberapa hari lalu, nah karena agak asam, makanya semua kweni yang berjumlah 6 buah dibuat sambal semua. Ya tentu saja tidak sekaligus 6..he he he...3 hari berturut-turut membuat sambal mangga, dan kali ini membuat telur dengan dicampur sambal mangga. Nah yang 2 jenis sambal saya buat menjadi sambal kweni mentah saja..resepnya ada pada sambal mangga (kweni/bacang/pencit).

Kali ini ada ide masak sambal telur saja dengan mencampur kweni pada sambalnya. Hmmm ternyata enak juga kok. Tetapi sayang nih...menurut saya kali ini sambalnya kurang pedas. Secara karena cabai rawit merah tinggal 8 butir saja, makanya saya campur dengan cabai merah keriting juga. Ini karena sudah terbiasa sekali menyantap sambal pedas beberapa waktu ini. Sebut saja sambal bawang ala bu Rudy, sambal kecombrang dan sambal korek, sambal kemiri

donat jadul
donat klasik
Untuk kesekian kalinya membuat donat, nah kali ini membuat donat klasik. Saya katakan klasik karena sejak awal membuat donat saya menggunakan resep ini. Ya seingat saya sih..soalnya saya lupa dengan resep donat pertama yang saya buat. Takarannya sendiri saya lupa hanya langkah-langkah serta jenis bahan-bahannya saya masih ingat.

Nah ketemu dengan resep donat ini kala iseng melihat album grup kuliner yang diposting oleh mba Ida Teguh. Wah bagus deh..langsung eksekusi resepnya....dan hasilnya..donat yang mengembang dan menul-menul. Terima kasih resepnya ya mba. Ha ha ha..ingat sekali dulu kalau membuat donat kadang lubang tengahnya sampai tertutup, dan terjadi juga dengan donat yang saya buat kali ini. Tetapi belajar dari 3 buah donat pertama yang tidak mempunyai lubang di tengah akhirnya saya buat lubang donatnya besar-besar....dan taraaaaa..berlubang juga...

stik keju roti tawar
stik renyah roti tawar

Ini judulnya memanfaatkan pinggiran roti tawar, jadilah stik roti keju ini. Sebenarnya iseng saja sih mencoba membuat stik ini. Sebenarnya di rumah tidak anti juga makan pinggiran roti. Saya malah suka-suka saja, malah aneh menyantap roti tawar tanpa pinggiran..he he he..

Nah bagi yang tidak suka dengan pinggiran roti tawar dan terpaksa membeli roti tawar dengan pinggiran karena yang tanpa pinggiran tidak ada, maka pinggiran ini bisa dimanfaatkan. Ternyata enak lho, jadi stik roti yang renyah. Dan bisa jadi cemilan juga nih...

Karena Sophie doyan dengan yang gurih-gurih renyah begini, jadinya ini termasuk cemilan kesukaan dia juga. Jadi sekali makan langsung habis 5 batang. Hmmm lumayan deh...Nah apalagi ditambah dengan keju parut, hmmm makin berasa gurih nih.

sambal kemiri
sambal kemiri
Satu lagi resep sambal yang saya coba, sambal kemiri yang saya buat juga ketika membuat soto daging. Selama ini belum pernah membuat sambal kemiri. Jadi ketika blogwalking ke blog mba Linda Salut pemilik blog Bunda Inong, ada lihat mba Linda posting resep sambal kemiri. Dan kali ini saya buat dengan sedikit modifikasi.

