Steak Tempe Saus Asam Manis

resep steak tempe
steak tempe saus asam manis
Hari ini buat steak tempe dengan saus asam manis. Postingan steak tempe ini memang sudah sering wara-wari di grup kuliner. Hmmm tidak ada salahnya dicoba, secara penasaran juga dengan rasanya.Tetapi coba otak-atik sendiri deh resepnya, sesuka saya saja, bahan sedapatnya saja di dapur.

Biasanya nih temannya steak itu tuh kentang goreng atau kentang tumbuk, nah berhubung tidak ada kentang, jadinya pakai oatmeal saja deh, hitung-hitung menu diet juga ya...apalagi menumisnya dengan minyak canola, ya walaupun tetap ada saus tomat botolan juga..he he he.. Dan rasanya bagaimana? hmmm enak juga...secara dicampur daging ayam cincang juga...soalnya kalau tidak dicampur daging ayam, rasanya akan kurang nampol deh...

Selain daging ayam, bisa juga gunakan udang, daging sapi, atau bisa juga udang kering, hanya takaran udang kering tentu beda ya..harus disesuaikan lagi resepnya.  Untuk sausnya, saya buat saus asam manis tetapi dengan bahan seadanya. Kalau mau dan ada bahannya bisa tambahkan kacang polong, atau jamur malah. Jika suka bisa juga gunakan saus lada hitam ya. Untuk inspirasi saus bisa lihat di ayam goreng tepung saus asam manis atau ayam goreng tepung saus lada hitam.

steak tempe saus asam manis
steak tempe
Okey..berikut resepnya ya..silakan....

Steak Tempe Saus Asam Manis

Bahan steak :
  • 150 gr tempe, potong-potong lalu kukus sampai lunak, kemudian haluskan
  • 100 gr daging ayam bagian dada tanpa kulit dan tulang, cincang
  • 5 sendok makan tepung panir/tepung roti kasar
  • 1 butir telur
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong kotak kecil
  • 4 siung bawang putih, memarkan lalu cincang
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan saus :
  • 3 siung bawang putih, memarkan lalu cincang
  • 1 buah bawang bombay ukuran sedang, belah 2 lalu iris melintang
  • 1/2 buah wortel ukuran kecil, potong kotak kecil
  • sedikit brokoli, potong kecil
  • 4 sendok makan saus tomat
  • 150 ml air
  • 1 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan pelengkap :
  • oatmeal atau kentang goreng atau kentang tumbuk
  • wortel rebus
  • brokoli rebus atau buncis rebus

Cara membuat :
  1. Steak :  tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, beri merica dan ketumbar bubuk, aduk rata
  2. Di mangkuk, masukkan tempe halus, kemudian daging ayam cincang, telur, tepung panir. Tambahkan tumisan bawang, beri garam, aduk rata
  3. Siapkan pan datar, beri sedikit minyak, panaskan, ambil sedikit adonan, masak kemudian cicipi rasanya, tambahkan apa yang dirasa perlu
  4. Ambil adonan secukupnya, bentuk bundar pipih ketebalan kurang lebih 1cm, masak di pan datar hingga salah satu sisi matang, balikkan dan masak sisi sebaliknya
  5. Saus : tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan potongan wortel dan brokoli, aduk rata, masak hingga matang
  6. Tambahkan saus tomat, beri air dan larutan maizena, masak hingga mengental
  7. Beri garam dan gula pasir, cicipi rasanya
  8. Angkat dan siap disajikan dengan steak tempe dan pelengkap

Nah semoga resep steak tempe saus asam manis ini bermanfaat ya....silakan mencoba dan semoga sesuai dengan selera ya...


NewerStories OlderStories Home

2 comments:

  1. wiihh..tempenya naek kelas :D
    kalo yang ini ga pake sambel dong ya, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sambel mah itu behind the scene mba Oki..he he...tetep...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ke sini dan mau meninggalkan komentar manis atau pertanyaan di sini. Komentar promosi produk dan jualan tidak akan saya tampilkan ya, begitu juga dengan nama URL yang saru. Dan untuk yang berkomentar anonymous mohon cantumkan nama ya biar saya tahu yang berkomentar siapa kan enak jadi bisa panggil mas atau mba. Terima kasih.