Cuban Potato Balls (Papas Rellenas) Bola-Bola Kentang Isi

papas rellenas recipe
papas rellenas
Resep cuban potato balls atau papas rellenas ini sebenarnya ya resep bola-bola kentang isi kalau kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Nah mungkin ada banyak juga nih di antara kita yang pernah bahkan mungkin sering membuat bala-bola kentang isi ini.

Dan sebenarnya cuban potato balls yang saya buat juga tidak sama persis sih dengan resep aslinya, secara kan resep asli isinya menggunakan daging sapi giling yang dibumbui dengan bawang bombay dan bawang putih, jinten, oregano serta paprika merah dan hijau.

Karena menyesuaikan dengan bahan yang ada di dapur, maka jadinya isinya saya gunakan ayam cincang, wortel dibumbui hanya bawang putih, bawang bombay, merica bubuk serta ketumbar bubuk dan tak lupa diberi irisan daun bawang dan daun seledri. 

Hmmm kalau ada yang protes kok bisa tetap namanya cuban potato balls ya mau bagaimana lagi, soalnya resep asli referensinya resep ini, dengan banyak modifikasi tentunya. Nanti kalau saya ngarang-ngarang sendiri malah tidak enak, resep orang lain diakui resep pribadi.

Resep ini juga saya dapatkan dari hasil blogwalking di blognya Jonathan Melendez, the candid apetite, cuban potato balls . Nah ini sih caranya hampir mirip pom pom potato. Kentangnya direbus dulu, kemudian dihancurkan baru deh diisi dan dibentuk bulat. Dan ternyata sama sekali tidak ada hambatan membuat papas rellenas ini. 

Setelah adonan dibentuk dan dicelup dan dibalur dengan telur dan tepung roti, maka potato balls ini dimasukkan ke dalam kulkas selama kurang lebih 3 jam atau semalaman. Nah saya lakukan hanya memasukkan ke dalam freezer selama 1/2 jam saja. Dan ternyata tidak masalah, ketika digoreng adonan tidak pecah ataupun hancur, benar-benar mulus. 

Jika takut adonan hancur ketika digoreng, bisa juga kukus saja kentangnya. Karena jenis kentang berbeda-beda ya kadar airnya. Jadi perhatikan juga jenis kentangnya.

papas rellenas
bola-bola kentang isi
Nah mengenai rasa papas rellenas ini, yang jelas renyah di luar tetapi lembut di dalam, dan yang enak ada tambahan isi juga. Hanya nih ternyata potato balls ini renyahnya tidak bertahan lama sampai berjam-jam, paling hanya 2 jam, setelah itu melunak. Jika membuat banyak, sebaiknya simpan di freezer, ketika akan disantap baru digoreng.

Jika mau mencoba untuk isi yang berbeda, silakan saja ya, yang penting isinya kering, sehingga kentang tidak hancur, nah jika tertarik, isian kari ayam kentang wortel atau kari sarden kentang wortel bisa menjadi inspirasi jika tidak suka dengan isian yang saya cantumkan di bawah ini.

Yang mau mencoba silakan ya..ini resepnya... silakan...

Cuban Potato Balls (Papas Rellenas)
modifikasi resep oleh saya
untuk 13 buah ukuran sedikit lebih besar dari bola golf

Bahan :
  • 3 buah kentang ukuran besar
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan isian :
  • 150 gr dada ayam tanpa kulit dan tulang, cincang
  • 1 buah wortel ukuran sedang, parut
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 2 batang daun seledri, iris tipis
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan celupan :
  • 2 butir telur, kocok

Bahan pelapis :
  • tepung roti secukupnya (bisa campur dengan tepung terigu dengan perbandingan 4 bagian tepung roti dan 1 bagian tepung terigu, contoh 200 gr tepung roti dan 50 gr tepung terigu)

Cara membuat :
  1. Kupas kentang, potong-potong dan rebus sampai lunak, angkat, tiriskan lalu haluskan, campur dengan garam, aduk rata, sisihkan
  2. Untuk isi : tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukkan daging ayam cincang, aduk rata dan masak sampai berubah warna
  3. Tambahkan wortel, merica bubuk, ketumbar bubuk, garam, kecap asin, daun bawang, daun seledri, aduk rata, masak hingga matang dan kering, cicipi rasanya
  4. Angkat dan dinginkan sejenak
  5. Penyelesaian : ambil kira-kira 1 sendok makan atau lebih kentang halus, letakkan di telapak tangan, lebarkan membentuk lingkaran, isi dengan bahan isian secukupnya kurang lebih 1/2 sendok makan, tutup isi dengan kentang halus
  6. Rapikan sehingga isi tidak keluar, lalu bulatkan, lakukan sampai adonan kentang habis
  7. Celupkan ke dalam kocokan telur lalu gulingkan ke dalam tepung roti, celupkan lagi ke telur kocok lalu balurkan lagi dengan tepung roti
  8. Lakukan sampai habis, simpan di dalam kulkas selama kurang lebih 3 jam atau semalaman atau simpan di dalam freezer selama kurang lebih 1/2 - 1 jam
  9. Goreng dalam minyak panas yang banyak dengan api sedang sampai kekuningan dan garing, angkat dan tiriskan
  10. Siap disantap hangat-hangat

cuban potato balls
resep bola-bola kentang papas rellenas

Nah semoga resep cuban potato balls / papas rellenas atau bola-bola kentang isi ini bisa bermanfaat ya..silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera.
NewerStories OlderStories Home

4 comments:

  1. Replies
    1. Hmmmm tidak begitu mirip sih mba, ya hanya mungkin lembut2 kentangnya ya mirip perkedel..halah jadi bingung deh ngejelasinnya..he he hè
      kalau perkedel kan bahan2 lainnya dicampur jadi satu dengan kentang, nah ini kentangnya cuma diberi garam, trus bahan2 lain ditengah...

      Delete
  2. Replies
    1. Iya mba..suka gatel pengen nyoba resep yang macam2...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.