Nah saatnya mencoba resep baru lagi...hanya saja nih yang khasnya sambal kemiri mba Linda adalah menggunakan andaliman (sichuan pepper) atau merica batak.  Nah lho saya tidak menggunakan andaliman ini, terlewat baca resepnya. Eh begitu sudah jadi sambalnya baru lihat kalau ada pakai andaliman. Ah sudahlah lain kali saja mencoba resep ini dengan andaliman.


spaghetti batak aka mie gomak
mie gomak
Jiahh...mencoba membuat mie gomak atau nama kerennya spaghetti batak. Oalah...mie yang begitu kaya rasa..he he he lebay...Tetapi memang sensasi menikmati mie gomak ini beda, karena mungkin ada pemakaian andaliman (sichuan pepper) atau biasa disebut merica batak. Nah kalau masakan yang menggunakan andaliman khas rasanya adalah pedas dan menggetarkan lidah, terasa kelu di lidah. Ada rasa yang tertinggal di lidah...begitu deh kurang lebih penjelasannya.

Nah mengapa ya disebut merica batak? disebut merica batak karena andaliman ini adalah tumbuhan yang banyak tumbuh di daerah Sumatera Utara dan sering dijadikan bumbu masakan pada masakan khas batak. Itu sebabnya disebut merica batak.
merica batak
andaliman

muffin keju pandan
muffin pandan keju kismis
Ingin makan kue manis nih, jadilah membuat muffin pandan keju kismis ini. Nah membuatnya sangat mudah sekali ya dan pastinya cepat. Dan resep kali ini saya modifikasi sedikit dari resep muffin yang biasa saya buat.

Tadinya ingin mencoba membuat cupcake dengan menggunakan mixer, tetapi kok rasanya malas sekali membayangkan mengeluarkan peralatan, akhirnya memutuskan buat muffin saja, tinggal siapkan bahan-bahan, campur-campur, aduk dan panggang deh.

Karena kali ini ingin rasa pandan, tetapi tidak ada pandan, makanya saya gunakan saja pasta pandan. Dan karena ada stok keju edam dan kismis, makanya cemplungkan saja kedua bahan ini ke dalam campuran muffin. Karena menurut saya pas nya rasa pandan itu jika berpadu dengan santan..maka susu cair yang biasa saya gunakan jika membuat muffin saya ganti dengan santan. Karena saya gunakan santan instan kemasan 65 ml yang saya cairkan dengan menambahkan air, alhasil tidak begitu terasa sekali santannya. Jika suka gunakan santan kekentalan sedang atau jika gunakan santan instan, gunakan saja 2 sachet ya supaya lebih berasa santannya.

ekado aka pangsit goreng
pangsit goreng
Tadi ke pasar, nah ketika beli telur, mata tertuju ke sederetan kulit pangsit, halah dasar ya...makanya jadilah membuat pangsit goreng ini. Hmmm bingung juga mau pakai resep yang mana ya..akhirnya ingat kalau mama Aisyah pernah buat pangsit goreng juga, jadi pakai resep dari dapur mama Aisyah saja, dengan sedikit modifikasi oleh saya. Mama Aisyah muchas gracias ya resepnya..

Dan ternyata membuat pangsit goreng itu sangat mudah, tentu jika menggunakan kulit pangsit siap pakai, beda kalau membuat kulit pangsit sendiri, he he he.. Dan bentuk pangsit suka-suka kita saja. Nah kali ini saya buat saja bentuk bulat begitu. Jadi mirip ekado, nah bisa juga dikatakan ekado ya...secara banyak juga yang menggunakan kulit pangsit sebagai pembungkus adonan ekado ini.

Selain kulit pangsit, bungkus ekado juga biasanya menggunakan kembang tahu. Hmmm ingin coba yang ini juga kapan-kapan ah...kapan ya? he he he...

cara membuat soto daging
soto daging

Satu lagi resep dari mba Esti yang saya coba, kali ini adalah soto daging. Saya mencoba resep ini karena selain kelihatannya enak, dan kelihatan mudah juga. Selain itu karena saya memang lagi ingin makan soto..he he he...sudah lama sekali saya tidak makan soto.

Kalau mengenai rasa, maka soto daging ini rasanya mirip dengan soto medan. Saya belum pernah membuat soto medan sendiri, selalu beli. Nah kapan-kapan mau mencoba membuat soto medan juga ah..penasaran juga jadinya. Soto padang sudah pernah buat, soto medan belum, soto lamongan sudah buat hanya sudah lama sekali...soto madura belum...hmmm soto betawi belum, soto bandung belum, soto kudus belum...wah banyak sekali ya soto-soto yang belum saya buat...

Yang membuat soto itu menarik dan menjadi cukup banyak porsinya karena ada tambahan bahan pelengkap itu ya..untuk soto daging ini saja pelengkapnya ada telur, kentang goreng, taburan daun bawang dan daun seledri serta bawang goreng. Nah malah soto buatan mba Esti lebih lengkap, pakai tauge dan tomat segala. Kalau tomat saya lupa taruh, kalau tauge memang tidak ada stok. Secara ya..hari ini tauge seakan lenyap di pasar. Cari ke semua kios sayuran tidak ada satu pun yang jual tauge. Alamak...tanya sama yang jual kenapa tidak ada tauge, dan yang jual bilang ya karena memang stok kosong dari sananya.


mie ayam jamur
mie ayam jamur
Masih ada sisa mie telur ketika membuat mie celor beberapa hari yang lalu, maka hari ini manfaatkan saja untuk dibuat mie ayam jamur. Secara ada stok jamur shitake juga di kulkas. Dan sudah lama sekali tidak makan mie ayam.

Karena sudah tahu cara membuat mie ayam sendiri maka saya tidak pernah membeli mie ayam lagi di luar. Kalau ingin makan mie ayam tinggal buat. Bisa sesuai selera dan yang pasti rasanya tetap maknyuss.  

Nah kali ini saya membuat mie ayam tanpa kuah beningnya. Kali ini buat ayam jamurnya diberi tambahan air saja sehingga menjadi berkuah. Bagi yang ingin menyantap mie ayam berkuah silakan lihat resep mie ayam jamur plus bakso ya...karena pada dasarnya saya gunakan resep mie ayam yang ini hanya tumisan ayamnya saya beri kuah. Untuk sambalnya saya gunakan saja cabai rawit merah iris. Yang ini enak juga, praktis dan rasanya yang pasti pedas mantap..he he he....

resep telur gabus
widaran keju

Lihat ada stok keju edam di kulkas, hmmm ada tepung tapioka juga dan ada tepung ketan juga, akhirnya memutuskan membuat cemilan telur gabus (widaran keju) saja. Nah dari resep-resep yang saya baca nih, akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada resep widaran keju (telur gabus) mba Shinta pemilik blog Shinta Little Kitchen di mana resepnya menggunakan tepung sagu/tapioka/kanji.

Lain kali tentu saya akan mencoba membuat telur gabus dari tepung ketan juga, itu kalau mood datang, secara membuat telur gabus ini cukup membosankan kalau dilakukan sendiri, beda kalau keroyokan ya. Kita harus mengambil adonan sedikit (secuil malah) lalu dipulung hingga memanjang dan dengan ujung runcing. Kalau tidak runcing mungkin tidak mirip telur gabus ya....

Karena ini baru pertama kali saya membuat telur gabus, maka batch pertama saya buat kebesaran, saya buat pulungannya sebesar yang biasa telur gabus sudah matang. Alhasil karena mengembang setelah digoreng maka bentuknya alamak besar, sampai-sampai ditertawakan oleh hubby. Nah untuk batch kedua dan seterusnya ukuran saya kecilkan lagi dan akhirnya bentuk yang sudah matang lebih sesuai dengan bentuk telur gabus pasaran.

cara membuat mie celor khas palembang
mie celor

Akhirnya, jadi juga mengeksekusi resep mie celor khas Palembang ini. Setelah memilah-milah mana resep yang akan dijadikan acuan. Secara karena sering menikmati mie celor jadinya paling tidak bisa mengira-ngira bumbunya. Hanya kalau disuruh buat sendiri tanpa ada resep panduan ya kok jadinya tidak percaya diri. Tetap harus ada resep panduan.

Yang pasti nih, kuah mie celor biasanya berasa sekali udangnya, dan itu yang membuat enak. Jadi kuahnya berasal dari kaldu hasil rebusan kulit dan kepala udang. Hmmm sudah terbayang kan rasa udangnya. Nah resep kali ini saya adaptasi dari resep mie celor (ala 26 ilir) dari Dapur Alba milik mba Hannie.

Kalau ceritanya nih, mie celor yang enak dan terkenal sekali adalah mie celor 26 ilir.  Saya sendiri belum pernah nih mencicipi mie celor 26 ilir ini. Seberapa enak ya...nah dengan makan mie celor ini yang rasanya dikatakan mirip, maka ya mungkin seenak itulah mie celor 26 ilir itu ya.

cara membuat sambal kecombrang terasi
sambal kecombrang terasi

Dua jenis sambal yang saya coba berdasarkan resep mba Esti Kristiyaningsih, sambal kecombrang terasi dan sambal korek. Nah siapa sih mba Esti? mba Esti itu bisa dikatakan adalah teman baru saya, bermula dari beberapa kali komentar di blog saya dan beberapa kali mencoba resep yang ada di Monic's Simply Kitchen.

Berlanjut ke berteman melalui fb, dan ternyata mba Esti suka masak..he he he..saya sampai terkagum-kagum dengan foto masakan mba Esti yang diupload di fb. Nah sudah saya tandai mana saja masakan mba Esti yang saya mau coba. Untuk yang pertama kali saya coba resep sambal kecombrangnya serta sambal koreknya.

cara membuat sambal korek
sambal korek mudah

chicken wing bumbu praktis
chicken wing ketumbar
Chicken wing goreng darurat...chicken wing bumbu ketumbar. Nah saya sebut darurat karena membuatnya buru-buru dengan bumbu seadanya saja. Berhubung tuan putri sudah teriak-teriak..ayam...ayam... Tadinya saya masih mau googling resep, mencoba resep baru. Eh karena sudah ada yang tidak sabar ya terpaksa berpikir masak cepat saja dengan bumbu seadanya.

Jadi tadi sambil membersihkan ayam dan membuang kulit dan lemak-lemaknya (agak susah karena menggunakan bagian sayap), berpikir enaknya menggunakan bumbu apa ya...akhirnya ya sudah menggunakan bumbu standar, bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe dan ketumbar yang cukup banyak.  Lalu ayam diungkep sampai air mengental dan bumbu meresap, baru kemudian ayam digoreng.

Mengenai rasa...enak..bumbu ungkepnya juga enak, jadi tadi bumbu ungkepnya saya jadikan kuah saja untuk disiram di atas nasi, maknyuss. Ah walaupun seadanya tetap bisa memasak cepat dan enak serta tidak membutuhkan waktu yang cukup lama.

cara membuat smoothie nanas jambu merah
smoothie nanas jambu merah

Lupa..ternyata ada 2 buah jambu merah di kulkas, dan ada nanas juga yang sudah sangat matang sekali, jadilah sarapan pagi yang cukup mengenyangkan dengan smoothie nanas jambu merah. Membuatnya sangat mudah, cukup diblender saja, beri tambahan susu cair dan es batu dengan tambahan gula pasir sedikt.

Nah pada dasarnya setiap buah-buahan yang kita konsumsi pasti ada manfaatnya kan, jadi apa saja buah yang kita konsumsi, baik dimakan begitu saja atau dibuat jus atau smoothie akan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Secara buah-buahan pasti mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Kalau untuk jambu merah sendiri nih seringnya dikaitkan dengan penyembuhan penyakit demam berdarah. Nah yang pernah menderita demam berdarah pasti donk mengkonsumsi jus jambu merah kala itu. Jadi apa hubungannya ya jambu merah dengan penyembuhan demam berdarah?

NewerStories OlderStories Home